Thursday, February 1, 2018

3 Cara cepat dan sederhana untuk menurunkan berat badan


kasanah.id - Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk bisa menurunkan berat badan, mulai dari cara yang tergolong wajar ataupun tidak wajar seperti dengan diet cacing pita. 

cara sederhana menurunkan berat badan
ilustrasi diet

     Tetapi masih banyak orang yang lupa bahwa untuk menurunkan berat badan ada cara yang tergolong dan sederhana, hal ini juga merupakan cara dasar dalam menurunkan berat badan.


Cara cepat dan sederhana menurunkan berat badan


     Ada banyak cara untuk menurunkan berat badan dengan cepat. Namun, kebanyakan dari mereka akan membuat Anda lapar dan tidak nyaman. Jika Anda tidak memiliki kemauan kuat, maka rasa lapar akan menyebabkan anda gagal dengan cepat.

     Cara yang diuraikan di sini akan :
  1.  Mengurangi nafsu makan anda secara signifikan.
  2.  Membuat berat badan anda turun dengan cepat, tanpa rasa lapar.
  3.  Memperbaiki kesehatan metabolik Anda pada saat bersamaan.

     Berikut adalah 3 langkah sederhana untuk menurunkan berat badan dengan cepat :

1. Kurangi makanan mengandung gula dan karbohidrat


     Jenis makanan ini adalah jenis makanan yang paling banyak merangsang sekresi insulin. Jika anda belum tahu, insulin adalah hormon penyimpan lemak utama di tubuh. 

     Saat kadar insulin turun, lemak akan lebih mudah dikeluarkan dari penyimpanan lemak dan tubuh dapat membakar lemak lebih mudah daripada karbohidrat, efeknya jumlah lemak akan berkurang, tetapi anda akan tetap merasa kenyang.

cara cepat menurunkan berat badan
Salad

     Manfaat lain dari menurunkan kadar insulin adalah merangsang ginjal agar bereaksi, hasilnya kadar sodium dan air yang berlebihan pada tubuh kita. Efeknya berat badan akan berkurang. 

     Jika cara diatas dilakukan dengan benar, bukan tidak mungkin dan menjadi hal biasa, berat badan akan turun hingga 4,5 kg. 


2. Mengonsumsi protein, lemak nabati dan sayuran


     Setiap makanan yang anda konsumsi haruslah makanan yang mengandung sumber protein, sumber lemak sehat dan sayuran rendah karbohidrat. 

cara cepat dan sederhana untuk menurunkan berat badan
Lobster

     Dengan cara ini secara otomatis akan membawa asupan karbohidrat anda ke kisaran yang direkomendasikan yaitu 20-50 gram per hari.

Makanan sumber protein :

  1.  Daging : Daging sapi, ayam, domba,dll. 
  2.  Ikan dan Seafood : Salmon, trout, udang, lobster, dll.
  3.  Telur : Telur ayam kampung.

     Dengan mengonsumsi makanan sumber protein akan meningkatkan metabolisme dan kalori hingga 80 - 100 kalori/hari. 

      Diet protein tinggi juga bisa mengurangi pikiran obsesif tentang makanan hingga sebesar 60%, mengurangi keinginan untuk mengemil terutama saat larut malam hingga setengahnya. Tentu ini akan membantu proses penurunan berat badan.


3. Lakukan angkat beban 3 kali seminggu


     Pilihan terbaik adalah pergi ke gym 3-4 kali seminggu. Lakukan pemanasan, angkat beban, lalu peregangan. Jika belum pernah ke gym sebelumnya/belum berpengalaman, mintalah seorang pelatih untuk mendapatkan beberapa saran.

menurunkan berat badan
Angkat beban

     Dengan mengangkat beban, proses pembakaran beberapa kalori akan berjalan dan sekaligus mencegah metabolisme tubuh melambat, yang merupakan efek samping yang umum menurunkan berat badan.

      Penelitian pada diet rendah karbohidrat menunjukkan bahwa anda bahkan bisa mendapatkan sedikit memperkuat otot saat kehilangan lemak dalam jumlah besar.

      Jika mengangkat beban bukanlah hal yang menyenangkan, maka lakukan beberapa latihan kardio yang lebih mudah seperti berlari, jogging, berenang ataupun berjalan.


      Memang masih banyak cara lainnya yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan, tetapi tidak ada salahnya untuk mencoba cara diatas. Sekian artikel mengenai 3 cara cepat dan sederhana untuk menurunkan berat badan. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini.

A common man with uncommon desired to succeed, forged by adversity. These things we do, so that others may live.

Silahkan berkomentar yang sopan dan beretika, serta relevan terhadap artikel yang telah anda baca. Jika ada kritik dan saran, kirim melalui kontak di halaman hubungi kami. Terima kasih.
EmoticonEmoticon