Saturday, February 24, 2018

18 Manfaat lobak untuk kesehatan dan jantung serta efek sampingnya

kasanah.id - Lobak adalah sayuran akar yang disebarkan secara luas di Eropa pada zaman pra Romawi. Sayur ini dalam bahasa latin disebut dengan Raphanus raphanistrum, sedangkan bahasa Inggris dari lobak adalah radish.

       Lobak telah disebarkan dan dikonsumsi secara luas di seluruh dunia, dengan sebagian besar dikonsumsi secara mentah - mentah. Ini karena lobak memiliki rasa yang renyah dan menyegarkan. Ada banyak varietas dari lobak, mulai dari ukuran, rasa, warna dan waktu pertumbuhan yang berbeda - beda.


Manfaat lobak untuk kesehatan dan jantung


      Sayur jenis ini ternyata memiliki berbagai nutrisi di dalamnya, mulai dari vitamin B, vitamin C serta mineral penting untuk kesehatan tubuh seperti kalsium, zat besi, magnesium dan lainnya. 

manfaat lobak untuk kesehatan
Kandungan nutrisi pada lobak

      Gabungan dari berbagai nutrisi di dalamnya, ternyata membawa manfaat yang baik bagi kesehatan. Ada banyak manfaat dari lobak, mulai dari melancarkan pencernaan, membantu mengatur tekanan darah, menjaga kesehatan jantung, mengatasi demam dan lainnya.

1. Menurunkan resiko terkena kanker


     Radish mengandung phytochemicals dan anthocyanin yang memiliki sifat anti-karsinogenik. Selain itu, mereka memiliki vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan kuat untuk mencegah kerusakan radikal bebas pada DNA di dalam sel, sehingga membantu pencegahan kanker. 

       Sebuah studi yang diterbitkan oleh Plants Foods for Human Nutrition memberikan bukti kuat bahwa ekstrak akar lobak menginduksi kematian sel dengan memicu jalur apoptosis karena adanya beberapa isothiocyanates (ITC).

2. Lobak bermanfaat dalam membantu mengatur tekanan darah


      Lobak memiliki sifat anti hipertensi yang membantu mengatur tekanan darah tinggi. Sayur ini kaya akan kalium yang membantu menjaga keseimbangan natrium - potassium dalam tubuh, menjaga tekanan darah tetap terkendali. 

      Sebuah studi yang dipublikasikan di Nutrition Research and Practice menemukan bahwa daun lobak dapat menurunkan sampel tekanan darah dari para partisipan yang memiliki hipertensi, hingga 214 mmHg sampai 166 mmHg.

3. Sayur lobak baik untuk penderita diabetes


     Insulin, hormon yang disekresikan oleh pankreas bertanggung jawab dalam penyerapan glukosa. Penderita diabetes tidak mampu menyerap insulin yang diproduksi tubuh mereka atau tidak mampu menghasilkan insulin sama sekali. Karena ini, mereka tidak bisa makan makanan bergula atau bertepung. 

     Tingginya serat, apalagi dengan indeks glikemik rendah, membuat penderita diabetes bisa menikmati lobak karena tidak menyebabkan kadar gula darah meningkat.

4. Mengatasi flu dan batuk  


     Jika anda sering mengalami batuk dan pilek, sebaiknya anda coba memasukkan lobak ke dalam menu makanan anda. Sayuran ini memiliki sifat anti kongestif yang membantu membersihkan lendir yang terbentuk di tenggorokan anda. Selain itu, lobak juga meningkatkan kekebalan tubuh dan membantu menjaga infeksi yang menyebabkan batuk dan flu.

manfaat lobak untuk ginjal
Lobak putih

5. Membantu mengatasi sakit kuning


      Lobak sangat kuat saat harus menghilangkan racun. Ini membantu menjaga hati dan perut anda dalam kondisi baik. Yang membuat lobak efektif dalam mengendalikan penyakit kuning adalah membantu mengatur jumlah bilirubin dalam darah dan meningkatkan suplai oksigen ke dalam tubuh. Ini membantu menjaga dan meminimalkan penghancuran sel darah merah yang disebabkan oleh penyakit kuning.

6. Makan lobak bisa mengatasi konstipasi


     Kebanyakan orang akan mengalami konstipasi dalam kehidupan mereka dan ini jelas bukan merupakan kondisi yang menyenangkan. Lobak memiliki kandungan serat tinggi yang membantu membersihkan makanan yang menempel di usus besar. 

     Selain itu, mengonsumsi lobak juga membantu memperlancar sekresi cairan pencernaan dan empedu yang lagi - lagi bagus untuk sistem pencernaan anda.

7. Lobak bermanfaat untuk proses diet


      Lobak sangat rendah kalori, dan kandungan serat di dalamnya meningkatkan rasa kenyang dalam waktu yang lama. Satu porsi lobak mentah dengan berat 100g hanya mengandung 16 kalori, lobak bisa menjadi bagian dari diet penurunan berat badan.

8. Bagus untuk penderita asma


      Lobak memiliki sifat anti kongestif yang membuatnya sangat bermanfaat bagi penderita asma. Mengonsumsi lobak juga membantu melawan alergi pada sistem pernapasan dan melindungi lapisan pernafasan terhadap infeksi.

jus lobak putih
jus lobak dengan susu

9. Menjaga kesehatan ginjal


      Sifat alami diuretik lobak membuat mereka sangat baik untuk memperbaiki kesehatan ginjal. Mereka membantu menghilangkan racun dari dalam tubuh, dan dapat bertindak sebagai pembersih alami.

10. Lobak bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung


     Lobak adalah sumber antosianin yang baik yang membuat jantung dapat berfungsi dengan optimal, ini sekaligus mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

      Menurut sebuah penelitian baru - baru ini, antosianin ini memiliki sifat anti inflamasi yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan pengaruhnya seperti penyakit arteri perifer, gagal jantung dan bahkan penyakit ginjal.

11. Membentuk dan memperbaiki otot


     Banyak nutrisi yang dibutuhkan untuk membangun dan memperbaiki otot. Protein adalah pondasi dari otot. Lobak adalah sayur yang kaya akan protein dan karenanya, mereka harus disertakan dalam makanan anda.

12. Baik untuk kesehatan kulit


     Jika anda minum jus lobak setiap hari, anda memberikan suplemen khusus kulit untuk tetap sehat, dan itu terutama karena adanya vitamin C, seng, dan fosfor. 

      Anda juga bisa menggunakan pasta lobak untuk membersihkan wajah. Jika di aplikasikan pada rambut, maka bisa menghilangkan ketombe, mencegah kerontokan rambut, dan menguatkan akar rambut juga.

manfaat lobak untuk wajah
Salad dengan lobak

13. Membuat wajah cerah dan bersih


      Pasta lobak yang dijadikan masker pada wajah bisa membuat wajah cerah dan bersih, lobak mengandung berbagai kandungan nutrisi dan anti oksidan yang bisa menangkal radikal bebas pada wajah. 

     Selain itu, lobak kaya akan kandungan air yang menjaga agar wajah tidak kering. Masker dari lobak juga bisa digunakan dalam mengatasi jerawat.

14. Lobak bermanfaat dalam penguatan tulang


      Lobak mengandung berbagai macam mineral penting untuk membangun kekuatan tulang, seperti kalsium dan fosfor. Gabungan keduanya dan beberapa mineral lain akan mengisi tulang dan membuatnya lebih kuat.

15. Mengatasi demam


     Lobak dapat menurunkan suhu tubuh dan meredakan radang akibat dari demam. Metode asupan yang baik adalah minum jus lobak yang dicampur dengan garam hitam, dan keduanya dapat berfungsi sebagai desinfektan yang baik, lobak juga melawan infeksi yang dapat menyebabkan demam.

16. Melindungi hati dan kandung empedu


     Lobak sangat bermanfaat untuk fungsi hati dan kandung empedu. Mereka mengatur produksi dan aliran empedu dan bilirubin, asam, dan enzim. 

     Selanjutnya, mereka juga membuang kelebihan bilirubin dari darah dan mengandung enzim seperti myrosinase, diastase, amilase, dan esterase. Konsumsi lobak secara teratur melindungi hati dan kantong empedu dari terjadinya infeksi.

manfaat lobak untuk tubuh
Biji lobak

17. Mengobati sakit akibat gigitan serangga


       Lobak memiliki sifat antipruritis dan dapat digunakan sebagai pengobatan yang efektif untuk gigitan serangga dan sengatan lebah. Jus lobak juga mengurangi rasa sakit dan bengkak dan menenangkan area yang terkena.

18. Mengobati leucoderma


     Sifat detoksifikasi dan anti karsinogenik pada lobak ternyata bisa sangat berguna dalam mengobati leucoderma. Caranya cukup mengonsumsi lobak secara rutin dan berkecukupan.

Efek samping lobak


     Lobak memang memiliki banyak manfaat untuk tubuh, tetapi ada beberapa hal yang perlu menjadi catatan. Lobak memang aman dikonsumsi kebanyakan orang. Namun, jika Anda mengalami ruam atau reaksi alergi, segera hentikan makan. Mengonsumsi lobak dalam jumlah besar dapat mengganggu saluran pencernaan juga. 

manfaat lobak bagi kesehatan jantung
Lobak yang masih muda

     Belum ada laporan tentang masalah yang berhubungan dengan kehamilan dan menyusui, namun berhati - hatilah jika Anda merasa perlu. 

     Selain itu, lobak dapat memperparah kondisi orang yang menderita batu empedu, jadi sebaiknya hindari.


     Memang terdapat banyak manfaat dari lobak, tetapi perlu di ingat untuk mengonsumsinya dalam porsi yang cukup dan tidak berlebihan, agar tidak timbul efek samping. Sekian artikel mengenai 18 Manfaat lobak untuk kesehatan dan jantung serta efek sampingnya. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

A common man with uncommon desired to succeed, forged by adversity. These things we do, so that others may live.

Silahkan berkomentar yang sopan dan beretika, serta relevan terhadap artikel yang telah anda baca. Jika ada kritik dan saran, kirim melalui kontak di halaman hubungi kami. Terima kasih.
EmoticonEmoticon