Thursday, August 10, 2017

Buah Anggur, manfaat, efek samping dan faktanya

kasanah.id - Hampir semua orang sudah kenal dengan buah yang satu ini. Buah Anggur dapat dikonsumsi secara langsung ataupun diolah menjadi selai, jus, cuka dan beberapa olahan lainnya. 

     Buah ini pertama kali dipanen sekitar 6000 - 8000 tahun yang lalu di Asia Barat. Anggur mempunyai beberapa warna mulai dari warna hitam, kuning, biru gelap, hijau, merah muda, merah tua (crimson). Anggur yang berwarna putih sebenarnya merupakan mutasi dari anggur yang berwarna hijau. 

     Spesies Vitus amurensis merupakan anggur yang paling banyak di konsumsi di Asia, anggur jenis ini berwarna biru gelap. Selain itu masih terdapat pula anggur dengan jenis Vitis vinifera (warna kuning), Vitis labrusca (warna biru gelap), Vitis mustangensis (warna hitam), Vitis riparia (warna biru gelap), Vitis rotundifolia (warna hitam)


Manfaat Anggur untuk kesehatan

     
     Anggur merupakan salah satu buah yang memiliki beberapa nutrisi penting bagi tubuh. Buah ini mengandug vitamin B6, B9, C, E, K dan mineral berupa kalsium, zat besi, magnesium, kalium, mangan, serta masih banyak nutrisi lainnya.
kandungan nutrisi anggur
kandungan nutrisi anggur

1. Meningkatkan kekuatan tulang


     Seperti yang disebutkan sebelumnya, anggur mempunyai beberapa mineral penting bagi tubuh. Beberapa mineralnya seperti zat besi, mangan dan kalsium merupakan mineral penyusun dan pembentuk tulang.

     Mengonsumsi anggur secara rutin serta cukup akan membantu menyehatkan tulang dan membuat tubuh terhindar dari gangguan tulang seperti kerapuhan tulang (osteoporosis).

2. Membantu menurunkan berat badan


     Dari hasil penelitian yang dilakukan di University of Georgia, menunjukkan bahwa resveratrol yang terdapat pada buah anggur dapat membantu penurunan berat badan. Senyawa ini akan membantu diet dengan cara mencegah sel dalam menyimpan lemak dan menghancurkan timbunan - timbunan lemak yang ada dalam tubuh.

3. Mengatasi migrain


     Serangan migrain bisa disebabkan oleh beberapa hal mulai dari suara bising, terpapar cahaya secara berlebihan ataupun stres. Anggur sejak dulu dikenal sebagai obat alami dalam mengatasi migrain. 

     Caranya cukup sederhana yaitu dengan meminum jus anggur setiap pagi, jus ini tidak boleh diberi tambahan air atau dalam kata lain hanya anggur saja.

4. Bersifat anti bakteri


     Anggur, terutama anggur merah, mempunyai sifat anti bakteri dan anti viral. Kedua sifat ini akan melindungi tubuh dari infeksi yang menyerang tubuh. Sifat anti viral dari anggur ini akan membantu mencegah dan mengatasi virus poliovirus serta herpes simpleks.
Anggur merah

5. Mengatasi sembelit


     Anggur mengandung gula alami, asam organik dan polose. Ketiganya bisa berperan sebagai pencahar. Mengonsumsi buah yang satu ini baik secara langsung ataupun dengan dijus, akan membantu meringankan sembelit dan membantu mengatasi gangguan usus. Anggur juga mengandung serat tak larut yang juga berperan penting dalam melancarkan proses pencernaan.

6. Mencegah penuaan


     Meskipun penuaan memang terjadi secara alami, tetapi dengan menghindari dan menurunkan jumlah radikal bebas yang menyerang tubuh, penuaan bisa diperlambat. Buah Anggur mempunyai antioksidan yang dapat menetralisir berbagai radikal bebas yang menyerang tubuh.

7. Menjaga kesehatan jantung


     Kesehatan jantung erat kaitannya dengan jumlah sodium yang terdapat dalam tubuh. Sodium akan meningkatkan tekanan darah dan kolesterol dalam tubuh. Untuk menetralisir efek dari sodium, maka perlu mengonsumsi makanan yang mengandung kalium.

     Salah satu buah yang mengandung kalium adalah buah anggur. Kalium akan menurunkan tekanan darah dan kolesterol jahat (LDL). Hal ini tentu akan berperan dalam menjaga kesehatan jantung. 

8. Membantu mengobati dan mencegah penyakit kanker


      Buah anggur mengandung berbagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas, ini menjadikannya sebagai salah satu buah yang dapat mencegah kanker. Radikal bebas diketahui dapat menyebabkan kanker karena dapat memutasi sel sehat menjadi sel kanker.

      Selain itu, buah anggur  terutama anggur merah, juga dapat membantu mengobati penyakit kanker. Resveratrol yang ditemukan di kulit anggur dan wine dari anggur merah, akan membuat sel kanker lebih rentan terhadap radiasi (kemoterapi). Tentunya dengan hal ini, kanker akan lebih mudah diobati.
Anggur biru yang belum dipetik

9. Mencegah diabetes


       Resveratrol yang terdapat pada buah anggur ternyata juga dapat berperan dalam membantu mencegah diabetes. Resveratrol akan membantu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. 

10. Menjaga kesehatan mata


      Salah satu manfaat dari anggur adalah menjaga kesehatan mata. Anggur akan mencegah degenerasi makula, suatu kondisi dimana terjadi penurunan kemampuan mata akibat bertambahnya usia. Mengonsumsi anggur dapat menurunkan resiko terjadinya degenerasi makula hingga 36%.

11. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh


      Gabungan antara vitamin C dan vitamin K dalam buah anggur, akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Keduanya akan membantu menetralisisr serangan berbagai penyakit, terutama dari penyakit yang sering menyerang tubuh seperti batuk dan flu.

12. Meningkatkan kemampuan otak


     Dari hasil penelitian yang dilakukan di University of Switzerland, menunjukkan bahwa resveratrol yang terdapat pada buah anggur, mempunyai kemampuan dalam melindungi otak. 

     Resveratrol akan membersihkan plak yang menganggu fungsi otak dan melindunginya dari radikal bebas. Efeknya, aliran darah ke otak akan menjadi lebih lancar dan kemampuan otak akan meningkat. Mengonsumsi anggur juga akan mencegah tubuh dari terkena penyakit alzheimer.


Lihat juga : Berbagai manfaat, efek samping dan fakta Asam Jawa


Efek samping dari anggur


      Dari berbagai manfaat yang dimiliki oleh anggur, anggur ternyata juga mempunyai beberapa efek samping, beberapa hal juga perlu diperhatikan sebelum mengonsumsi buah yang satu ini.

      Bagi beberapa orang, mengonsumsi buah anggur bisa menyebabkan timbulnya reaksi alergi. Gejala dari alergi ini bisa meliputi gatal - gatal, bercak  merah, sulit bernafas dan bersin secara rutin. 

     Mengonsumsi buah anggur akan memperlambat proses pembekuan darah, ini tentu berbahaya bagi orang yang sedang mengalami pendarahan. Oleh karena itu, bagi orang yang akan menjalankan operasi, sangat tidak disarankan untuk mengonsumsi buah anggur, beri jarak minimal 2 minggu sebelum operasi.

     Untuk memperoleh manfaat terbaik dari anggur, konsumsilah buah ini secara normal atau berkecukupan saja, sesuatu yang dilakukan secara berlebihan biasanya membawa efek yang tidak baik. 
Kebun anggur


Fakta mengenai buah anggur


       Selain memiliki beberapa manfaat dan efek samping, ada hal menarik yang patut disimak dari buah anggur. Ternyata buah anggur memiliki beberapa fakta unik, sebagai berikut :    

  1.  Para penjelajah dari Spanyol mengenalkan buah anggur ke daratan Amerika sekitar 300 tahun yang lalu.
  2.  Anggur sebenarnya masih satu jenis dengan berry. Struktur kulit dan tekstur dagingnya juga sama dengan berry, terutama blueberry.
  3.  Dari sekitar 60 jenis anggur, terdapat hingga 8000 varietas. Meskipun begitu, varietas ini didominasi oleh jenis dari Amerika dan Eropa.
  4.  Butuh 2,5 pon anggur untuk membuat satu botol wine. 
  5.  Buah anggur yang telah dikeringkan, akan menjadi kismis.
  6.  20% dari total buah anggur yang beredar di Amerika, diimport dari Chile.
  7.  Produksi wine dari anggur dimulai sekitar 5000 SM.
  8.  Kandungan air pada buah anggur mencapai 80%.
  9.  Ada sekitar 72 juta anggur yang diproduksi setiap tahunnya, China merupakan negara pemroduksi anggur (untuk dikonsumsi) terbesar. Sedangkan Spanyol merupakan negara terbesar, pemroduksi anggur untuk wine.
  10.  Australia menghasilkan setidaknya 1,4 miliar wine setiap tahunnya.
  11.  Lembah Napa (Napa Valley) di California, merupakan tempat dengan konsentrasi perkebunan anggur terbesar di dunia. Di lembah ini, ada setidaknya 200 perkebunan buah anggur.

     Sekian artikel mengenai Buah Anggur, manfaat, efek samping dan faktanya. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke orang - orang di sekitar anda. Terima kasih.

A common man with uncommon desired to succeed, forged by adversity. These things we do, so that others may live.

Silahkan berkomentar yang sopan dan beretika, serta relevan terhadap artikel yang telah anda baca. Jika ada kritik dan saran, kirim melalui kontak di halaman hubungi kami. Terima kasih.
EmoticonEmoticon