Wednesday, September 6, 2017

Khasiat Blewah, efek samping dan faktanya

kasanah.id - Buah yang satu ini telah cukup dikenal di Indonesia. Blewah mempunyai nama latin yaitu Cucumis melo var. cantalupo. Bahasa Inggris dari buah ini adalah cantaloupe. 

     Blewah dapat disantap dalam bentuk segar, salad buah, makanan penutup, ataupun dicampur dengan es krim. Selain dikonsumsi sehari - hari, buah ini banyak dikonsumsi terutama saat bulan Ramadhan. 

Khasiat blewah


     Meskipun buah ini banyak dikonsumsi, tetapi tidak banyak yang tahu tentang khasiat dari buah yang satu ini. Berikut akan diuraikan beberapa khasiat dari blewah untuk kesehatan tubuh :
Kandungan nutrisi blewah
Kandungan nutrisi blewah


1. Membantu mencegah kanker


      Buah blewah dapat bermanfaat dalam mencegah kanker, terutama kanker prostat. Hal ini berkat banyaknya beta karoten yang terdapat dalam buah ini.

     Beta karoten diketahui dapat bertindak sebagai anti oksidan yang kuat dan mampu menangkal radikal bebas, sehingga menurunkan resiko terkena kanker dan penyakit jantung.

2. Menjaga kesehatan mata


     Beta karoten yang terdapat dalam buah blewah tidak hanya berkhasiat dalam membantu mencegah kanker, tetapi juga dapat menjaga kesehatan mata. Dengan mengonsumsi buah yang mengandung beta karoten, resiko terkena katarak turun hingga 50%.

     Selain itu, dalam buah blewah juga terdapat zea xanthin yang bermanfaat dalam menyaring sinar UV. Tentunya ini akan menjaga kesehatan mata terutama dari kerusakan yang ditimbulkan oleh sinar matahari.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh


      Buah blewah mengandung cukup banyak vitamin C, hingga 44% dari kebutuhan tubuh dari setiap 100 gramnya. Vitamin C berperan sebagai antioksidan dan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

     Dengan mengonsumsi blewah, tubuh akan menjadi lebih sehat, serta mampu menangkal berbagai penyakit terutama penyakit musiman seperti batuk dan pilek.


4. Mempercepat proses penyembuhan luka


     Blewah mengandung berbagai vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk mempercepat regenerasi sel. Dengan regenerasi sel yang lebih cepat, proses penyembuhan luka juga akan berjalan lebih cepat. 

5. Menguatkan tulang


     Salah satu kandungan dari buah blewah adalah kalsium. Manfaat dari kalsium bagi tulang adalah membantu menguatkan tulang, selain itu kalsium juga membantu penyerapan mineral penting lainnya untuk tulang.

6. Melancarkan proses diet


     Buah blewah juga bermanfaat bagi mereka yang sedang melaksanakan diet. Blewah merupakan buah yang mengandung banyak serat. Serat akan membantu melancarkan proses pencernaan dan membuat perut tetap terasa kenyang, tentunya ini akan membantu melancarkan proses diet yang sedang dilakukan.
buah blewah yang belum dipetik
buah blewah yang belum dipetik

7. Pengganti makanan berat

     Bosen sama menu makan yang itu aja?. Coba ganti menu makan anda dengan buah yang satu ini. Blewah selain mengenyangkan juga mudah dan cepat dicerna oleh tubuh, serta mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan untuk tubuh. 

8. Meringankan menstruasi


     Jus blewah ternyata dapat berkhasiat dalam meringankan mestruasi. Mengonsumsi jus blewah akan mengatur aliran haid dan mencegah kram menstruasi pada wanita. jus buah akan membantu mengurangi aliran darah dan membantu pembekuan darah.

9. Membuat kulit tampak lebih segar


     Daging dari buah blewah mengandung banyak vitamin A yang berguna dalam membuat kulit segar dan menipiskan lapisan sel kulit luar yang telah mati. Vitamin A juga melindungi kulit dari kerusakan yang ditimbulkan oleh paparan sinar matahari.
kombinasi blewah, yogurt dan lainnya
kombinasi blewah, yogurt dan lainnya


10. Meredakan stres


     Saat tugas atau kerjaan menumpuk, strespun sulit untuk dihindari. Salah satu khasiat dari buah blewah adalah meredakan stres. Buah ini mengandung kalium yang membantu melancarkan suplai oksigen ke otak, membuat tubuh merasa lebih rileks dan fokus kembali.

     Blewah juga mengandung superoksida dismute, senyawa yang dapat mengatasi stres dan mengurangi rasa cemas dengan menenangkan sistem saraf . Selain itu, superoksida dismute dapat mencegah gangguan tidur dan mencegah kematian sel akibat stres oksidatif.

11. Menjaga kesehatan kardiovaskular


     Blewah memiliki sifat anti-koagulan yang dapat menurunkan viskositas (kekentalan) darah dan mencegah adanya pembekuan darah dalam sistem kardiovaskular. 

     Kalium pada blewah juga membantu mengangkut oksigen ke jantung dan mengatur keseimbangan air di dalam tubuh. Hal ini juga dapat mencegah pengerasan pada arteri, mencegah arteriosklerosis. 

     Mengonsumsi blewah juga mencegah hipertensi dengan mengurangi efek sodium di dalam tubuh. Blewah menawarkan perlindungan dari penyakit jantung koroner dan stroke.

Efek samping blewah


     Tidak terdapat efek samping yang serius dari buah yang satu ini. Jarang ditemukan kasus alergi terhadap blewah, meskipun ini masih mungkin terjadi. 

     Yang perlu diperhatikan adalah bagian kulit luar dari buah blewah rentan terhadap kontaminasi oleh bakteri dari lingkungan sekitarnya. Meskipun bakteri ini tidak masuk ke dalam buah tetapi dapat berpindah ke alat - alat dapur yang digunakan. 

     Oleh karena itu, pastikan buah ini benar - benar bersih dahulu sebelum dikupas. Jika masih ada sisa yang kemudian ingin dimakan, maka masukkan ke kulkas terlebih dahulu sebelum dikonsumsi lagi dan jangan dikonsumsi jika sudah terbuka lebih dari 1 minggu.
Es krim dari blewah
Es krim dari blewah

Fakta tentang blewah


     Selain memiliki banyak manfaat dan sedikit efek samping, blewah juga memiliki beberapa fakta unik. Berikut beberapa fakta unik dari buah ini :

  1.  Nama Inggris dari blewah (Cantaloupe) berasal dari nama kota di Italia, Cantalupo. Di kota ini biji blewah tiba dari Armenia dan di tanam di Papal garden pada abad ke-16 dan mulai populer.
  2.  Blewah masih satu keluarga dengan melon, labu dan mentimun.
  3.  Blewah dikenalkan secara luas di Eropa pada tahun 1890
  4.  Blewah merupakan buah dari keluarga melon yang paling terkenal di Amerika.
  5.  China merupakan negara pemroduksi blewah terbesar di dunia. Pada tahun 2013, sekitar 49% dari produksi blewah di dunia berasal dari China.
  6.  Ada dua jenis utama dari blewah, yang satu berasal dari Eropa dan satunya lagi jenis dari Amerika Utara. 

     Dari artikel ini kita bisa mengetahui berbagai khasiat blewah, efek samping dan faktanya. Jangan lupa untuk membagikan informasi ini dan terima kasih sudah berkunjung.

A common man with uncommon desired to succeed, forged by adversity. These things we do, so that others may live.

Silahkan berkomentar yang sopan dan beretika, serta relevan terhadap artikel yang telah anda baca. Jika ada kritik dan saran, kirim melalui kontak di halaman hubungi kami. Terima kasih.
EmoticonEmoticon