Thursday, September 14, 2017

Berbagai manfaat, efek samping dan fakta buah ceri untuk kesehatan

kasanah.id - Buah yang satu ini cukup dikenal dan banyak dikonsumsi. Memiliki nama latin Prunus avium, ceri biasanya banyak diletakkan di atas cake ataupun olahan es krim. Selain sebagai hiasan, buah ini juga dapat dikonsumsi langsung ataupun dijadikan salad buah dengan beberapa buah lainnya.


Manfaat buah ceri untuk kesehatan

    
     Buah ceri memang sudah cukup dikenal dimasyarakat, tetapi tidak banyak yang tahu bahwa di dalam buah ini terdapat berbagai nutrisi yang bisa bermanfaat untuk kesehatan. Buah ini memiliki beberapa kandungan vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Lebih lanjut, simak beberapa manfaat dari buah ceri untuk kesehatan di bawah ini.
kandungan nutrisi dari buah ceri
kandungan nutrisi dari buah ceri


1. Menurunkan tekanan darah


     Buah ceri bermanfaat dalam menurunkan tekanan darah, hal ini sebab adanya kandungan kalium di dalamnya. Kalium berperan dalam menetralisir efek yang ditimbulkan sodium, sehingga dapat mencegah hipertensi. Kalium juga berperan dalam menjaga detak jantung dan tekanan darah agar tetap normal.

2. Menyembuhkan migrain


     Pada buah ceri terdapat antosianin dan bioflavonoid yang dapat membantu meringankan sakit kepala dan migrain, dengan cara mengurangi peradangan pada tubuh. Efek dari kedua senyawa ini sama dengan efek yang ditimbulkan oleh aspirin dan ibuprofen.

3. Membantu proses penyembuhan/recovery otot  


     Biasanya setelah berlatih secara keras ataupun setelah mengangkat beban yang berat, otot akan mengalami cedera atau kelelahan. Mengonsumsi jus buah ceri ternyata dapat membantu menyembuhkan cedera pada otot.

     Hasil penelitian yang dilakukan oleh Oregon Health and Science University of America menunjukkan bahwa atlit yang telah mengonsumsi jus buah ceri sebelum berlatih, merasakan lebih sedikit nyeri pada otot mereka.

     Sedangkan jika jus buah ceri dikonsumsi setelah berlatih, hampir 90% kekuatan otot akan kembali dalam waktu 24 jam.

Pohon buah ceri
Pohon buah ceri

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh


     Buah ceri mengandung anti oksidan dan anti viral yang dapat membantu menangkal penyakit dan infeksi. Selain itu, pada ceri juga terdapat flavonoid yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

5. Mengatasi athritis dan asam urat


     Mengonsumsi buah ceri yang mempunyai sifat anti inflamasi, membantu mengatasi arthritis dan asam urat. Antosianin dan bioflavonoid pada buah ceri akan mencegah dan mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh artritis dan asam urat.

6. Membuat tidur menjadi lebih rileks dan nyaman


     Pada buah ceri terdapat sifat anti iflamasi dan kandungan melatonin, kombinasi keduanya akan membuat tubuh anda lebih rileks dan bisa tidur dengan lebih nyaman. Hal ini juga akan membantu mengatasi berbagai gangguan tidur yang timbul.

7. Menyehatkan jantung


     Hasil penelitian yang dilakukan di University of Michigan menunjukkan bahwa buah ceri dapat memberi manfaat yang baik untuk kardiovaskular dan dapat mengurangi resiko terkena stroke. 

      Mengonsumsi buah ceri dapat mengaktifkan PPAR (Peroxisome Proliferator Activating Receptors) di banyak jaringan tubuh. PPAR mengatur metabolisme lemak dan glukosa, sehingga membantu mengurangi penyakit pada kardiovaskular.

bunga pohon ceri
Bunga pohon ceri


8. Membantu mengurangi berat badan


      Salah satu manfaat dari buah ceri adalah membantu mengurangi berat badan. Ini cocok bagi mereka yang sedang melakukan diet. Mengonsumsi buah ceri ternyata dapat menurunkan kadar lemak pada darah, massa lemak pada tubuh dan lemak pada perut.

9. Membantu mengatasi anemia


     Buah ceri ternyata juga dapat berperan dalam mengatasi anemia. Anemia adalah suatu kondisi dimana jumlah sel darah merah dalam tubuh kurang dari normal, sel darah merah berperan dalam membawa suplai oksigen ke berbagai organ tubuh.

     Pada buah ceri terdapat kandungan zat besi yang dapat berperan dalam membantu produksi sel darah  merah. Hasilnya, anemia menjadi bisa teratasi.

10. Anti aging / memperlambat penuaan


     Ceri mengandung vitamin C dan antioksidan lainnya yang dapat berperan dalam menangkal radikal bebas. Hal ini sekaligus mampu mencegah timbulnya tanda - tanda penuaan, garis - garis halus, keriput dan bintik - bintik. 

      Ini juga diperkuat dengan adanya antosianidin yang dapat menghancurkan enzim yang menyebabkan keriput pada kulit.


11. Membantu membersihkan kulit


      Pasta dari tumbukan buah ceri, dapat bermanfaat dalam membantu membersihkan kulit terutama dari sel - sel kulit yang mati. Caranya cukup olehkan pasta tersebut pada bagian kulit yang di inginkan.

pie ceri
Pie ceri


12. Melancarkan pencernaan


      Buah ceri mengandung cukup banyak serat, serat sangat bermanfaat bagi proses pencernaan. Mengonsumsi makanan yang berserat akan membantu pergerakan usus dan membantu penyerapan nutrisi, ini tentu akan melancarkan pencernaan dan mengatasi gangguan pencernaan.

13. Menyehatkan rambut


     Selain berbagai manfaat di atas, masih ada satu manfaat lagi dari buah ceri yaitu menyehatkan rambut. Ini berkat adanya antosianin dan beta karoten di dalamnya. Ekstrak dari ceri biasanya digunakan untuk suplemen dan produk perawatan rambut, terutama untuk masalah rambut rontok.

Efek samping dari buah ceri

   
   Ada banyak manfaat dari buah ceri, tetapi ada pula efek sampign dari buah yang satu ini. Mengonsumsi ceri terutama ceri manis, dapat menimbulkan reaksi alergi. Jika ceri dikonsumsi secara berlebihan, dapat timbulkan efek samping berupa kram perut ataupun kembung. 

Waffle ceri
Waffle ceri


Fakta dari buah ceri

     
     Selain memiliki berbagai manfaat dan efek samping, masih ada satu lagi yang patut disimak yaitu berbagai fakta unik yang dimiliki buah ceri. Berikut fakta unik dari ceri:

  1.  Ada dua jenis ceri yang biasanya ada di pasaran yaitu ceri yang mempunyai rasa manis dan ceri yang mempunyai rasa asam.
  2.  Ada berbagai peringatan nasional buah ceri di Amerika Serikat, mulai dari Chocolate covered cherry day, National cherry cheesecake day, National cherry cobbler day, National cherry dessert day, National cherry turnover day, National cherry jubilee day.
  3.  Koloni Inggris membawa buah ceri ke Amerika Utara pada abad ke-16.
  4.  Nama ceri / cherry berasal dari bahasa Prancis yaitu cerise.
  5.  Ada sekitar 1000 jenis buah ceri di Amerika Serikat, meskipun begitu, hanya 10 jenis saja yang diproduksi secara komersil.
  6.  Satu pohon ceri, biasanya memproduksi 800 ceri setiap panennya. 
  7.  Gerardo Maggipinto yang berasal dari Italia, berhasil menumbuhkan ceri terberat dengan bobot 0,76 oz (2,16 kg).
  8.  Dulu pernah ada larangan di Kansas mengenai penyajian es krim di atas pie ceri, namun larangan ini sudah dicabut.

     Itulah berbagai manfaat, efek samping dan fakta buah ceri untuk kesehatan. Ceri memang memiliki berbagai manfaat untuk tubuh, tetapi jumlah konsumsinya juga tidak boleh berlebihan.

A common man with uncommon desired to succeed, forged by adversity. These things we do, so that others may live.

Silahkan berkomentar yang sopan dan beretika, serta relevan terhadap artikel yang telah anda baca. Jika ada kritik dan saran, kirim melalui kontak di halaman hubungi kami. Terima kasih.
EmoticonEmoticon