Thursday, September 28, 2017

18 Manfaat dari buah naga dan efek sampingnya

kasanah.id - Buah naga adalah buah yang berasal dari Meksiko. Buah naga memiliki nama latin Hylocereus dan Selenicereus. Dalam bahasa Inggris, buah naga disebut dengan dragon fruit. Selain itu, buah naga juga disebut dengan pitaya, thang loy dan lainnya.

     Saat ini buah naga telah dibudidayakan di negara - negara Amerika Tengah, Amerika Selatan dan juga di wilayah Asia yang meliputi Taiwan, Vietnam, Filipina, Indonesia, dan Malaysia. 


Buah naga
Buah naga


      Pada awalnya buah ini dibawa oleh orang Prancis dari Guyana ke Vietnam sebagai tanaman hias. Orang - orang di Vietnam menganggap bahwa buah naga membawa berkah, sehingga buah ini akhirnya dibudidayakan dan disebarkan ke berbagai wilayah di Asia.

     Terdapat beberapa jenis buah naga yang dikenal secara luas yaitu Hylocereus undatus (buah berwarna merah dengan dagingnya berwarna putih), Hylocerus polyrhizus (buahnya berwarna merah muda dengan daging berwarna merah), Hylocerus costaricensis (buah dan dagingnya berwarna merah tua), Selenicereus megalanthus (buah berwarna kuning dengan daging berwarna putih).


Manfaat buah naga untuk kesehatan

     
     Buah naga telah diketahui sejak lama dapat memberikan khasiat yang luar biasa untuk kesehatan. Selain itu buah naga juga bermanfaat untuk perawatan tubuh. Berikut manfaat buah naga untuk tubuh :

Kandungan buah naga
Kandungan buah naga

1. Menurunkan kadar kolesterol


      Buah yang satu ini sangat cocok dimakan oleh mereka yang mempunyai kolesterol berlebih. Kolesterol berlebih bisa membahayakan tubuh karena dapat menyumbat pembuluh darah yang bisa mengakibatkan timbulnya stroke dan serangan jantung.

      Buah naga kaya akan lemak tak jenuh ganda, omega-3, dan asam lemak omega-6 yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.
     
       Selain itu, buah naga banyak mengandung antioksidan yang dapat membantu proses perlawanan terhadap kolesterol, terutama kolesterol jahat (LDL).

2. Mengatasi masalah perut


       Perut bermasalah? cobalah untuk mengonsumsi buah naga. Buah yang satu ini mengandung banyak serat dan air yang akan  membantu mengatasi masalah perut seperti sembelit dan gangguan pencernaan lainnya. 

3. Membantu mengatasi diabetes


     Diabetes erat kaitannya dengan kandungan gula dalam darah. Buah naga merupakan buah yang mengandung gula tetapi bukan gula glukosa sehingga tidak menimbulkan diabetes.

     Buah naga mengandung polifenol, karotenoid, tiol, tocopherol dan glukosinolat, kesemuanya membantu menurunkan kadar gula dalam darah. Buah naga juga mengandung serat tinggi yang membantu menghambat lonjakan gula dalam darah.


4. Meningkatkan kesehatan kardiovaskular


     Manfaat lain dari mengonsumsi buah naga adalah meningkatkan kesehatan jantung. Kesehatan jantung erat kaitannya dengan faktor kolesterol dan stres oksidatif. Kedua hal tersebut dapat diatasi dengan mengonsumsi buah naga.

buah naga dengan daging berwarna merah
buah naga dengan daging berwarna merah


5. Mengurangi resiko hemoglobin rendah


     Kadar hemoglobin yang rendah bisa membahayakan kondisi tubuh, tidak hanya bisa menyebabkan anemia tetapi juga bisa menyebabkan kadal ginjal. Untuk menghindari hal tersebut, konsumsilah buah naga. Buah naga mengandung banyak zat besi yang bisa membuat tubuh terhindar dari kadar hemoglobin rendah. 

6. Membantu proses diet


     Salah satu manfaat lain dari buah naga adalah membantu proses diet. Buah ini mengandung banyak nutrisi dan serat yang dibutuhkan oleh tubuh. 

      Serat akan membuat anda tetap merasa kenyang dalam waktu yang lama, sedangkan nutrisinya akan membuat tubuh tetap berenergi. Tambahkan beberapa potongan buah naga ke dalam menu diet anda dan rasakan manfaatnya untuk tubuh.

7. Mencegah kanker


     Beberapa penelitian menunjukkan bahwa buah naga mampu membantu mencegah tumbuhnya sel kanker. Buah naga kaya akan enzim yang disebut dengan lycopene, vitamin C dan karoten, ketiganya penting untuk membantu mencegah terbentuknya tumor. 

8. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh


     Buah naga kaya akan vitamin C yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain vitamin C, pada buah ini juga terdapat vitamin dan mineral penting lainnya seperti niasin, vitamin B1, pytoalbumin, kalsium, fosfor dan zat besi yang membuat tubuh anda mampu melawan serangan bakteri dan virus.

9. Membantu meredakan nyeri sendi


      Arthritis ataupun penyakit persendian lainnya akan menimbulkan rasa sakit, iritasi dan membuat anda sulit bergerak. Buah yang memiliki sifat anti-inflamasi seperti buah naga, akan membantu meringankan dan mengatasi sakit pada persendiaan.

buah naga dengan daging berwarna putih
buah naga dengan daging berwarna putih


10. Baik untuk ibu hamil


      Buah naga memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk ibu hamil baik selama proses kehamilan ataupun saat kelahiran. Pada buah ini terdapat zat besi yang dapat membantu mencegah timbulnya anemia. Tercatat, 6 dari 10 ibu hamil rentan terhadap serangan anemia. 

      Pada buah naga juga terdapat kandungan folat. Folat berguna dalam memberikan nutrisi yang cukup untuk janin yang ada dalam kandungan, ini sekaligus mencegah timbulnya cacat lahir.

     Buah naga juga mengandung karbohidrat yang akan memberikan energi untuk si ibu yang sedang hamil. Serat pada buah naga juga akan membantu mencegah timbulnya gangguan pencernaan yang biasa terjadi pada ibu hamil.

11. Mencegah penyakit tulang akibat gagal ginjal


       Pada beberapa kasus gagal ginjal, sering pula disertai dengan timbulnya penyakit tulang. Ini diakibatkan kegagalan ginjal dalam mengaktifkan vitamin D yang penting dalam menyerap kalsium untuk tulang.

      Hal ini menyebabkan tulang menjadi rapuh dan lemah. Buah naga yang kaya akan kalsium, dapat membantu menjaga agar tulang tetap sehat dan kuat.

12. Menjaga kekuatan gigi dan tulang


       Seperti yang dijelaskan sebelumnya, buah ini mengandung cukup banyak kalsium yang dapat berperan dalam menjaga kekuatan gigi dan tulang. Ditambah lagi dengan adanya fosfor, kedua mineral ini akan melawan berbagai gangguan tulang dan gigi.

13. Membantu mengobati demam berdarah


      Pada kasus seseorang terkena demam berdarah, tubuhnya akan mengalami penurunan jumlah trombosit secara signifikan. Hal ini bahkan dapat menyebabkan kematian. 

      Fungsi utama dari trombosit adalah menghentikan pendarahan dengan cara membekukan luka pada pembuluh darah dan pengurangan jumlah trombosit justru akan menimbulkan pendarahan. Mengonsumsi buah naga akan membantu meningkatkan jumlah trombosit pada tubuh.

bunga dari tanaman buah naga yang belum mekar
bunga dari tanaman buah naga yang belum mekar


14. Memperbaiki sel tubuh


      Buah naga tercatat memiliki protein dan enzim khusus yang dapat berperan dalam membantu tubuh dalam meregenerasi dan memperbaiki sel yang telah rusak.

15. Menjaga penglihatan


     Khasiat lain dari buah naga adalah untuk menjaga penglihatan. Ini berkat adanya kandungan beta karoten dan pigmen tanaman lainnya yang penting untuk kesehatan mata. 

      Nutrisi - nutrisi ini akan melindungi mata dari efek berbahaya yang ditimbulkan radikal bebas dan mencegah penyakit mata seperti katarak dan degenerasi makula.

16. Mengatasi tanda - tanda penuaan


      Tanda - tanda penuaan seperti keriput, kulit kendur, garis - garis  halus, kusam ternyata bisa diatasi dengan mengonsumsi buah naga. 

      Buah naga kaya akan berbagai antioksidan yang penting untuk kulit, ini akan mencegah serangan radikal bebas ke kulit dan mencegah timbulnya tanda - tanda penuaan.

17. Mengatasi jerawat dan kulit terbakar


       Buah naga yang kaya akan vitamin C ternyata juga dapat bermanfaat untuk mengatasi jerawat dan kulit terbakar. Caranya cukup menumbuk isi buah naga dan taruh di wajah atau bagian kulit yang terbakar.

bunga dari tanaman buah naga yang sudah mekar
bunga dari tanaman buah naga yang sudah mekar


18. Melembabkan kulit


      Manfaat lain dari buah naga adalah menjaga kelembaban kulit. Buah naga yang mengandung banyak air, akan membuat tubuh terhindar dari dehidrasi dan mencegah kulit kering.

Efek samping mengonsumsi buah naga

    
      Memang buah yang satu ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh, tetapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum mengonsumsi buah naga.

      Tercatat, tidak ada efek samping secara serius yang bisa ditimbulkan akibat mengonsumsi buah naga. Tetapi, beberapa orang yang mengonsumsi buah naga secara berlebihan menyebutkan bahwa mereka mengalami diare.

A common man with uncommon desired to succeed, forged by adversity. These things we do, so that others may live.

Silahkan berkomentar yang sopan dan beretika, serta relevan terhadap artikel yang telah anda baca. Jika ada kritik dan saran, kirim melalui kontak di halaman hubungi kami. Terima kasih.
EmoticonEmoticon