Sunday, September 24, 2017

Berbagai manfaat buah zuriat

kasanah.id - Buah yang satu ini mungkin tidak setenar buah lainnya, biasanya yang tahu buah yang satu ini adalah orang - orang yang pernah naik haji ataupun pernah berkunjung ke semenanjung Arab. Buah ini tumbuh di daerah semenanjung Arab, mulai dari Sudan, Mesir, Kenya dan Tanzania. 

      Buah zuriat dalam bahasa Inggris disebut dengan doum. Sedangkan nama lain dari buah zuriat adalah buah adam ataupun buah hawa.


buah zuriat
buah zuriat


      Selain dapat dikonsumsi secara langsung, buah ini juga dapat dibuat untuk sirup dan manisan. Daun dari pohon buah zuriat juga dapat digunakan untuk menenun tikar. 


Manfaat buah zuriat

      
      Dari bahasa arab, nama zuriat sendiri mempunyai arti keturunan, anak cucu, ataupun benih. Ini menunjukkan bahwa manfaat utama dari buah zuriat memang untuk kesuburan. Selain itu, buah ini juga masih memiliki berbagai manfaat lainnya terutama untuk manfaat kesehatan.

1. Obat tradisional


     Buah ini telah dijadikan sebagai obat tradisional di China selama lebih dari 2000 tahun yang lalu. Buah ini dipercaya dapat membantu mengobati berbagai penyakit. Hal ini berkat adanya berbagai antioksidan di dalamnya.

2. Kaya akan anti-oksidan


       Zuriat kaya akan anti-oksidan yang berfungsi untuk menangkal berbagai radikal bebas. Radikal bebas bisa membawa efek buruk bagi tubuh, mulai dari merusak sel sehat dan bahkan bisa mengubahnya menjadi sel kanker. Semakin sering orang terkena polusi, semakin besar resiko terpapar radikal bebas.

3. Mencegah hipertensi


       Mengonsumsi buah zuriat ternyata dapat membantu menurunkan tekanan darah, tentunya ini akan mencegah timbulnya hipertensi. Hipertensi diketahui merupakan salah satu penyebab timbulnya gangguan jantung seperti stroke.

isi buah zuriat
isi buah zuriat


4. Mengatasi sembelit dan gangguan pencernaan


      Sembelit dan masalah pencernaan lainnya erat kaitannya dengan makanan yang kita konsumsi, jika makanan tersebut tidak memiliki serat, maka resiko terkena gangguan pencernaan akan meningkat.

      Buah zuriat mengandung serat yang berguna dalam mengatasi gangguan pencernaan dan sembelit. Serat akan membantu menstimulus gerakan usus sehingga dapat mencerna makanan dengan lebih baik dan dapat menyerap nutrisi secara lebih efisien.


5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh


      Buah ini mengandung vitamin C yang erat kaitannya dengan sistem imun. Vitamin C akan berperan sebagai antioksidan dan dapat menangkal radikal bebas, serta memperkuat sistem kekebalan tubuh terutama dalam menangkal berbagai penyakit musiman seperti pilek, batuk dan flu.

6. Membantu meredakan reaksi alergi


     Reaksi alergi biasanya diakibatkan karena seseorang mengonsumsi makanan ataupun karena kondisi disekitarnya (debu,air,dll). Untuk meredakan reaksi alergi, cobalah mengonsumsi buah zuriat. 

     Buah ini mengandung flavonoid dan hydroxycinnamates yang dapat mengurangi reaksi alergi yang timbul pada seseorang.

buah zuriat yang belum matang
buah zuriat yang belum matang


7. Pelepas dahaga dengan penuh nutrisi


     Jika anda merasa haus dan mengakibatkan kurang konsentrasi, cobalah untuk mengonsumsi buah zuriat. Buah ini selain mengandung berbagai nutrisi yang dapat meningkatkan konsentrasi juga dapat dengan mudah dijadikan minuman ataupun manisan.

8. Mengatasi peradangan


     Buah zuriat juga memiliki sifat anti-inflamasi di dalamnya. Sifat ini menunjukkan bahwa buah zuriat bermanfaat dalam mengatasi peradangan dan mengatasi nyeri pada persendian. 

9. Untuk kesuburan


     Seperti arti dari nama buah ini, zuriat erat kaitannya dengan meningkatkan kesuburan. Buah ini telah lama dijadikan obat tradisional untuk masalah kesuburan. Selain itu, buah zuriat juga bermanfaat dalam melancarkan haid.

      Buah ini juga sering dijadikan sebagai bantuan untuk mereka yang masih belum memiliki keturunan. Buah zuriat sering dilibatkan dalam program ibu hamil/promil karena memang telah terbukti bisa membantu memperlancar program tersebut. 

10. Menambah stamina dan tenaga


      Khususnya untuk laki - laki atau pria, buah zuriat ternyata bisa menambah stamina dan tenaga. Hal ini dikarenakan buah ini mengandung cukup banyak nutrisi yang bisa memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh.
      

Cara mengonsumsi buah zuriat


     Untuk mengonsumsi buah ini ada beberapa cara yang bisa anda pilih, tentunya tergantung kemudahan dan kesukaan anda. Berikut cara untuk mengonsumsi buah zuriat :

1. Dimakan langsung


     Cara yang satu ini cukup sederhana yaitu dengan cara dikonsumsi langsung saat buah masih dalam kondisi mentah. Kenapa harus dalam kondisi mentah ? Tujuannya agar lebih mudah untuk mengonsumsinya.

    Buah zuriat yang telah matang biasanya akan menjadi lebih keras dan tidak mudah untuk dikonsumsi langsung. Buah zuriat yang telah matang biasanya dicampurkan dengan komposisi lain untuk dijadikan makanan, bukan untuk dimakan langsung.

2. Dengan direbus terlebih dahulu


      Nah cara lain yang bisa menjadi alternatif untuk mengonsumsi buah zuriat adalah dengan merebus dahulu buah zuriat tersebut. Ada 3 cara yang bisa anda pilih.

      Yang pertama, belahlah buah zuriat menjadi 2 bagian. Setelah itu, potong seluruh daging buah termasuk kulitnya hingga berbentuk kecil - kecil. Rebuslah dengan air sebanyak 1 gelas. Setelah tersisa 1/3 gelas, hentikan proses perebusan. Anda bisa meminum air rebusan tersebut sebanyak 2 kali setiap hari, yaitu di pagi dan malam hari.

      Yang kedua, kupas buah zuriat dan singkirkan bijinya. Lalu ambil bagian daging yang berwarna putih. Potong bagian daging tersebut hingga kecil - kecil. Rebuslah dengan air sebanyak 3 gelas, hingga hanya tersisa 1 1/2 gelas. Minum secara rutin setiap pagi dan malam hari.

      Yang ketiga, kupas sepasang buah zuriat. Rebus kulit dan bijiya ke dalam air sebanyak 5 gelas, lakukan selama 15 menit. Biarkan air rebusan selama 6 jam. Ambil biji buah zuriat dan masukkan ke dalam blender, tambahkan pula air hasil rebusan tadi. Setelah tercampur, saring hasil blender. Setelah itu, minum air hasil saringan tersebut.

     Agar rasanya lebih enak, anda bisa menambahkan madu untuk setiap cara diatas. Tentunya ini juga menambah manfaat dari air hasil rebusan tersebut.

3. Dengan dihaluskan terlebih dahulu


      Untuk cara yang satu ini cukup mudah untuk dilakukan. Siapkan satu buah zuriat, Pukulah dengan palu atau alat pemukul lainnya, hingga buah menjadi terpecah belah atau hancur. Haluskan hingga menjadi seperti bubuk. Setelah itu, konsumsi langsung.


     Dari berbagai uraian di atas, bisa kita ketahui bahwa buah zuriat mengandung banyak manfaat untuk kesehatan, khususnya untuk program ibu hamil/promil. Telah diterangkan pula cara mengonsumsi buah zuriat. Oleh karena itu tidak ada salahnya mengonsumsi buah yang satu ini.

A common man with uncommon desired to succeed, forged by adversity. These things we do, so that others may live.

Silahkan berkomentar yang sopan dan beretika, serta relevan terhadap artikel yang telah anda baca. Jika ada kritik dan saran, kirim melalui kontak di halaman hubungi kami. Terima kasih.
EmoticonEmoticon