Wednesday, February 14, 2018

10 Manfaat buah jambu air untuk kesehatan

kasanah.id - Jambu air atau dalam bahasa inggris disebut dengan water apple ataupun java apple, merupakan buah yang berasal dari Asia Tenggara, termasuk diantaranya pulau jawa. 

     Bahkan nama latin dari salah satu jenis buah ini menyebutkan salah satu nama kota di Jawa Tengah yaitu Semarang. Nama latin dari buah jenis ini adalah Syzygium samarangense.


Manfaat buah jambu air untuk kesehatan


     Buah ini populer di seluruh dunia karena rasanya dan manfaatnya bagi kesehatan. Jambu air mempunyai banyak kandungan nutrisi yang dibutuhkan untuk kesehatan, karena mengandung berbagai mineral dan vitamin. 


Manfaat jambu air untuk kesehatan
Kandungan nutrisi jambu air

     Jambu air merupakan buah yang mudah dicerna dan bisa didapat kapan saja. Buah ini juga merupakan sumber magnesium, kalsium, tembaga, potasium, fosfor, niacin, protein dan sodium yang baik. Berikut manfaat jambu air untuk kesehatan :

1. Mencegah kanker


     Senyawa organik aktif pada jambur, dikombinasikan dengan vitamin C dan vitamin A, telah dikenal sebagai pengobatan pencegahan kanker yang efektif. 

     Penelitian awal dan beberapa teks medis tradisional mengklaim bahwa resiko terkena kanker prostat dan payudara dapat dikurangi dengan menambahkan jambu air ke menu makanan.

2. Manfaat jambu air untuk ibu hamil sangat baik


     Jambu air juga sangat bermanfaat bila dikonsumsi oleh ibu hamil karena RDA vitamin A pada kisaran usia 0 - 9 tahun antara 3000 - 4000 SI, sedangkan saat dewasa meningkat menjadi 5000 - 7000 Si. 

     Seorang wanita hamil membutuhkan tambahan vitamin A sampai 3500 Si. Dengan demikian, konsumsi minimal 1 kg Jambu air setiap hari bisa membantu asupan vitamin A di tubuh wanita hamil. 

3. Menjaga kesehatan jantung dan menghindarkan dari kolesterol


     Kombinasi serat dan nutrisi pada jambu air telah menunjukkan efek signifikan pada kadar kolesterol, yang menyebabkan turunnya aterosklerosis, sehingga mencegah komplikasi kardiovaskular seperti serangan jantung, stroke, dan penyakit jantung koroner.

4. Meningkatkan kekebalan tubuh dari penyakit


     Pada jambu air terdapat komponen aktif dan stabil yang mempunyai efek antimikroba dan anti jamur. Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa hal itu dapat melindungi kulit kita dari perkembangan infeksi dan juga meningkatkan kemampuan pertahanan tubuh dari penyakit terutama yang disebabkan infeksi.


Manfaat jambu air untuk ibu hamil
Isi jambu air

5. Menyehatkan tulang


     Kalsium merupakan salah satu zat penting yang dibutuhkan oleh tulang. Dengan cukup kalsium bisa membuat tulang lebih kuat dan lebih sehat dari sebelumnya. 

       Buah jambu air juga mempunyai kandungan kalsium di dalamnya, sehingga bisa memperbaiki kondisi tulang anda. Mengonsumsi buah ini bisa membuat tulang anda lebih kuat dan lebih sehat daripada sebelumnya.

6. Mengatasi dehidrasi


     Sesuai dengan namanya, jambu air mempunyai cukup banyak kandungan air di dalamnya. Seperti kita ketahui, sebagian besar tubuh manusia terbentuk dan bergantung dengan air, ini menunjukkan bahwa dehidrasi bisa berbahaya bagi tubuh.

     Untuk mengatasi dehidrasi, cukup konsumsi beberapa buah jambu air, efeknya akan terasa langsung, tubuh menjadi lebih segar dan dehidrasipun bisa teratasi.

7. Mengobati sariawan


     Salah satu manfaat dari jambu air adalah mampu mengobati sariawan. Sariawan bisa disebabkan oleh banyak faktor. Tapi salah satu faktornya adalah kita biasanya tidak mampu memenuhi standar kebutuhan vitamin C untuk tubuh. 

     Buah ini mengandung cukup banyak vitamin C dan dengan mengonsumsi beberapa buah saja, jumlah kebutuhan vitamin C tubuh bisa terpenuhi dan tentunya bisa mengobati sariawan.

8. Membantu detoksifikasi tubuh


     Gabungan antara antioksidan, vitamin, mineral, serta kandungan air yang cukup banyak di dalam jambu air, bisa berperan dalam membantu detoksifikasi tubuh. 

     Antioksidan, vitamin dan mineral akan membantu mencegah masuknya racun dari luar dan memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Sedangkan air pada buah ini, mampu memenuhi kebutuhan cairan, serta mampu membantu proses pengeluaran racun dari dalam tubuh.


Manfaat jambu air
Pohon jambu air

9. Mengontrol diabetes


     Jambosin adalah sejenis alkaloid yang telah menunjukkan hasil yang menjanjikan dalam menghalangi atau mengatur konversi zat tepung menjadi gula. Senyawa ini terdapat pada jambu air.

      Ini bisa menjadi hal yang sangat penting bagi penderita diabetes dan mereka yang berisiko terkena diabetes. Penelitian lebih lanjut sedang berlangsung tentang dampak jambosin terhadap pengendalian gula darah.

10. Membantu melancarkan pencernaan


    Kandungan serat pada jambu air yang tinggi membuat buah ini sangat baik untuk melancarkan saluran pencernaan anda, mengurangi konstipasi dan kondisi kesehatan yang lebih serius. Selain itu, dalam pengobatan tradisional, bunga dari jambu air telah digunakan untuk mencegah diare dan disentri.

Efek samping dari jambu air


     Ada yang perlu diwaspadai dan sangat perlu diperhatikan sebelum mengonsumsi buah yang satu ini. Batang, biji, dan daun bisa sangat beracun dan mengandung sianida, suatu zat yang bisa sangat berbahaya jika tertelan atau terhirup. 

     Untuk itu, sebelum mengonsumsi buah jambu air, pastikan bahwa buah ini telah dibersihkan dan dicuci bersih sebelum dikonsumsi. Belilah jambu air dari tempat yang terpercaya dan mempunyai reputasi baik atau tanam sendiri untuk lebih amannya.


     Dari penjelasan di atas, kita bisa tahu berbagai manfaat mengenai jambu air dan efek sampingnya. Sekian artikel mengenai 10 Manfaat buah jambu air untuk kesehatan. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini. Terima kasih.

A common man with uncommon desired to succeed, forged by adversity. These things we do, so that others may live.

Silahkan berkomentar yang sopan dan beretika, serta relevan terhadap artikel yang telah anda baca. Jika ada kritik dan saran, kirim melalui kontak di halaman hubungi kami. Terima kasih.
EmoticonEmoticon