Monday, December 11, 2017

Mengenal smoothie dan apa bedanya dengan jus

kasanah.id - Ada banyak minuman yang bisa mendukung proses diet ataupun untuk mendukung aktifitas olahraga. Selain infused water dan jus, ada pula smoothie. 

beda smoothie dengan jus
Smoothie

     Barangkali istilah yang satu ini sudah cukup banyak didengar oleh beberapa orang, tetapi masih belum banyak pula yang tahu mengenai apa itu smoothie dan perbedaanya dengan jus.

Apa itu smoothie ?


     Smoothie adalah minuman yang mencampurkan buah - buahan, sayuran, dan tidak lupa ditambahkan pula susu tawar, yang terakhir ini merupakan ciri khas dan pembeda smoothie. Selain susu tawar, yoghurt, cokelat dan susu kental manis juga ditambahkan ke smoothie.

     Bagi beberapa orang kombinasi di atas mungkin tidak terlalu terasa enak untuk dikonsumsi, oleh karena itu bisa pula ditambahkan gula pasir sebagai pemanisnya. 

      Sedangkan untuk mempercantik tampilan dan menambah rasa, bisa pula ditambahkan bubuk cokelat, potongan buah - buahan, meses ataupun tambahan lainnya, di atas smoothie yang telah anda buat.


Baca juga : Makanan olahan, sehatkah ?


Bagaimana proses pembuatannya ?


     Untuk membuat smoothie caranya cukup mudah, anda cukup menambahkan beberapa potongan buah - buahan dan sayuran (pilih yang anda sukai) ke dalam blender. Lalu tambahkan pula susu tawar (tambahkan pula gula pasir jika dirasa perlu).  

     Jalankan blender, lalu tuang hasil blender ke dalam gelas. Setelah itu anda bisa menambahkan pula beberapa tambahan seperti yang disebutkan diatas.

Baca juga : 6 Resep smoothie yang enak dan menyehatkan

Apa bedanya smoothie dengan jus ?


     Sekilas memang hampir sama antara jus dengan smoothie. Namun jus biasanya tidak mesti ditambahkan dengan susu tawar, seperti yang menjadi ciri khas dari smoothie.


apa itu smoothie
Salah satu contoh smoothie

    Perbedaan lainnya adalah pada jus yang diambil hanya sarinya atau tanpa ampas. Nah kalo membuat jus biasanya ampasnya akan dibuang, sedangkan pada smoothie, ampasnya juga akan ikut dikonsumsi. Ampas ini biasanya mengandung banyak serat yang tentunya bisa bermanfaat baik untuk tubuh. 


perbedaan smoothie dengan jus
Salah satu contoh jus

     Dari paparan diatas bisa terlihat perbedaan antara jus dengan smoothie. Meskipun pada jus ampasnya dibuang, bukan berarti jus tidak lebih baik daripada smoothie, keduanya sama - sama baik karena mengandung banyak nutrisi. 

     Tetapi untuk alasan kemudahan mengonsumsi, lebih mudah mengonsumsi jus daripada smoothie, apalagi jika buah atau sayuran yang di campur mengandung cukup banyak serat.

       Sekian artikel mengenai mengenal smoothie dan apa bedanya dengna jus. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini. Terima kasih.

A common man with uncommon desired to succeed, forged by adversity. These things we do, so that others may live.

Silahkan berkomentar yang sopan dan beretika, serta relevan terhadap artikel yang telah anda baca. Jika ada kritik dan saran, kirim melalui kontak di halaman hubungi kami. Terima kasih.
EmoticonEmoticon