Thursday, February 22, 2018

15 Manfaat buah dan kulit manggis untuk kesehatan serta efek sampingnya

kasanah.id - Buah manggis merupakan buah yang berasal dari Semenanjung Malaya dan menyebar ke Kepulauan Nusantara terutama Maluku. Manggis kemudian di sebarkan ke wilayah Asia Tenggara, bagian barat daya dari India dan wilayah tropis lainnya seperti Puerto Rico dan Florida.

manfaat buah manggis dan kulitnya
Buah manggis

       Dalam bahasa Inggris manggis disebut dengan mangosteen, sedangkan nama latinnya adalah Garcinia mangostana. Buah manggis tidak hanya dikonsumsi dalam bentuk buah, tetapi juga diolah menjadi makanan. Selain itu, di beberapa negara, buah manggis digunakan sebagai obat tradisional.


15 Manfaat buah dan kulit manggis untuk kesehatan


       Buah manggis mempunyai kandungan nutrisi yang bervariasi dan berisi berbagai vitamin serta mineral. Beberapa negara memproses buah manggis yang dikeringkan untuk keperluan medis dan menjadikannya obat untuk menangani penyakit seperti disenteri, kelainan kulit, serta berbagai macam penyakit lainnya. Selain itu, masih banyak pula manfaat dari buah manggis yang akan dijelaskan di bawah ini.


manfaat buah manggis untuk diet
Kandungan nutrisi buah manggis (img : wikipedia)

1. Manggis bermanfaat untuk melawan kanker


     Buah manggis mempunyai manfaat yang sangat baik dalam mencegah dan melawan kanker. Manggis mengandung setidaknya 20 xanthone yang dapat berperan dalam mencegah kanker, serta bila dikombinasikan dengan beberapa terapi lainnya dapat mengobati kanker.

     Penelitian ini juga diperkuat dengan studi pada tahun 2012 yang dilakukan oleh BMC Complementary dan Alternative Medicine. Xanthone dapat berperan dalam melawan berbagai macam kanker seperti kanker usus besar, kanker payudara, kanker prostat, serta kanker kulit.

2. Manggis dapat mempercepat proses penyembuhan


     Manggis, dengan sifat anti-bakteri dan anti-inflamasi, bermanfaat sebagai obat dan penyembuh luka secara cepat. Daun dan kulit pohon bisa dicampur dengan ramuan obat lain dan diaplikasikan pada luka untuk pemulihan luka yang lebih cepat. 


3. Manggis bermanfaat untuk mengatasi tuberkolosis


      Tuberkolosis merupakan sebuah penyakit yang disebabkan adanya mycobacterium yang berkembang biak pada bagian tubuh, terutama pada aliran darah dan saluran oksigen.

      Buah manggis mengandung khasiat antibakteri dan antijamur yang kuat, selain itu buah ini juga sangat efektif dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang lemah. Tindakan penghambatannya terhadap bakteri berbahaya efektif untuk pasien yang menderita tuberkulosis.

4. Buah manggis mampu mencegah infeksi


     Berbagai penelitian mengungkapkan bahwa buah manggis mempunyai sifat anti bakteri dan anti jamur, keduanya sangat baik dalam mencegah berbagai infeksi yang menyerang tubuh.

     Buah manggis juga mengandung xanthone yang juga dapat menghambat pertumbuhan bakteri yang disebut dengan leptosira dan bila senyawa ini dikombinasikan dengan penisilin, kemampuan antibiotiknya akan meningkat dan mampu mencegah infeksi secara efektif.

5. Anti inflamasi


     Manggis mengandung khasiat anti inflamasi yang bermanfaat bagi penderita penyakit sendi, terutama yang tidak bisa diatasi dengan obat - obatan. Mengonsumsi manggis dua sampai tiga kali sehari bisa membantu mengurangi sakit akibat radang sendi dan menyembuhkannya.


manfaat buah manggis untuk kecantikan
Buah manggis muda (img : wikipedia)

6. Buah manggis mempunyai manfaat mengurangi kolesterol


      Mengkonsumsi manggis akan bermanfaat juga untuk menjaga kadar kolesterol dalam tubuh. Jadi, buah manggis memiliki kemampuan menurunkan kadar trigliserida pada tubuh anda.

     Tingkat penurunan trigliserida akan menjadi keuntungan bagi tubuh untuk menjaga dan menjaga fungsi jantung yang tepat. Selanjutnya buah manggis juga akan menaikkan jumlah kolesterol HDL juga yang merupakan kolesterol baik untuk tubuh dan menurunkan kadar kolesterol HDL atau kolesterol jahat dalam tubuh.

7. Mengatur tekanan darah dan jantung


      Asupan makanan sehat berperan penting dalam mengatur tekanan darah dan detak jantung. Manggis mengandung magnesium dalam jumlah yang baik, yang penting untuk mempertahankan tekanan darah dan tingkat gula darah normal. Hal ini, pada gilirannya, membuat detak jantung tetap stabil.

     Anda juga dapat menemukan penelitian yang telah membuktikan bahwa manggis sangat bermanfaat dalam mengobati hipertensi melalui regulasi tekanan darah.

8. Manggis bermanfaat dalam mencegah anemia


     Buah manggis mampu membantu produksi sel darah merah dan mencegah anemia. Kandungan nutrisi di dalamnya mampu memperbaiki aliran darah dengan melebarkan pembuluh darah, ini membantu melindungi tubuh dari penyakit tertentu seperti aterosklerosis, kolesterol tinggi, kongesti jantung dan nyeri dada yang parah.

9. Mengobati alzheimer


     Salah satu manfaat utama kesehatan manggis adalah efektivitasnya dalam mengobati penyakit Alzheimer. Penyakit ini disertai gejala seperti kebingungan dan kebingungan dan sulit mengingat hal-hal.

10. Buah manggis membantu proses diet


     Mengonsumsi manggis adalah metode ortodoks yang banyak digunakan untuk menurunkan berat badan. Manggis membantu dalam pencegahan penambahan berat badan, dengan membakar lemak. Xanthone pada buah dan kulit buah manggis juga dapat membantu menurunkan berat badan.


manfaat buah manggis untuk kesehatan
Bunga dan buah manggis, serta monyet dari Singapura
(Marianne North, <1890) (img : wikipedia)

11. Manggis bermanfaat untuk melancarkan pencernaan


     Buah manggis kaya akan serat yang dapat menyerap air dan mencegah ataupun mengatasi konstipasi. Selain itu, serat juga memicu dan membantu pergerakan usus sehingga proses pencernaan menjadi lebih lancar.

12. Mengurangi alergi


    Manggis merupakan anti histamin alami. Penelitian telah menunjukkan bahwa ekstrak etanol dari manggis melepaskan histamin dan membantu mengurangi alergi serta peradangan yang dihasilkan.

13. Buah manggis membantu mengurangi jerawat


     Manggis memiliki khasiat antibakteri alami dan senyawa anti mikroba, yang sangat efektif dalam mengobati banyak masalah kulit yang umum. Jerawat, noda kulit, kulit berminyak dan kulit kering bisa disembuhkan dengan mengonsumsi buah manggis.

14. Manggis bermanfaat dalam menjaga kesehatan kulit


     Senyawa xanthone yang hadir di kulit buah ini termasuk yang tertinggi bila dibandingkan buah lainnya. Ini bisa menyembuhkan penyakit kulit, memperbaiki sel yang rusak di tubuh anda dan melindunginya.

15. Mencegah penuaan dini


     Radikal bebas merupakan salah satu penyebab timbulnya penuaan dini. Dengan mengonsumsi buah manggis yang mengandung banyak anti oksidan dan mampu menangkal radikal bebas, maka penuaan dini bisa dicegah.

16. Memperlancar haid


      Manggis bisa sangat berguna dalam mengurangi gejala pramenstruasi seperti pusing, mood swings, hipertensi, dll. Di beberapa negara, manggis dijadikan obat tradisional dalam memperlancar haid, ramuan akar manggis dikonsumsi untuk menetralisir gangguan yang disebabkan menstruasi.

Efek samping buah manggis


     Selalu berbicara dengan dokter anda sebelum menjadikan buah ini sebagai suplemen utama, jika anda memiliki masalah kesehatan. Mengonsumsi buah manggis bisa meningkatkan risiko pendarahan pada orang dengan gangguan perdarahan. Karena kemampuannya untuk memperlambat pembekuan darah, anda harus berhenti mengkonsumsi manggis dua minggu sebelum operasi.

Memilih buah manggis yang baik


     Untuk membeli manggis, pilih yang memiliki bibit lebih sedikit dan mengandung lebih banyak daging. Pilih buah yang memiliki jumlah lobus stigma (bentuknya seperti kelopak bunga dengan warna hijau) yang paling banyak, lobus stigma ini terletak di ujung dari buah manggis.


manfaat kulit manggis untuk kesehatan
Pohon manggis (img : wikipedia)

     Manggis umumnya tidak memiliki umur simpan yang panjang. Mereka dapat mempertahankan kesegarannya hingga dua minggu, setelah itu mereka cenderung kehilangan rasa dan nilai nutrisinya. Menempatkan buah-buahan ini di tempat yang sejuk yang memiliki pasokan udara segar yang memadai adalah cara terbaik untuk memastikan agar tetap segar.


Fakta mengenai buah manggis


      Selain mempunyai berbagai manfaat untuk kesehatan, buah manggis ternyata juga memiliki beberapa fakta unik yang wajib untuk kita simak.

  1.  Buah manggis merupakan buah nasional Thailand.
  2.  Pohon manggis merupakan pohon yang sangat kuat dan tahan segala cuaca, pohon ini bertahan hidup hingga 100 tahun di alam liar. 
  3.  Buah manggis telah disebutkan dan dijadikan pengobatan di masa dinasti Ming (1368 - 1644 M).
  4.  Biasanya pohon manggis mulai berbuah setelah berumur 10 tahun.
  5.  Setelah bisa berbuah, pohon manggis hanya bisa berbuah sebanyak 2 kali dalam setahun.
  6.  Buah manggis dibeberapa negara disebut dengan " Queen of fruit " atau ratu buah. Adapula yang menyebutnya dengan " Food of the Gods " atau makanan para dewa.
  7.  Nama latin buah manggis diambil dari nama penjelajan sekaligus dokter Prancis, Laurentier Garcin.
  8.  Manggis disebut - sebut sebagai buah favorit dari Ratu Victoria.
  9.  Di beberapa pasar tradisional Thailand, buah manggis biasanya diletakkan di sebelah buah durian. Buah durian diketahui menghasilkan efek panas yang cukup kuat dan dapat dinetralisir dengan buah manggis.
  10.  Meskipun dalam bahasa Inggris buah manggis disebut dengan mangosteen, tetapi buah ini tidak ada hubungannya dengan buah mangga yang disebut dengan manggo.

      Dari berbagai penjelasan diatas kita bisa mengetahui berbagai manfaat buah dan kulit manggis, efek samping, cara memilih dan berbagai fakta seputar buah manggis. Sekian artikel ini, semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk membagikannya.

A common man with uncommon desired to succeed, forged by adversity. These things we do, so that others may live.

Silahkan berkomentar yang sopan dan beretika, serta relevan terhadap artikel yang telah anda baca. Jika ada kritik dan saran, kirim melalui kontak di halaman hubungi kami. Terima kasih.
EmoticonEmoticon