Tuesday, October 3, 2017

Berbagai manfaat, fakta dan efek samping buah pisang

kasanah.id - Buah yang dalam bahasa Inggris disebut dengan banana ini dapat dengan mudah kita temukan di kehidupan sehari - sehari. 

       Ada banyak negara yang telah membudidayakan pisang, namun pusat pembudidayaannya lebih banyak berada di Asia Tenggara, Papua dan Australia. Jenis buah ini pun beragam, mulai dari pisang susu, pisang raja, pisang ambon, dan lainnya.

      Pisang tidak hanya bisa dikonsumsi secara langsung, tetapi juga bisa dikonsumsi dan dipadukan dengan bahan makanan lainnya mulai dari ice cream, kue, pasta, pancake, dan lain - lainya.


Manfaat buah pisang untuk kesehatan

     
      Buah pisang diketahui dapat memberikan efek yang baik untuk kesehatan. Bahkan beberapa atlit olahraga sering mengonsumsi buah ini sebelum olahraga ataupun untuk menu makanan mereka. Pisang juga mengandung berbagai vitamin dan mineral yang penting untuk kesehatan.


Kandungan nutrisi buah pisang
Kandungan nutrisi buah pisang


1. Membantu detoksifikasi


      Detoksifikasi adalah proses pengeluaran dan penetralisiran racun dari dalam tubuh, ini penting untuk menjaga agar tubuh tetap sehat. Pisang merupakan buah yang kaya akan kandungan pektin, yang berperan dalam proses detoksifikasi. 

     Pektin akan membantu membawa racun keluar dari dalam tubuh terutama melalui urin. Senyawa ini juga berperan dalam membatasi jumlah lemak dalam tubuh.

2. Menghindarkan tubuh dari anemia


      Anemia merupakan kondisi dimana tubuh kekurangan sel darah merah. Untuk menghindari terjadinya anemia, maka produksi sel darah merah harus tetap dijaga dengan cara mengonsumsi buah yang banyak mengandung zat besi, salah satunya adalah pisang. 

      Dari hal tersebut kita tahu bahwa salah satu manfaat pisang adalah menghindarkan tubuh dari anemia.

3. Menurunkan tekanan darah


     Manfaat lain dari mengonsumsi buah pisang adalah menurunkan tekanan darah. tekanan darah erat kaitannya dengan kadar sodium dalam tubuh. 

     Buah pisang kaya akan kandungan kalium yang dapat menetralisir efek sodium dan membuat pembuluh darah lebih rileks, kedua hal ini membantu dalam menurunkan tekanan darah.


Buah pisang yang belum matang
Buah pisang yang belum matang


4. Menjaga penglihatan


     Buah pisang mengandung berbagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas yang menyerang mata. Dalam pisang juga terdapat kandungan beta karoten yang dapat membantu memperbaiki sel yang rusak yang ditimbulkan oleh radikal bebas. Ini tentu membawa efek yang baik dalam menjaga penglihatan anda.

     Selain itu, pada pisang juga terdapat lutein, nutrisi ini dapat mengurangi terjadinya penurunan kemampuan mata yang resikonya semakin bertambah seiring pertambahan usia.

5. Membantu mencegah kanker


      Ternyata buah pisang juga dapat bermanfaat dalam mencegah kanker. Hal ini berkat adanya senyawa yang disebut delphinidin didalamnya. 

     Dari hasil penelitian yang di lakukan oleh Food and Chemical Toxicology menunjukkan bahwa delphinidin dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dan mengurangi resiko terkena kanker.

6. Membantu menangkal serangan berbagai penyakit


      Serangan penyakit biasanya erat kaitannya dengan kemampuan sistem imun/kekebalan dalam tubuh. Untuk membantu agar sistem imun lebih kuat, maka perlu mengonsumsi buah yang mengandung banyak antioksidan dan nutrisi penting bagi tubuh seperti pisang. 

     Pada pisang juga terdapat karotenoid yang telah diteliti dapat melindungi tubuh terutama dari penyakit musiman seperti batuk, flu dan pilek. Mengonsumsi pisang juga dapat melindungi tubuh dari penyakit kronis dimana kanker, penyakit kardiovaskular dan diabetes termasuk didalamnya.


Buah pisang yang sudah matang
Buah pisang yang sudah matang


7. Meningkatkan jumlah energi dalam tubuh


     Alasan utama bagi para atlit untuk mengonsumsi buah pisang sebelum ataupun sesudah lomba adalah banyaknya kandungan energi di dalamnya, ini berlaku terutama pada atlit lari maraton.

     Mengonsumsi buah pisang akan memberikan cadangan energi tambahan untuk tubuh jika dikonsumsi sebelum kompetisi. Sedangkan, saat dikonsumsi setelah kompetisi/olahraga, buah pisang berguna dalam mengembalikan energi yang telah terkuras.

8. Menguatkan tulang


      Khasiat lain dari buah pisang adalah mampu menguatkan tulang. Meskipun memang jumlah kalsiumnya tidak terlalu banyak, tetapi pada buah pisang terdapat fruktooligosakarida prebiotik yang dapat meningkatkan kemampuan penyerapan kalsium pada tubuh. Penelitian ini dilakukan oleh The American Journal of Clinical Nutrition.

9. Membantu mengatasi gangguan pencernaan


     Gangguan pencernaan erat kaitannya dengan makanan yang kita konsumsi, biasanya gangguan pencernaan timbul karena makanan tersebut tidak mengandung cukup serat.

     Buah pisang merupakan buah yang mengandung cukup serat, serat akan membantu pergerakan usus dalam mencerna makanan dan membantu penyerapan nutrisi pada makanan. 

     Mengonsumsi buah yang mengandung serat seperti pisang dapat membantu mengatasi masalah pencernaan seperti diare, sembelit dan lainnya. 


Jantung pisang muda
Jantung pisang muda


10. Menurunkan kadar kolesterol jahat


     The Journal of Nutrition telah melakukan penelitian terhadap buah pisang dan hasilnya menunjukkan bahwa pisang mengandung fitosterol yang memiliki efek menurunkan kadar kolesterol jahat. 

      Tentunya dengan adanya penurunan terhadap kadar kolesterol jahat, maka resiko terkena stroke dan gangguan jantung akan menurun.

11. Baik untuk menu diet


      Mengonsumsi buah pisang akan dapat membantu proses diet yang sedang dilakukan, buah ini akan memberikan energi yang dibutuhkan oleh tubuh dan menjaga agar tubuh tetap merasa kenyang dalam waktu yang lama.

12. Membuat anda tidur lebih lelap


      Punya masalah dengan tidur? cobalah untuk mengonsumsi buah pisang. Pisang mengandung senyawa yang disebut trytophan yang membantu tubuh menjadi lebih rileks sehingga tidur anda lebih lelap dan tubuh mendapat kualitas tidur yang lebih baik lagi. 

13. Memberikan efek penenang


      Gabungan antara trytophan, vitamin B9 dan norepinephrine pada buah pisang akan membantu memicu serotonin, senyawa pada otak yang menimbulkan efek relaksasi. Efek ini akan membuat tubuh lebih tenang dan terhindar dari kegelisahan serta stres


Jantung pisang
Jantung pisang


14. Membantu proses recovery


     Ketika melakukan olahraga secara berat, biasanya tubuh akan mengalami cedera. Agar proses recovery berjalan dengan lebih cepat dan lebih baik, konsumsilah buah pisang. 

     Pada buah terdapat magnesium dan kalium, dimana keduanya berperan dalam pembentukan otot dan proses penyembuhan cedera pada otot.

Efek samping buah pisang

   
      Buah pisang memang kaya akan berbagai manfaat untuk kesehatan, namun ada efek samping yang perlu kita ketahui sebelum mengonsumsi buah pisang.

      Jika seseorang sering mengalami migrain, maka mengonsumsi buah pisang bisa memperparah kondisi tersebut, hal ini berkat adanya tiramin didalamnya. 

     Buah pisang juga dapat menyebabkan peluruhan atau kerusakan pada gigi, dimana buah pisang dapat menempati sela - sela gigi dan menjadi tempat bernaung untuk bakteri. Oleh karena itu, pastikan untuk sikat gigi setelah makan buah pisang, terutama sebelum tidur di malam hari.

    Efek samping lain dari buah pisang adalah timbulnya konstipasi, ini biasanya timbul akibat mengonsumsi buah pisang yang belum matang.


kebun pisang
kebun pisang


Fakta dari buah pisang

    
      Selain memiliki berbagai manfaat dan efek samping, buah pisang juga memiliki beberapa fakta unik sebagaimana berikut ini :

  1.  Buah pisang, sebagaimana buah apel dan semangka, ternyata dapat terapung di air.
  2.  Pada awalnya, Hawaii merupakan satu - satunya negara bagian di AS dimana buah pisang ditumbuhkan secara komersil. 
  3.  Beberapa kebudayaan seperti Jepang menggunakan serat dari buah pisang untuk membuat kain dan kertas.
  4.  The Banana Club Museum merupakan sebuah klub yang terletak di Mekah. Di tempat ini terdapat koleksi buah pisang dan terdapat 17.000 item pisang, yang sebagian besar disumbangkan oleh para anggotanya.
  5.  Gatal dan luka akibat gigitan nyamuk dapat diatasi dengan menggosokan bagian dalam kulit pisang ke bagian yang terkena gigitan nyamuk.
  6.  Lebih dari 100 juta buah pisang yang dikonsumsi di seluruh dunia setiap tahunnya.
  7.  Rata - rata orang Amerika mengonsumsi 12,5 kg buah pisang setiap tahunnya.
  8.  Dari keseluruhan buah pisang yang dikonsumsi, 51% dikonsumsi untuk sarapan.
  9.  28% dari seluruh buah pisang yang beredar di pasaran, diproduksi oleh India. 
  10.  Ada lebih banyak lagu yang menyebutkan buah pisang jika dibandingkan dengan buah lainnya.
  11.  75% dari komposisi buah pisang adalah air.
  12.  Buah pisang merupakan buah pertama yang dibudidayakan di dunia. 

       Dari berbagai penjelasan di atas, kita bisa mengetahui bahwa memang terdapat banyak manfaat buah pisang untuk kesehatan dan tubuh, tetapi perlu di ingat pula bahwa terdapat efek samping jika kita mengonsumsi terlalu banyak. Adapula berbagai fakta yang menarik mengenai buah pisang.

      Sekian artikel mengenai berbagai manfaat, fakta dan efek samping buah pisang. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

A common man with uncommon desired to succeed, forged by adversity. These things we do, so that others may live.

Silahkan berkomentar yang sopan dan beretika, serta relevan terhadap artikel yang telah anda baca. Jika ada kritik dan saran, kirim melalui kontak di halaman hubungi kami. Terima kasih.
EmoticonEmoticon