Friday, February 23, 2018

10 Manfaat buah salak untuk ibu hamil dan kesehatan serta efek sampingnya

kasanah.id - Buah salak merupakan buah yang berasal dari Indonesia, tepatnya di Pulau Jawa dan Sumatra. Setelah itu salak disebarkan di pulau - pulau lainnya dan disebar pula ke beberapa negara tetangga.

     Dalam bahasa Inggris, buah salak disebut dengan snake fruit. Bahasa latin  dari buah salak adalah Salacca zalacca. Buah salak mempunyai campuran rasa asam dan manis, membuatnya cukup digemari oleh masyarakat Indonesia.


Manfaat buah salak untuk ibu hamil dan kesehatan


       Buah salak mempunyai beberapa kandungan nutrisi seperti vitamin dan mineral yang tidak hanya membawa manfaat baik untuk kesehatan, tetapi juga untuk ibu hamil. Selain itu, buah salak juga bagus untuk program diet. Masih banyak manfaat lain dari buah salak, simak informasi dibawah ini.

manfaat buah salak untuk kesehatan
Kandungan nutrisi buah salak

1. Salak bermanfaat dalam menjaga kesehatan mata


     Buah salak dianggap cukup bermanfaat sebagai obat mata. Menurut penelitian oleh ahli kesehatan, buah salak mempunyai kandungan beta karoten yang sangat bagus untuk mata. 

       Bagi siapa saja yang ingin menjaga agar mata tetap sehat dan seimbang, sekarang anda punya pilihan lain yaitu menukar jus wortel dengan jus salak. Mengonsumsi buah salak adalah salah satu metode terbaik untuk mendapatkan jumlah beta karoten yang dibutuhkan untuk menjaga mata agar tetap sehat.

2. Buah salak bermanfaat untuk perut dan pencernaan


     Salak merupakan salah satu buah yang padat akan nutrisi dan terdiri dari kalsium, tanin, saponin, flavonoid dan beta karoten. Karena nutrisi ini, salak memiliki manfaat kesehatan bagi tubuh manusia. Tanin adalah anti diare, sehingga salak membantu penyembuhan diare. 

      Selain itu salak juga mampu mengobati gangguan pencernaan perut. Lebih baik mengkonsumsi salak bersama dengan epidermisnya (lapisan kulit luar tipis yang berwarna putih), yang bisa mencegah sembelit.

3. Meningkatkan daya ingat


     Karena nilai nutrisinya yang lebih tinggi, Salak disebut sebagai 'memory fruit / buah ingatan'. Jumlah potasium dan pektin dalam jumlah besar dalam salak membantu meningkatkan fungsi kognitif tubuh dan meningkatkan daya ingat.

efek samping buah salak
Manisan salak

4. Salak bermanfaat dalam mengantur gula darah


     Kulit buah salak ternyata dapat dijadikan teh. Teh ini dapat membantu dalam regenerasi sel di pankreas yang membantu mengendalikan diabetes. 

     Selain itu, salak juga mengandung pterostilbene yang merupakan agen penurun kadar glukosa darah yang membawa manfaat baik bagi penderita diabetes. Karena itu, seringnya penggunaan buah salak dalam makanan anda cukup bermanfaat untuk menurunkan kadar glukosa darah.


5. Menjaga kesehatan kardiovaskular


     Salak mempunyai kandungan kalium, mineral ini bermanfaat dalam menjaga jantung agar tetap sehat. Jumlah antioksidan dan mineral yang tinggi dalam buah salak juga dapat membuat sistem kardiovaskular berfungsi dengan baik dan membantu pengaturan air di dalam tubuh.

6. Buah salak bermanfaat bagi ibu hamil


     Wanita hamil harus memilih makanan yang baik untuknya dan juga untuk bayi yang dikandungnya, sehingga makanan sehat harus menjadi prioritas. Konsumsi salak bagus untuk wanita hamil muda terutama yang mengalami morning sickness. 


     Buah salak banyak mengandung kalsium, serat, karbohidrat, dan antioksidan. Ini bekal zat yang baik untuk wanita hamil. Karena mengandung banyak nutrisi bermanfaat, salak sangat membantu menjaga kesehatan ibu hamil muda. 



      Belum lagi, makanan ini juga memberi makanan sehat bagi si bayi. Tapi jangan pula mengkonsumsi terlalu banyak salak, efek sampingnya akan dijelaskan di bagian akhir dari postingan ini.

akibat terlalu makan buah salak
Keripik salak

7. Menjaga stamina tubuh


      Salak memiliki banyak zat bermanfaat dari karbohidrat, vitamin, dan mineral untuk menopang stamina tubuh kita. Perpaduan antara zat - zat baik yang sangat bermanfaat bagi tubuh kita dapat mempertahankan kondisi tubuh agar tetap prima.

     Mengkonsumsi buah salak setidaknya sekali dalam dua hari akan membantu tubuh kita memulihkan kondisinya dan mencegah kita terkena penyakit.

8. Membantu pembentukan otot


     Dengan jumlah protein yang cukup banyak pada buah salak, ini tentunya membantu dalam proses pembentukan otot tubuh kita. Kemudian, dengan ditambah melakukan olah raga secara teratur, otot tubuh anda akan menjadi lebih terbentuk.

9. Menjaga kesehatan kulit


    Mengonsumsi buah salak adalah cara alami untuk mencapai kulit yang indah dan sehat. Selain itu, antioksidan yang terkandung dapat mencegah efek buruk yang ditimbulkan oleh radikal bebas yang akan berbahaya bagi kulit. Selanjutnya, Vitamin C juga ikut berperan menjaga agar kulit tetap awet muda.

manfaat buah salak untuk ibu hamil
Buah salak

10. Buah salak bagus untuk dikonsumsi saat diet


      Bagi anda yang ingin menurunkan berat badan atau diet, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi buah yang satu ini. Dengan kandungan fitonutrien yang ada, bisa sangat membantu diet anda. 

     Selain itu buah salak juga kaya akan kandungan serat. Serat akan membuat anda tetap merasa kenyang dalam jangka waktu yang lama, ini tentu penting bagi proses diet yang sedang dijalankan.

Efek samping dan bahaya mengonsumsi buah salak


      Mengonsumsi buah salak bisa berbahaya ? Bisa saja, apalagi kalo konsumsinya di atas normal atau berlebihan, yang dianjurkan adalah mengonsumsi 1 - 2 buah saja, dengan batasan paling banyak 4 - 5 buah. Lebih dari itu sangat tidak dianjurkan.

manfaat buah salak untuk diabetes
Perkebunan salak

     Jika Anda mengkonsumsi terlalu banyak buah salak dalam sehari akan memiliki dampak berupa sembelit atau susah buang air besar.

Tips mengonsumsi buah salak


       Untuk mengonsumsi buah salak ada beberapa tips. Tips yang pertama, jangan buang bagian epidermis tipis yang berwarna putih pada buah salak, bagian ini mengandung serat dan nutrisi lain yang penting untuk tubuh.

      Tips yang kedua, selain bisa dikonsumsi langsung. Salak juga bisa dibuat menjadi pai, selai, kripik, manisan, acar buah, dan bahkan sirup. Ini tentu menjadi cara alternatif dalam mengonsumsi salak jika anda bosan dengan cara yang itu - itu saja. 


      Itu tadi penjelasan mengenai Manfaat buah salak untuk ibu hamil dan kesehatan serta efek sampingnya. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa untuk membagikannya. Terima kasih.

A common man with uncommon desired to succeed, forged by adversity. These things we do, so that others may live.

Silahkan berkomentar yang sopan dan beretika, serta relevan terhadap artikel yang telah anda baca. Jika ada kritik dan saran, kirim melalui kontak di halaman hubungi kami. Terima kasih.
EmoticonEmoticon