Sunday, January 28, 2018

11 Manfaat bawang putih untuk kesehatan tubuh

kasanah.id - Untuk nama sayur yang satu ini, sepertinya hampir semua orang sudah mengenalnya. Bawang putih atau yang dalam nama latinnya disebut dengan Allium Sativum L berasal dari Asia Tengah dan Iran bagian utara.

Bawang putih

      Selain digunakan sebagai penyedap makanan, bawang putih juga digunakan sebagi obat - obatan tradisional terutama di India dan China. Bawang putih digunakan sebagai obat tradisional dalam mengatasi masalah di pencernaan, pernafasan dan dalam melawan infeksi yang ditimbulkan oleh parasit.


Manfaat bawang putih


    Penggunaan bawang putih yang sejak ribuan tahun lalu sebagai obat tradisional, menunjukkan bahwa bawang putih memiliki berbagai manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh.

     Bawang putih tercatat mempunyai beberapa kandungan vitamin penting seperti vitamin B1, B2, B3, B5, B6, B9 dan vitamin C. Selain itu, terdapat pula mineral yang mempunyai peranan penting untuk tubuh seperti Kalsium, Zat besi, Magnesium, Fosfor, Zinc, dan berbagai mineral penting lainnya.


kandungan nutrisi bawang putih

1. Mencegah kanker


     Salah satu manfaat yang paling dahsyat dari mengonsumsi bawang putih adalah mampu mencegah tubuh terkena kanker, tentunya ini jika diiringi oleh pola hidup yang sehat.

      Mengonsumsi 5 gram bawang putih setiap hari, akan menghalangi eksresi nitropoline, enzim yang dapat memicu kanker. Salah satu penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi bawang putih akan menurunkan resiko terkena kanker payudara, usus besar, kulit, rahim, kerongkongan dan paru - paru.

2. Memperkuat sistem imun


     Mengonsumsi bawang putih ternyata juga dapat membantu memperkuat sistem imun tubuh anda. Dari penelitian yang diadakan terhadap 140 sukarelawan selama 12 minggu, diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa mengonsumsi bawang putih dapat menurunkan masalah yang disebabkan oleh sistem imun terutama flu dan batuk.

     Bawang putih dapat mendorong penguatan sistem kekebalan tubuh dalam melawan infeksi dan salah satu metodenya adalah dengan membuat teh dari bawang putih.

3. Menurunkan tekanan darah


     Nah bagi mereka yang mengalami kondisi tekanan darah tinggi, ternyata ada solusi yang mudah dan murah yaitu dengan mengonsumsi bawang putih.

     Beberapa studi klinis yang dilakukan mulai tahun 1979 sampai dengan 2013, memperlihatkan bahwa bawang putih dapat mengurangi tekanan darah pada lebih dari 80% pasien yang menderita tekanan darah tinggi.


bawang putih yang telah dikupas

4. Anti-mikroba


     Selama berabad-abad, bawang putih telah disebut sebagai agen yang berguna untuk melawan penyakit menular. Pada bawang putih terdapat allicin, senyawa antibakteri aktif pada bawang putih, yang dapat memodifikasi kemampuan bakteri untuk bereproduksi dan mencegahnya menyebar.

      Salah satu cara untuk mencegah E. coli dalam masakan anda adalah dengan menggunakan bawang putih mentah yang digosokan pada semua bagian bahan makanan, sifat antibiotik dari bawang putih yang hebat akan membunuh kuman tersebut.

5. Mengatasi penyakit kaki atlit


      Dengan khasiat anti jamurnya, beberapa orang telah membuktikan bahwa bawang putih dapat membantu mengatasi gatal - gatal akibat kaki atlit. Caranya cukup rendam kaki yang sakit dalam bak yang berisi air hangat dan bawang putih yang telah diremukkan.

6. Dapat meningkatkan performa


      Bawang putih ternyata telah digunakan sebagai peningkat performa oleh atlet selama ribuan tahun. Ada catatan bahwa orang yunani kuno dan olympian pertama mengonsumsi beberapa sendok bawang putih yang telah digerus, sebelum memulai kompetisi.

     Di abad pertengahan, buruh diberi bawang putih untuk mengatasi kelelahan. Mengapa ini bisa terjadi? bawang putih ternyata dapat mengurangi detak jantung, sehingga akan terdapat lebih banyak darah yang mengalir ke otot dan efeknya tubuh akan bekerja dengan lebih baik. 

     Penelitian yang dilakukan oleh Society of Heart menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi minyak bawang putih selama 6 minggu mengalami penurunan denyut jantung puncak sebesar 12% dan kapasitas latihannya pun meningkat.

daun bawang putih

7. Meringankan sakit pada telinga


      Bawang putih biasanya digunakan untuk menyembuhkan sakit telinga, karena memiliki beberapa khasiat antiviral, antijamur, dan antibiotik. 

       Minyaknya bisa dibuat di rumah dengan meremas beberapa siung dan menambahkannya dengan minyak zaitun. Campuran harus disimpan pada suhu kamar selama beberapa hari.

8. Mengobati masalah usus


     Bawang putih membersihkan sebagian besar masalah usus seperti disentri, diare, dan kolitis. Hal ini tidak mempengaruhi fungsi organisme yang berguna di usus, yang membantu pencernaan, tapi menghancurkan bakteri berbahaya yang ada di usus.

9. Mencegah jerawat


     Setengah orang di dunia menderita jerawat ringan hingga bentuk parah. Bawang putih bisa digunakan, bersama dengan bahan lain seperti madu, krim, dan kunyit, untuk mengobati bekas jerawat dan mencegah perkembangan awal jerawat. Bawang putih bertindak sebagai pembersih dan zat antibiotik untuk ruam kulit.

batang tanaman bawang putih

10. Mengontrol asma


     Siung bawang putih yang direbus dapat dimanfaatkan sebagai pengobatan asma alternatif. Setiap malam sebelum tidur, segelas susu dengan 3 siung bawang putih rebus bisa memberi kelegaan tersendiri untuk penderita asma. 

11. Menurunkan kolesterol


     Dari dua jenis kolesterol, kolesterol LDL dan kolesterol HDL, yang pertama memang buruk bagi kesehatan manusia. Bawang putih, kaya akan senyawa allicin, secara efektif mencegah oksidasi kolesterol LDL, efeknya kadar kolesterol akan turun. 

bunga bawang putih

Efek samping


     Dari 11 manfaat bawang putih untuk kesehatan tubuh di atas, menunjukkan bahwa bawang putih memang memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Tetapi, ada beberapa efek samping yang dapat ditimbulkan akibat mengonsumsi bawang putih.

     Sebelumnya kita telah menyinggung mengenai allicin, ternyata allicin pada bawang putih dapat menimbulkan bau badan dan bau nafas. Selain itu, bawang putih juga dapat menimbulkan reaksi alergi pada beberapa orang, mulai dari terasa iritasi pada perut, diare, sesak nafas dan gejala alergi lainnya.

      Bagi ibu hamil, tidak disarankan untuk mengonsumsi bawang putih secara berlebihan karena dapat membahayakan kondisi ibu terutama dalam memperbesar resiko terhadap pendarahan selama kehamilan dan setelah melahirkan.


     Bawang putih memang memiliki banyak manfaat, tetapi bukan berarti bisa dikonsumsi secara berlebihan. Sekian artikel mengenai 11 manfaat bawang putih untuk kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk membagikannya.

A common man with uncommon desired to succeed, forged by adversity. These things we do, so that others may live.

Silahkan berkomentar yang sopan dan beretika, serta relevan terhadap artikel yang telah anda baca. Jika ada kritik dan saran, kirim melalui kontak di halaman hubungi kami. Terima kasih.
EmoticonEmoticon