Saturday, September 23, 2017

Berbagai manfaat dan efek samping buah gandaria

kasanah.id - Buah gandaria atau dalam bahasa latinnya Bouea macrophylla merupakan buah yang berasal dari Asia Tenggara dan dapat ditemukan di Indonesia, Thailand, Malaysia dan Laos. 

      Baik daun maupun buah dari buah gandaria ini, dapat digunakan untuk berbagai tujuan. Daun muda dari tanaman buah gandaria dapat dimanfaatkan untuk lalapan. Sedangkan buahnya dapat dikonsumsi langsung, dibuat rujak, salad buah, ataupun lalapan. 


kandungan nutrisi buah gandaria
kandungan nutrisi buah gandaria


     Buah gandaria mempunyai bentuk yang hampir sama dengan manga. Bahkan dalam bahasa Inggris, gandaria disebut juga dengan plum mango dan marian plum. Gandaria juga masih satu keluarga dengan buah manga.


Manfaat buah gandaria

      
     Buah gandaria mempunyai beberapa manfaat mulai dari melancarkan pencernaan, baik untuk paru - paru, menyehatkan jantung, dan berbagai manfaat lainnya yang akan dijelaskan dibawah ini.

1. Menjaga kesehatan kulit


     Gandaria mengandung cukup banyak vitamin C, nutrisi ini penting untuk membantu pembentukan jaringan kolagen. Dalam buah ini juga terkandung beta karoten yang baik untuk kulit. Selain itu, gandaria mengandung banyak air yang dapat menjaga kelembaban kulit.

2. Melancarkan pencernaan


      Buah gandaria juga memiliki manfaat dalam melancarkan proses pencernaan. Serat dan air didalam buah ini membantu melancarkan pencernaan dan penyerapan nutrisi.


3. Mencegah kanker


     Gandaria juga memiliki manfaat dalam mencegah kanker. Hal ini berkat adanya berbagai antioksidan di dalamnya yang dapat menangkal radikal bebas. Radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan sel sehingga menyebabkan kanker.


buah gandaria yang belum dipetik
buah gandaria yang belum dipetik


4. Membantu menurunkan berat badan


       Kandungan serat dalam buah gandaria akan membuat tubuh merasa tetap kenyang dalam waktu yang cukup lama. Serat juga membantu penyerapan nutrisi dalam tubuh dan merangsang pergerakan usus. Ini sekaligus mencegah penumpukan lemak dalam tubuh.

5. Menjaga kesehatan jantung


     Dari berbagai penelitian, menunjukkan bahwa mengonsumsi buah yang mengandung banyak serat seperti gandaria, dapat menurunkan resiko terkena stroke karena kemampuannya dalam menurunkan kolesterol. 

     Ini sekaligus menjaga agar aliran darah lancar dan mencegah penumpukan lemak dalam pembuluh darah yang dapat menganggu kesehatan jantung.

6. Menjaga fungsi otak


      Berbagai kandungan nutrisi dan air didalam buah gandaria, dapat membantu menjaga fungsi otak. Perlu di ingat bahwa air merupakan komposisi terbesar otak ( 70% ). 


jus buah gandaria
jus buah gandaria


7. Mengobati sariawan


     Buah gandaria merupakan obat tradisional untuk sariawan. Ini berkat kandungan vitamin C di dalamnya, sedangkan penyebab sariawan sendiri adalah kekurangan vitamin C.

8. Mempercepat penyembuhan luka


     Salah satu manfaat lainnya dari gandaria adalah mampu membantu mempercepat penyembuhan luka. Buah ini kaya akan vitamin C dan protein yang membantu proses regenerasi sel, ini tentunya akan mempercepat proses penyembuhan luka.

9. Menyehatkan tulang


      Buah ini juga mengandung kalsium didalamnya, peran mineral yang satu ini dalam proses pembentukan tulang sangat vital. Mengonsumsi buah gandaria tentunya akan membantu proses pembentukan tulang dan menyehatkan tulang.


isi buah gandaria
isi buah gandaria


10. Menjaga penglihatan


     Beta karoten yang ditemukan dalam buah gandaria dapat membantu menjaga kesehatan mata. Beta karoten akan diubah menjadi vitamin A yang akan menjaga kesehatan mata dan memperlambat penurunan kemampuan penglihatan yang biasanya akan menurun seiring bertambahnya usia.

11. Membersihkan racun


      Proses detoksifikasi/pembersihan racun dari dalam tubuh membutuhkan bantuan air. Air akan membantu menyerap racun dan membantu membuangnya keluar dari tubuh. Oleh karena itu, mengonsumsi buah yang mengandung cukup air akan membantu proses detoksifikasi dalam tubuh.


buah gandaria
buah gandaria


Efek samping buah gandaria


      Buah gandaria memang memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Tapi bukan berarti tidak ada efek sampingnya, pertimbangkan beberapa hal berikut ini sebelum mengonsumsi buah gandaria. 

     Bagi beberapa orang, buah gandaria bisa menimbulkan reaksi alergi dengan ciri - ciri berupa pusing dan mual. Selain itu, buah ini mengandung cukup banyak air dan gula, ini tidak baik untuk penderita diabetes dan bisa memperparah penyakit tersebut.

A common man with uncommon desired to succeed, forged by adversity. These things we do, so that others may live.

Silahkan berkomentar yang sopan dan beretika, serta relevan terhadap artikel yang telah anda baca. Jika ada kritik dan saran, kirim melalui kontak di halaman hubungi kami. Terima kasih.
EmoticonEmoticon