Tuesday, August 8, 2017

Buah Abiu dan berbagai manfaatnya untuk tubuh

kasanah.id - Mungkin jarang yang mengetahui tentang buah yang satu ini. Buah ini mempunyai nama latin yaitu Pouteria caimito. Buah Abiu merupakan buah yang berasal dari Amerika Selatan di daerah Amazon. Pohon dari buah ini dapat tumbuh hingga 10 meter.

    Selain terdapat di daerah Amazon, buah ini  juga sudah disebarkan ke beberapa negara seperti Venezuela, Peru, Brasil, Ekuador, Ghana, Portugal dan beberapa negara lainnya.

Manfaat buah abiu


     Di Brazil, buah abiu dijadikan sebagai bahan obat - obatan terutama untuk penyakit seperti batuk, bronkitis ataupun infeksi pernafasan lainnya. Buah ini memiliki beberapa kandungan nutrisi mulai dari beberapa vitamin dan mineral yang penting untuk tubuh.
kandungan nutrisi abiu
kandungan nutrisi abiu

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh


     Buah ini mengandung cukup banyak vitamin C jika dibandingkan dengan beberapa buah lainnya. Kandungan vitamin C di dalam buah ini akan berperan dalam membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tentunya dengan meningkatnya sistem kekebalan tubuh, tubuh akan lebih tahan terhadap serangan berbagai penyakit.

2. Memperlancar proses pencernaan


     Selain mengandung banyak vitamin C, buah abiu juga mengandung banyak serat. Serat akan membantu melancarkan proses pencernaan dan mencegah timbulnya gangguan pada proses pencernaan. Serat juga berperan dalam membantu mengoptimalkan penyerapan nutrisi ke dalam tubuh.


3. Meningkatkan dan menjaga penglihatan


     Abiu mempunyai manfaat dalam meningkatkan dan menjaga kesehatan penglihatan. Hal ini bisa terjadi berkat adanya vitamin A di dalam buah ini. Mengonsumsi buah abiu juga akan mencegah terjadinya penurunan kemampuan mata, yang biasanya diakibatkan pertambahan usia.
buah abiu
buah abiu

4. Meningkatkan kesehatan tulang


     Buah abiu ternyata juga mengandung kalsium. Mineral ini merupakan mineral yang penting dalam menjaga dan meningkatkan kesehatan tulang dan gigi. Kalsium akan menjaga agar tulang tetap padat dan membantu penyerapan nutrisi yang penting untuk tulang.

5. Mengandung zat besi


     Zat besi merupakan salah satu mineral penting yang diperlukan untuk tubuh. Zat besi dibutuhkan untuk membantu memproduksi sel darah merah. Salah satu tugas sel darah merah adalah untuk membantu mengangkut oksigen ke seluruh organ dalam tubuh. Kekurangan sel darah merah akan menyebabkan kondisi yang disebut dengan anemia.

6. Menangkal radikal bebas


     Salah satu manfaat dari mengonsumsi buah abiu adalah dapat menangkal berbagai radikal bebas. Buah abiu diketahui mengandung antioksidan yang penting dalam menangkal radikal bebas. Radikal bebas bisa membahayaan tubuh karena dapat mengubah sel sehat menjadi rusak atau bahkan menimbulkan kanker.
buah abiu yang belum dipetik
buah abiu yang belum dipetik

Efek samping dari buah abiu


     Tidak terdapat banyak informasi mengenai buah abiu. Tetapi lebih baik untuk tidak mengonsumsi buah ini secara berlebihan.

     Sekian artikel mengenai Buah Abiu dan berbagai manfaatnya untuk tubuh. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke orang - orang disekitar anda. Terima kasih.

A common man with uncommon desired to succeed, forged by adversity. These things we do, so that others may live.

Silahkan berkomentar yang sopan dan beretika, serta relevan terhadap artikel yang telah anda baca. Jika ada kritik dan saran, kirim melalui kontak di halaman hubungi kami. Terima kasih.
EmoticonEmoticon