Tuesday, August 29, 2017

Berbagai manfaat, efek samping dan fakta Asam Jawa

kasanah.id - Hampir semua orang terutama di pulau Jawa, mengenal buah yang satu ini. Asam jawa memiliki nama latin yaitu Tamarindus indica. Bahasa Inggris dari asam jawa adalah Tamarind. 

     Meskipun orang - orang sering menyebutnya dengan asam jawa, tapi buah yang satu ini bukanlah buah yang berasal dari tanah jawa. Buah ini berasal dari benua Afrika dan dikembangkan secara besar - besaran di India. Setelah itu, dibawa dan disebarkan sampai ke Timur tengah, Asia selatan, Asia tenggara dan Australia.

     Buah ini rata - rata dimanfaatkan untuk kuliner dan adapula yang memanfaatkannya untuk dijadikan minyak. Minyak ini adalah hasil ekstraksi dari biji asam jawa. 

Berbagai manfaat Asam jawa


     Dibalik rasanya yang asam, ternyata asam jawa juga menyimpan banyak manfaat bagi tubuh. Buah ini mengandung berbagai vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Berikut ini kandungan nutrisi dari asam jawa dan berbagai manfaatnya :

Kandungan nutrisi asam jawa
Kandungan nutrisi asam jawa


1. Memperlancar pencernaan


     Asam jawa telah sejak lama difungsikan sebagai pencahar alami. Dengan mengonsumsi asam jawa, proses pencernaan akan menjadi lebih baik, kandungan serat pada buah ini juga akan membantu pergerakan usus sehingga pelumatan makanan menjadi lebih mudah.

2. Menyehatkan jantung


      Salah satu khasiat dari mengonsumsi asam jawa adalah mampu menyehatkan jantung kita. Dengan mengonsumsi asam jawa, jumlah kolesterol dalam tubuh akan berkurang dan adanya kalium di dalam buah ini, akan menurunkan tekanan darah. Keduanya akan membantu menjaga agar jantung anda tetap sehat.

3. Menangkal radikal bebas


      Asam jawa mengandung berbagai anti oksidan dan vitamin yang dapat menangkal radikal bebas. Radikal bebas telah diketahui dapat memicu berbagai penyakit dalam tubuh dan cara untuk menangkalnya adalah dengan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung anti oksidan.


4. Membantu sirkulasi


       Manfaat lainnya dari asam jawa adalah membantu memperlancar sirkulasi dalam tubuh. Asam jawa mengandung zat besi yang berfungsi untuk memproduksi sel darah merah, sel darah merah inilah yang membawa oksigen ke seluruh organ tubuh. Sirkulasi oksigen yang lancar ke tubuh, membuat tubuh menjadi lebih sehat dan lebih tahan terhadap penyakit.

Isi asam jawa
Isi asam jawa

5. Membantu mengurangi berat badan


      Bagi anda yang sedang melaksanakan diet, asam jawa bisa menjadi salah satu alternatif yang bisa anda konsumsi. Asam jawa mengandung HCA (hydroxycitric acid), senyawa ini telah terbukti dapat membantu mengurangi berat badan, dengan mengurangi enzim yang dapat menyimpan lemak.

     Lebih jauh lagi, asam jawa dapat meningkatkan produksi serotonin neutransmitter yang dapat menekan nafsu makan anda. Tentunya ini akan sangat membantu bagi anda yang sedang melakukan diet.

6. Membantu mengatasi diabetes


     Asam jawa mengandung alfa-amilase yang dapat menghentikan pengubahan karbohidrat menjadi gula, ini akan membantu menurunkan kadar gula dalam tubuh. 

      Selain itu, mengonsumsi asam jawa bisa menstabilkan kadar gula dalam tubuh dan membalikkan kerusakan jaringan pankreas yang disebabkan oleh kondisi diabetes.

 7. Menyembuhkan luka


      Asam jawa ternyata juga berkhasiat dalam menyembuhkan luka. Beberapa negara didunia menggunakan asam jawa sebagai obat alami dalam menyembuhkan luka. Ini berkat sifat anti septik dan anti bakterinya yang terdapat pada ekstrak biji asam jawa.

8. Mengatasi jerawat dan mencerahkan wajah


      Terutama bagi wanita, asam jawa ternyata memiliki efek yang baik untuk kecantikan. Asam jawa telah terbukti dapat mencegah efek dari sinar matahari yang dapat merusak kulit. 

     Selain itu, masker dari asam jawa ternyata dapat mengatasi kerusakan jerawat dan mengatasi bekas luka pada kulit. Asam jawa juga mengandung asam alfa hidroksi yang dapat menyingkirkan sel kulit mati dan membersihkan pori - pori yang tersumbat. 

Asam jawa yang belum dipetik
Asam jawa yang belum dipetik

9. Mengatasi batuk dan asma


     Asam jawa ternyata terbukti dapat mengatasi batuk dan asma. Hal ini berkat sifat antihistaminnya. Selain itu, asam jawa juga mengandung vitamin C yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga dapat mencegah penyakit musiman seperti pilek dan batuk.

10. Melindungi hati


       Mengonsumsi asam jawa ternyata juga dapat mengurangi kerusakan hati, terutama yang disebabkan oleh alkohol. Penelitian menunjukkan, bahwa mengonsumsi asam jawa dapat menetralisir efek alkohol dari hati dan mengembalikan kondisi hati menjadi sehat kembali.

11. Mengatasi bau mulut


       Satu lagi manfaat dari asam jawa adalah dapat mengatasi bau mulut. Hal ini berkat adanya vitamin C di dalam buah ini. Vitamin C akan membantu menjaga kesehatan mulut dan membantu mengatasi bakteri yang dapat menyebabkan bau mulut. 

Efek samping dari Asam jawa


      Selain memiliki berbagai manfaat, ternyata asam jawa juga mempunyai beberapa efek samping. Asam jawa tidak baik dikonsumsi bersama dengan pengencer darah lainnya, karena asam jawa juga memiliki sifat pengencer darah.

      Konsumsi secara bersamaan antara asam jawa dan antidepresan dapat meningkatkan kadar serotonin dan menyebabkan kondisi keracunan serotonin. Asam jawa tertutama dalam bentuk permen, sangat tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh anak - anak dan ibu hamil, karena dapat pula ditemukan timbal didalamnya. 

Asam jawa yang tumbuh di hutan
Asam jawa yang tumbuh di hutan


Fakta mengenai Asam jawa

       Setelah mengetahui berbagai manfaat dan efek samping dari asam jawa. Mari kita tengok berbagai fakta mengenai Asam jawa di bawah ini :

  1. Terdapat 2 jenis asam jawa, satu mempunyai rasa agak manis ( sweet tamarind ) dan satunya lagi mempunyai rasa yang sangat asam ( sour tamarind ).
  2.  India merupakan negara pemroduksi asam jawa terbesar di dunia.
  3.  Amerika Serikat setidaknya mengimpor sekitar 10.000 kg asam jawa untuk tujuan medis dan farmasi.
  4.  Menurut Marco Polo, para bajak laut malabar sering memaksa korbannya untuk menelan campuran asam jawa dan air laut, sehingga korbannya akan memuntahkan seluruh isi perutnya. Ini bertujuan untuk mengungkapkan barang berharga (contohnya mutiara) yang sengaja disembunyikan dengan cara ditelan.
  5.  Pasta dari asam jawa ternyata dapat digunakan untuk memoles logam terutama kuningan, perunggu dan tembaga. 

      Itulah berbagai manfaat, efek samping dan fakta asam jawa. Jangan sungkan - sungkan untuk membagikan artikel ini ke orang - orang disekitar anda. Terima kasih sudah berkunjung. 

A common man with uncommon desired to succeed, forged by adversity. These things we do, so that others may live.

Silahkan berkomentar yang sopan dan beretika, serta relevan terhadap artikel yang telah anda baca. Jika ada kritik dan saran, kirim melalui kontak di halaman hubungi kami. Terima kasih.
EmoticonEmoticon