Friday, February 9, 2018

10 Tips sederhana dalam mengatasi insomnia dengan mudah

kasanah.id - insomnia adalah kesulitan untuk bisa tidur atau sulit untuk tetap tertidur, bahkan ketika seseorang memiliki kesempatan untuk melakukannya. 

cara mengatasi insomnia
ilustrasi insomnia

     Orang dengan insomnia dapat merasa tidak puas dengan tidurnya dan biasanya mengalami satu atau lebih dari gejala berikut: kelelahan, tak bersemangat, sulit berkonsentrasi, gangguan mood, dan penurunan kinerja.


10 Tips sederhana dalam mengatasi insomnia dengan mudah


     Perubahan gaya hidup yang sederhana bisa membawa perbedaan pada kualitas tidur anda. Tips - tips ini tergolong sederhana dan mudah untuk dilakukan, berikut tips untuk mengatasi insomnia.

1. Jagalah waktu tidur agar konsisten



     Tidur dan bangun pada waktu yang hampir bersamaan setiap hari akan memprogram tubuh anda untuk bisa tidur nyenyak. Pilihlah saat ketika anda cenderung merasa lelah dan mengantuk. Setelah terbiasa, anda akan lebih mudah tertidur pada saat waktu yang telah dibiasakan.


2. Ciptakan lingkungan tidur yang baik


     Kamar tidur anda harus menjadi tempat yang damai untuk istirahat dan tidur. Suhu, pencahayaan dan kebisingan harus dikontrol sehingga lingkungan ruang tidur anda akan membantu anda agar lebih cepat tidur dan bisa tidur dengan nyenyak.


     Jika anda memiliki hewan peliharaan yang tidur di kamar bersamamu, pertimbangkan untuk memindahkannya ke tempat lain terutama jika hal itu sering mengganggu anda di malam hari.

efek insomnia untuk tubuh
tempat tidur yang nyaman

3. Pastikan tempat tidur anda nyaman


     Sulit tidur nyenyak di atas kasur yang terlalu empuk atau terlalu keras, atau tempat tidur yang terlalu kecil atau tua. Pastikan kalau ukuran dan kenyamanan tempat tidur sesuai dengan kondisi atau keinginan anda.

4. Berolahraga secara teratur


     Berolahragalah secara teratur, seperti berenang atau berjalan kaki, dapat membantu meredakan ketegangan yang terbangun sepanjang hari. 

     Pastikan bahwa anda tidak melakukan olahraga yang terlalu berat, seperti berlari atau gym dan terlalu dekat dengan waktu tidur, karena bisa membuat anda tetap terjaga. 

5. Kurangi kafein


     Kurangi mengonsumsi minuman berkafein seperti kopi, minuman energi atau cola, terutama di malam hari. Kafein akan mengganggu proses tidur, dan juga mencegah tidur nyenyak. Sebagai gantinya, konsumsi minuman susu atau teh herbal yang hangat.

cara mengatasi insomnia
kurangi minum kopi

6. Hindari alkohol


     Terlalu banyak meminum alkohol, apalagi larut malam, bisa mengganggu pola tidur Anda. Alkohol dapat membantu anda untuk tertidur pada awalnya, tapi akan mengganggu tidur anda di kemudian hari di malam hari.

7. Jangan merokok


     Nikotin adalah stimulan. Perokok memakan waktu lebih lama untuk tertidur, mereka bangun lebih sering, dan banyak mengalami gangguan tidur.

cara sederhana mengobati insomnia
hindari rokok

8. Cobalah untuk rileks sebelum tidur


     Sebelum tidur, lakukan sesuatu yang bisa membuat tubuh lebih rileks misalnya mengonsumsi yogurt, minum susu hangat ataupun mendengarkan musik yang menenangkan. Tentunya ini akan membuat tubuh menjadi lebih rileks dan bisa tidur dengan nyenyak.

9. Buang kekhawatiran anda akan esok hari


     Jika anda cenderung berbaring di ranjang sambil memikirkan segala hal yang harus anda lakukan besok, hindarilah hal itu. Pilih tempat lain dan sisihkan waktu sebelum tidur untuk membuat rencana keesokan harinya. 

      Tujuannya adalah untuk menghindari melakukan hal-hal yang tidak diperlukan saat anda di tempat tidur dan membuat anda bisa tidur dengan lebih nyenyak.

10. Jika anda tidak bisa tidur, jangan dipaksakan


     Jika anda tidak bisa tidur, jangan terus - terusan terbaring di tempat tidur. Bangun dan lakukan sesuatu yang bisa membuat anda santai sampai anda merasa mengantuk lagi, lalu kembali tidur.


     Insomnia memang bisa disebakan oleh gangguan baik fisik, mental ataupun medis. Jika memang setelah melakukan tips diatas, masih mengalami insomnia. Cobalah untuk berkomunikasi dengan dokter yang ahli dalam mengatasi insomnia.

     Sekian artikel mengenai 10 Tips sederhana dalam mengatasi insomnia dengan mudah. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk membagikannya. 

A common man with uncommon desired to succeed, forged by adversity. These things we do, so that others may live.

Silahkan berkomentar yang sopan dan beretika, serta relevan terhadap artikel yang telah anda baca. Jika ada kritik dan saran, kirim melalui kontak di halaman hubungi kami. Terima kasih.
EmoticonEmoticon