Monday, February 26, 2018

20 Manfaat buah persik untuk kesehatan dan kulit serta efek sampingnya

kasanah.id - Buah persik merupakan buah yang cukup terkenal di dunia, ditemukan dan dipopulerkan oleh Tiongkok pada 2000 SM, bahkan ada pula yang menyebutkan 6000 SM. Buah Persik memiliki rasa yang cukup lezat, manis dan sedikit rasa asam.  

     Dalam bahasa Inggris, buah persik disebut dengan Peach. Sedangkan dalam bahasa latin, buah ini mempunyai nama yaitu Prunus persica. Sedangkan dalam bahasa Jepang, persik disebut dengan momo. 


kandungan nutrisi buah persik
Kandungan nutrisi buah persik

     Buah persik telah disebarkan ke hampir seluruh dunia, melalui proses perdagangan, tentunya pemroduksi paling banyak tetaplah negara Cina. Di Cina, buah persik dianggap sebagai simbol persahabatan dan kehidupan yang abadi.


Manfaat buah persik untuk kesehatan dan kulit

      
      Buah persik dan bijinya ternyata dijadikan obat dalam pengobatan tradisional China. Tentunya ini tidak mengherankan, karena ada banyak nutrisi di dalamnya. Buah persik mempunyai manfaat dalam mengatasi anemia, menjaga kesehatan jantung dan berbagai manfaat lainnya yang akan dijelaskan dibawah ini.

1. Membantu mencegah kanker


     Salah satu penelitian di Amerika menyatakan bahwa polifenol yang ditemukan pada persik dapat menghambat pertumbuhan sel kanker payudara. Hal yang sama juga terjadi pada kasus sel kanker usus.

     Persik juga mengandung senyawa lain yang disebut asam caffeic, yang menurut studi di Swedia, menawarkan perlindungan terhadap kanker payudara dan usus besar dengan mengurangi pertumbuhan kanker. 

     Dalam penelitian lain, senyawa persik tidak hanya menghambat pertumbuhan sel kanker payudara tetapi juga pertumbuhan sekunder di paru - paru. Dua komponen utama yang bertanggung jawab atas sifat anti kanker ini adalah asam klorogenik dan neoklorogenik. Keduanya membantu membunuh sel kanker tanpa mempengaruhi yang sel yang sehat.

2. Menjaga agar mata tetap sehat


     Persik adalah sumber beta karoten yang baik, senyawa yang diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh. Vitamin A sangat penting untuk kesehatan retina dan kekuranga vitamin A dapat menyebabkan penglihatan mata menjadi melemah. 

     Dengan demikian, mengkonsumsi buah persik adalah cara yang bagus untuk meningkatkan kadar beta karoten anda dan membantu menjaga kesehatan mata. Hal ini juga mencegah degenerasi makula yang terkait dengan penambahan usia.

3. Membantu proses detoksifikasi


     Salah satu manfaat buah persik adalah membantu menghilangkan toksin dari tubuh anda. Kandungan kalium dan serat yang tinggi mengurangi risiko sakit maag, radang dan penyakit terkait ginjal. 

     Persik juga bermanfaat dalam menyembuhkan masalah pencernaan seperti gastritis dan kolitis. Di Cina, teh persik digunakan sebagai obat alami untuk pembersihan dan detoksifikasi ginjal. Buah persik bisa membantu menghilangkan dan menyembuhkan gangguan perut.

manfaat buah persik untuk kulit
Bunga dari pohon persik

4. Pereda stres


     Di Hungaria, persik disebut sebagai "Fruit of Calmness atau buah ketenangan" karena kemampuannya untuk menghilangkan stres dan kecemasan. Ini membantu dalam memulihkan ketenangan pikiran dan bunganya sangat bermanfaat untuk mengobati kegelisahan.


5. Menyehatkan gigi


      Persik ternyata juga mengandung fluoride dan sejumlah kecil kalsium, senyawa yang ada pada tulang dan gigi. Mineral seperti besi dan fluorida mencegah gigi berlubang dan masalah gigi lainnya. Jadi konsumsi buah persik bisa membantu penyembuhan penyakit tulang dan beberapa masalah gigi.

6. Bermanfaat untuk kesehatan kardiovaskular


     Kaya akan zat besi dan vitamin K, persik membantu menjaga kesehatan jantung Anda. Vitamin K mencegah pembekuan darah, sehingga memberikan perlindungan terhadap beberapa penyakit jantung. 

     Likopen dan lutein pada persik juga mengurangi risiko penyakit jantung. Mereka juga mengandung potasium, elektrolit yang mengatur tekanan darah dan menjaga keseimbangan cairan, sehingga mengendalikan detak jantung dan memberi perlindungan terhadap stroke.

rasa buah persik
Pohon buah persik

7. Mencegah hipokalemia


     Kandungan kalium dalam persik membantu dalam proses metabolisme, mengolah karbohidrat, menjaga keseimbangan elektrolit, dan pengaturan jaringan otot. Kurangnya kalium dalam tubuh dapat menyebabkan hipokalemia yang dapat mempengaruhi kekuatan otot dan dapat menyebabkan detak jantung tidak teratur.

8. Baik untuk ibu hamil


     Persik bermanfaat selama kehamilan karena adanya berbagai macam vitamin dan mineral esensial. Vitamin C membantu pertumbuhan sehat tulang, gigi, kulit, otot, dan pembuluh darah bayi. Ini juga membantu dalam penyerapan zat besi, yang sangat krusial selama kehamilan. 

     Folat pada persik membantu mencegah cacat tabung saraf seperti spina bifida. Kalium, dalam persik, membantu mencegah kram otot dan kelelahan umum, yang umum terjadi pada kehamilan. Adanya bantuan serat dalam pencernaan yang sehat dan mengurangi kondisi seperti sembelit.

9. Membantu melancarkan pencernaan


     Persik baik untuk menjaga kesehatan pencernaan agar tetap sehat karena kandungan basa dan seratnya. Serat makanan di persik menyerap air dan membantu mencegah gangguan perut seperti sembelit, wasir, sakit maag, gastritis, dan buang air besar tidak teratur. 

      Hal ini juga membantu dalam membersihkan dan menghilangkan limbah beracun dari usus dan mencegah tubuh berkontraksi berbagai gangguan perut, termasuk kanker perut. Karena sifat pencahar, persik juga membantu mengatasi batu kandung kemih.

10. Mengatasi obesitas


      Persik mengandung komponen bioaktif yang telah menunjukkan efek menguntungkan dalam memerangi gangguan terkait obesitas. 

      Beberapa penelitian telah menyarankan bahwa adanya senyawa fenolik pada buah persik memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-obesitas yang membantu dalam melawan sindrom metabolik yang dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius.

pohon buah persik
Fase perkembangan buah persik

11. Menurunkan kadar kolesterol


     Penelitian telah menunjukkan bahwa senyawa fenolik hadir dalam kulit dan bubur dari buah persik clingstone membantu mempertahankan kadar LDL atau kolesterol jahat yang lebih rendah dan menstimulasi HDL atau kolesterol baik. 

     Ini membantu mengurangi risiko pengembangan penyakit yang berkaitan dengan jantung dan menjaga kesehatan kardiovaskular yang optimal.

12. Menghilangkan sel kulit mati


     Persik mengandung kadar vitamin C yang sangat tinggi yang sangat bagus untuk kulit anda. Caranya cukup sederhana yaitu tinggal menghaluskan buah persik lalu oleskan ke kulit ataupun wajah.

13. Anti penuaan


     Vitamin C dalam buah persik adalah antioksidan kuat yang memperlambat proses penuaan, sehingga mengurangi keriput, garis halus, lingkaran hitam dan noda. Persik sering digunakan sebagai ramuan masker wajah anti penuaan. Ini mengencangkan pori-pori kulit dan meremajakan kulit yang lelah.

14. Dapat bermanfaat sebagai pelembab


     Buah persik adalah pelembab yang baik untuk kulit kering karena adanya vitamin A dan C. Jika memiliki kulit kering, anda bisa mengoleskan campuran pasta persik dan yoghurt untuk beberapa lama dan bilas dengan air hangat. Ini tidak hanya akan melembabkan kulit Anda tapi juga membuatnya lembut dan lentur.

     Menggosok buah persik yang telah dihaluskan di kulit anda akan membuat kulit lebih bersinar. Buah persik juga bisa digunakan dalam perawatan kulit berminyak serta kosmetik. Vitamin A dan C membantu regenerasi jaringan kulit.

nama lain buah persik
Buah persik

15. Melindungi kulit dari sinar UV


      Buah persik yang kaya akan vitamin C, A dan K, beta karoten, potasium, magnesium dan selenium, mampu melindungi kulit anda dari sinar ultraviolet yang berbahaya. 

      Untuk mengatasi sengatan matahari, anda bisa merebus buah ini, tumbuk dengan garpu dan aplikasikan di wajah anda setelah kembali dari luar rumah. Kulit buah juga bisa membersihkan kulit anda secara efektif.

16. Memperbaiki jaringan kulit


     Protein yang terkandung dalam buah persik memfasilitasi perbaikan jaringan jika terjadi luka atau laserasi yang parah. Konsumsi rutin buah ini memperbaiki sistem kekebalan tubuh anda, sehingga mencegah infeksi kulit.

17. Mencegah rambut rontok


     Buah persik yang banyak mengandung nutrisi, vitamin dan antioksidan, bisa membuat rambut anda tetap sehat dan halus. Efek positifnya pada kulit kepala anda termasuk memberi perlindungan terhadap rambut rontok.

18. Pembersih kulit kepala


     Buah ini sering digunakan pada masker rambut untuk mengobati masalah kulit kepala. Kulit kepala yang kotor juga bisa menyebabkan rambut rontok. Mengaplikasikan buah persik dalam bentuk masker rambut bisa membersihkan kulit kepala Anda dan membuat rambut anda menjadi lembut dan berkilau.

manfaat buah persik untuk ibu hamil
Hidangan penutup dengan buah persik

19. Mengobati stasis darah


      Inti dari buah persik dianjurkan dalam mengobati kondisi stasis darah dimana darah menjadi tidak aktif. Stasis darah mungkin timbul sebagai konsekuensi defisiensi darah jangka panjang dan bisa menyebabkan kekeringan. Hal ini bisa terjadi karena persalinan, luka perut atau operasi.

20. Mencegah gangguan otak


     Studi telah membuktikan bahwa ekstrak buah persik memberi efek menguntungkan pada sistem kolinergik sentral. Sistem kolinergik adalah sistem neurotransmiter yang berfungsi sebagai tulang punggung fungsi memori dan pembelajaran.

    Komponen yang hadir dalam persik mencegah sistem kolinergik dari adanya degenerasi dan dengan demikian mencegah berbagai gangguan seperti penyakit Alzheimer.

Efek samping dari mengonsumsi buah persik


      Seperti yang telah dijelaskan di atas, terdapat banyak manfaat dari buah persik. Tentunya manfaat ini didapat jika kita mengonsumsinya secara rutin dan berkecukupan, tetapi jika berlebihan, bisa timbul beberapa efek yang tidak baik yang akan dijelaskan di bawah ini.

manfaat buah persik untuk kecantikan
 Smoothie buah mangga dengan buah persik

1. Menimbulkan reaksi alergi 


    Persik dapat menyebabkan alergi makanan karena adanya alergen tertentu. Produksi dan penyimpanan buah persik kering mungkin melibatkan penggunaan sulfit sebagai pengawet, yang dapat menyebabkan reaksi alergi termasuk gejala asma, urtikaria, penyumbatan bronkial, dan anafilaksis yang memburuk.

2. Biji buah persik bisa berhaya jika salah mengolahnya


     Jika tidak tahu cara pengolahan biji persik yang benar, maka sebaiknya harus dihindari, karena mungkin terdapat efek toksik akibat adanya sianida dalam jumlah sedikit. Selalu disarankan untuk berkonsultasi dengan profesional medis jika ada penggunaan produk obat yang terbuat dari biji persik.

      
       Sesuai dengan berbagai penjelasan diatas, buah persik memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kulit. Tetapi perlu diketahui pula efek samping sebelum mengonsumsi. Sekian artikel ini, semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk membagikannya. Terima kasih.

A common man with uncommon desired to succeed, forged by adversity. These things we do, so that others may live.

Silahkan berkomentar yang sopan dan beretika, serta relevan terhadap artikel yang telah anda baca. Jika ada kritik dan saran, kirim melalui kontak di halaman hubungi kami. Terima kasih.
EmoticonEmoticon