Sunday, February 25, 2018

14 Manfaat buah markisa untuk ibu hamil dan kesehatan beserta efek sampingnya

kasanah.id - Sudah kenal belum dengan buah yang satu ini ?. Kalo belum, mari sejenak kita berkenalan dengan buah markisa. Menurut para botanis, markisa adalah buah yang termasuk berry. Buah ini dibudidayakan secara luas karena memiliki rasa yang manis dan mempunyai banyak biji, markisa biasa ditanam di daerah subtropis dan tropis.

     Buah markisa memiliki bentuk yang bulat hingga oval, ada banyak varietas dari buah ini, tetapi biasanya yang paling banyak tersedia adalah yang berwarna kuning atau ungu ke hitam - hitaman. Biasanya markisa dikonsumsi baik secara langsung maupun di jus terlebih dahulu.
 

kandungan nutrisi buah markisa
 Kandungan nutrisi buah markisa
      
     Markisa dalam bahasa Inggris disebut dengan Passion fruit, sedangkan dalam bahasa latin mempunyai nama Passiflora edulis. Buah ini mulanya ditemukan mulai dari Brazil bagian selatan, Paraguay, hingga ke bagian utara dari Argentina.


Manfaat buah markisa untuk ibu hamil dan kesehatan


       Terdapat kandungan vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan Vitamin K di dalam buah markisa. Selain itu, terdapat pula beberapa kandungan mineral seperti kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, serta berbagai mineral lain yang dibutuhkan oleh tubuh. Ini tentunya menunjukkan bahwa markisa memiliki banyak manfaat untuk tubuh bila dikonsumsi.

1. Membantu perkembangan dan pertumbuhan janin


     Buah markisa kaya akan kandungan antioksidan, serat, vitamin, mineral, dan banyak nutrisi penting lainnya yang penting bagi pertumbuhan dan perkembangan janin. Jadi memakan buah markisa saat hamil akan memastikan bayi anda tetap sehat. 

2. Mengatasi insomnia dan rasa gelisah


     Mengonsumsi buah markisa ternyata mampu memberikan efek menenangkan, sehingga rasa gelisah bisa teratasi dan anda bisa tidur dengan nyenyak dan tentunya ini berarti mengonsumsi buah markisa mampu mengatasi insomnia.


3. Mengonsumsi markisa dapat menyehatkan pencernaan


     Buah gairah kaya akan serat, dan cukup satu porsi buah saja bisa mampu memenuhi kebutuhan serat sekitar 98% dari kebutuhan harian. Asupan buah secara teratur meningkatkan pencernaan dan memperbaiki pergerakan usus. Ini sekaligus mencegah sembelit, keluhan umum yang sering dialami selama kehamilan.


manfaat buah markisa untuk kesehatan
Buah markisa yang belum matang


4. Meningkatkan sirkulasi darah


     Kandungan zat besi yang tinggi dalam markisa memastikan peningkatan produksi hemoglobin. Ini sekaligus melebarkan pembuluh darah dan memungkinkan darah beroksigen mengalir dengan bebas ke seluruh bagian tubuh. 

      Hal ini juga membantu memperbaiki fungsi semua organ saat anda hamil. Tambahkan buah markisa ke diet kehamilan anda untuk menjaga ancaman terhadap anemia dan komplikasi yang terkait.


Baca juga : 10 Manfaat buah salak untuk ibu hamil dan kesehatan serta efek sampingnya


5. Menjaga kekuatan tulang


      Buah markisa kaya akan mineral, seperti fosfor, besi, magnesium, dan tembaga. Mengkonsumsinya dapat meningkatkan kepadatan tulang akan mineral dan membuat tulang menjadi lebih kuat. 

       Tulang yang kuat dan sehat sangat penting untuk ibu hamil terutama saat mendekati waktu kelahiran. Mengonsumsi buah juga membantu mencegah atau mengurangi gejala osteoporosis dan nyeri sendi.

6. Bermanfaat dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh


      Buah markisa cukup terkenal karena sifat penguat kekebalannya, markisa mengandung vitamin C dalam jumlah tinggi, beta-cryptoxanthin, dan alfa-karoten. Antioksidan ini membantu menetralkan aktivitas radikal bebas, mencegah kerusakan pada sel, mengurangi stres oksidatif dan memastikan kehamilan yang sehat. 

      Peningkatan imunitas akan membantu anda melawan beberapa infeksi dan menikmati kehamilan yang aman. 


7. Mengatur tekanan darah


      Buah markisa kaya kalium, yang merupakan mineral penting bagi tubuh manusia. Kalium bermanfaat dalam mengendurkan pembuluh darah dan memperbaiki aliran darah.

      Jadi, memakan buah ini memastikan tekanan darah anda tetap terkendali, dan anda dapat menikmati kesehatan jantung yang baik selama sembilan bulan penting ini.


8. Markisa bermanfaat dalam mencegah kanker


     Buah markisa juga merupakan sumber yang ampuh untuk meningkatkan aktivitas anti karsinogenik di tubuh. Antioksidan pada markisa terutama menghilangkan radikal bebas, yang diketahui telah mengubah DNA sel sehat menjadi kanker. 

       Buah markisa juga mengandung vitamin A, flavonoid, dan senyawa fenolik, yang semuanya telah dikaitkan dengan sifat anti-kanker, terutama dalam hal kanker mulut dan paru - paru.


manfaat buah markisa untuk ibu hamil
Buah markisa ungu


9. Menurunkan ketegangan pada saluran pernafasan


     Penelitian terbaru menunjukkan bahwa kombinasi berbagai ekstrak dari kulit buah markisa ungu menciptakan campuran bioflavonoid baru, yang memiliki efek ekspektoran, sedatif, dan menenangkan pada sistem pernapasan. 

     Ini telah dikaitkan secara positif dengan pengurangan serangan asma, mengi, dan batuk rejan. Jika ada seseorang yang sedang mengalami batuk ataupun mengalami gangguan pernafasan, irislah beberapa buah markisa dan lihat efek menenangkannya.


10. Menjaga kesehatan mata


     Kemampuan dan kesehatan mata anda cenderung memburuk seiring bertambahnya usia dan pada beberapa orang muda karena infeksi dan kelemahan saraf optik. 

      Buah markisa adalah makanan sehat yang terbukti bermanfaat bagi mata. Markisa mengandung antioksidan dalam jumlah tinggi seperti Vitamin A, Vitamin C dan flavonoid.

      Nutrisi ini melindungi mata dari kerusakan radikal bebas dan merawat selaput lendir yang melindungi kornea mata.



11. Meningkatkan kesuburan pada pria


     Beta-karoten merupakan salah satu antioksidan yang memiliki keistimewaan dalam meningkatkan kinerja sperma dan berdasarkan penelitian terbaru, mengkonsumsi buah yang kaya akan beta karoten akan membuat pergerakan sperma lebih cepat.

     Dengan kata lain, jika seorang pria menderita masalah ketidaksuburan, mengkonsumsi markisa sangat dianjurkan. Selanjutnya vitamin A dan vitamin C juga berkontribusi dalam melindungi DNA sperma yang sehat dari radikal bebas yang bisa merusak atau mengurangi kualitas dan kuantitas sperma.



manfaat buah markisa untuk bayi
Bunga dari tanaman markisa


12. Baik untuk kesehatan jantung


     Sirkulasi darah yang baik dan arteri yang sehat berarti memudahkan pekerjaan bagi jantung anda. Kandungan kalium yang tinggi membuat markisa menjadi buah yang baik untuk jantung. Hal ini membantu menguatkan kembali otot jantung agar berfungsi dengan baik.


Baca juga : 20 Manfaat buah persik untuk kesehatan dan kulit serta efek sampingnya


13. Menjaga kekuatan rambut


      Kalium yang bekerja sama dengan tembaga dan dikombinasikan dengan beberapa vitamin seperti vitamin A, vitamin C, vitamin B2 dan vitamin B6 akan memberikan solusi kuat untuk kesehatan rambut, semuanya nutrisi tersebut terdapat di buah markisa. 

       Nutrisi - nutrisi ini akan membantu distribusi oksigen untuk menunjang sistem sirkulasi di kulit kepala anda. Kulit kepala yang sehat berarti folikel sehat, folikel sehat berarti rambut lebih sehat dan lebih kuat. Apa yang perlu anda lakukan untuk rambut sehat hanyalah mengkonsumsi markisa secara teratur.


manfaat buah markisa untuk kulit
Minuman dari markisa


14. Mengurangi efek depresi


     Alkaloid yang terkandung dalam markisa memiliki peran penting dalam mengurangi depresi, ini karena markisa memiliki efek sedatif. Namun, ini hanya bekerja sebagai obat rumah untuk mengatasi efek depresi atau gejala stres ringan.

     Pada kasus depresi yang lebih serius dan terlalu banyak markisa bisa berbahaya karena alkaloid bisa mempengaruhi sistem syaraf yang akan membuat depresi dan stres bertambah parah. Dalam hal ini, konsultasi dengan profesional sangat dianjurkan
.


Efek samping buah markisa


     Setelah membahas daftar manfaat dari markisa untuk ibu hamil dan kesehatan markisa,rasanya perlu juga memahami efek samping yang ditimbulkan oleh buah ini. Apalagi bagi anda yang berencana memasukkan buah ini ke dalam menu makanan sehari-hari. Karena ada kemungkinan markisa berinteraksi secara negatif terhadap beberapa zat yang banyak ditemukan pada obat-obatan.

manfaat buah markisa untuk wajah
Makanan penutup dengan markisa


     Jika saat ini Anda dalam program diet tertentu dengan obat-obatan atau saat ini di bawah perintah dokter untuk mengonsumsi suplemen tertentu, sangat dianjurkan untuk mendiskusikan hal ini dengan dokter anda terlebih dahulu. Berikut adalah beberapa daftar
peringatan yang harus anda ketahui tentang markisa :

1. Buah markisa berbahaya bagi penderita diabetes


     Buah markisa kaya akan karbohidrat dan gula alami. Padahal gula yang terkandung dalam markisa secara alami sangat baik untuk kesehatan manusia, namun hal ini bisa berbahaya bagi penderita diabetes terutama yang sudah mengalami kesulitan dalam melarutkan kelebihan gula dalam darahnya.  

     Itulah sebabnya menghindari buah ini dengan segala cara sangat dianjurkan bagi mereka yang saat ini berada dalam kadar gula darah tinggi. 

2. Memiliki efek sedatif


      Memang efek sedatif membawa manfaat bagus untuk kesehatan, tetapi ada yang perlu diwaspadai. Jika dikonsumsi secukupnya, alkaloid bisa membawa efek menenangkan, tapi jika sebaliknya, efeknya malah berbahaya.

      Dalam jumlah berlebih, zat ini dapat menyebabkan beberapa masalah pada sistem saraf. Alih-alih efek menenangkan, zat ini bisa menyebabkan beberapa jenis serangan panik. 

3. Mungkin berefek negatif pada beberapa jenis obat - obatan


     Ada beberapa kasus yang menunjukkan interaksi negatif markisa terhadap beberapa obat. Bagi mereka yang saat ini menerima obat depresi dan kecemasan, berkonsultasilah dengan profesional, hal ini sangat dianjurkan sebelum menambahkan markisa sebagai bagian dari makanan sehari-hari. 

     Beberapa kasus medis juga menunjukkan bahwa markisa tidak dapat dikonsumsi oleh mereka yang baru mengkonsumsi aspirin yang memiliki sifat anti-koagulan, efeknya dapat menyebabkan pengenceran darah secara berlebihan.


      Nah, itulah berbagai penjelasan mengenai 14 manfaat buah markisa untuk ibu hamil dan kesehatan, yang disertai pula dengan efek samping yang bisa ditimbulkan akibat mengonsumsi buah ini secara berlebihan.

      Perlu selalu di ingat, bahwa mengonsumsi sesuatu secara berlebihan tidak akan membawa efek baik bagi tubuh, jadi konsumsilah seperlunya. Terima kasih telah membaca artikel ini dan jangan lupa untuk membagikannya.

A common man with uncommon desired to succeed, forged by adversity. These things we do, so that others may live.

Silahkan berkomentar yang sopan dan beretika, serta relevan terhadap artikel yang telah anda baca. Jika ada kritik dan saran, kirim melalui kontak di halaman hubungi kami. Terima kasih.
EmoticonEmoticon