Wednesday, February 14, 2018

Berjalan dan manfaatnya untuk kesehatan

kasanah.id - Berjalan merupakan kegiatan yang sederhana, bebas, dan salah satu cara termudah untuk lebih aktif, termasuk dalam menurunkan berat badan dan menjadi lebih sehat.

manfaat berjalan untuk kesehatan
ilustrasi

    Berjalan cepat dapat membantu membangun stamina, membakar kelebihan kalori dan membuat jantung lebih sehat. anda tidak harus berjalan berjam-jam. Jalan cepat 10 menit setiap hari memiliki banyak manfaat kesehatan dan penting untuk latihan mingguan yang direkomendasikan selama 150 menit.


Manfaat berjalan untuk kesehatan


      Berjalan selain untuk membuat tubuh tetap aktif, ternyata juga mampu membawa efek lain untuk tubuh. Dengan rutin berjalan, akan ada banyak manfaat untuk kesehatan. Berikut berbagai manfaat dari berjalan.

1. Memperkuat jantung dan mencegah penyakit kardiovaskular


     Berjalan minimal 30 menit sehari mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke hingga 27%. Latihan ini sangat ideal untuk mengendalikan tekanan darah tinggi, meningkatkan sirkulasi, mengurangi kolesterol jahat (LDL), dan membantu meningkatkan kolesterol baik (HDL). Dengan meningkatkan detak jantung, berjalan setiap hari bisa meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan.

2. Mengurangi resiko penyakit tertentu

    

      Banyak penelitian mengungkapkan bahwa orang yang berjalan setidaknya 30 menit sehari cenderung mengalami penurunan resiko terkena diabetes tipe II, asma, dan beberapa jenis kanker. Orang dengan rutinitas olahraga harian juga cenderung mempunyai resiko yang rendah dalam terkena kanker usus besar, payudara, dan rahim.

Baca juga : Kurang tidur dan hubungannya dengan kesehatan tubuh

3. Membantu mempertahankan berat badan ideal


      Berjalan setiap hari dengan kecepatan yang baik membantu mempercepat metabolisme dan pada gilirannya membantu tubuh membakar lemak. Semakin cepat kecepatan anda dalam berjalan, semakin banyak kalori yang akan dibakar. Berjalan adalah salah satu latihan terbaik untuk menjaga berat badan yang sehat sekaligus meningkatkan massa otot.

4. Mencegah osteoporosis


      Dengan berjalan kaki setiap hari, kita merangsang dan memperkuat tulang untuk meningkatkan kepadatan tulang. Bentuk olahraga yang sehat ini terutama direkomendasikan untuk wanita, ini sekaligus mempromosikan kesehatan sendi untuk membantu mencegah masalah seperti arthritis.

berjalan membentuk tubuh
membantu membentuk tubuh

5. Membantu membentuk kaki, pantat, dan perut


      Berjalan setiap hari selama 30 menit dengan postur tubuh yang baik membantu menguatkan kaki, mengencangkan dan mengencangkan otot.  Berjalan juga membantu membakar lemak perut dan mengencangkan perut.

6. Mencegah demensia


     Penelitian telah menunjukkan bahwa 1 dari 14 orang berusia di atas 65 tahun, dan 1 dari 6 orang di atas umur 80 tahun, cenderung menderita demensia. 

      Dengan berjalan cepat selama 30 menit sehari, anda bisa mencegah kehilangan jaringan otak dan melestarikan ingatan anda seiring berjalannya waktu. Aktivitas fisik merangsang dan melindungi jaringan otak, mengurangi risiko demensia hingga 40%.

7. Meningkatkan tingkat energi


     Saat kita berjalan, seluruh tubuh bergerak, yang meningkatkan sirkulasi dan suplai oksigen ke setiap sel di tubuh kita. Karena itu, kebiasaan sehat ini bisa membuat kita lebih aktif dan melawan merosotnya energi yang terkadang kita rasakan di tengah hari atau setelah makan.

berjalan bermanfaat dalam melawan depresi
berjalan mampu membantu dalam melawan depresi

8. Melawan depresi


     Studi telah menunjukkan bahwa berjalan adalah terapi yang baik untuk depresi, dan menghilangkan gejala terkait depresi. Berjalan selama 30 menit sehari adalah cara yang baik untuk mendapatkan beberapa ruang pribadi dari sebuah krisis, dan juga untuk menghindari depresi sejak awal.

9. Mencegah obesitas dan mengurangi tampilan selulit


     Berjalan kaki selama 30 menit membantu menghilangkan racun dan lemak berlebih, sehingga terhindar dari obesitas. Selain mempromosikan pembakaran lemak, berjalan kaki membantu melawan retensi cairan dan merangsang sirkulasi, membantu mencegah pembentukan selulit.

10. Meningkatkan aktivitas seksual


    Seperti kita ketahui, olahraga dan aktivitas seksual sangat erat kaitannya. Sebuah studi baru-baru ini di kalangan wanita berusia 45 sampai 55 tahun menemukan bahwa berjalan setiap hari meningkatkan baik keinginan dan kepuasan seksual.

Persiapan sebelum memulai


      Pilihlah sepatu atau alas kaki nyaman, jika menurut anda berjalan dengan kaki telanjang sudah cukup nyaman juga tidak masalah. Yang terpenting kaki anda merasa cukup nyaman dan tidak lecet.

      Jika Anda berjalan untuk bekerja, anda bisa mengenakan pakaian kerja biasa anda dengan sepasang sepatu yang nyaman dan mengganti sepatu saat anda mulai bekerja.

     Untuk perjalanan panjang dan berkilo-kilometer, anda mungkin ingin menyiapkan botol minuman. Jika mulai secara sering berjalan dengan jarak yang lebih jauh dan waktu yangl ebih lama, anda mungkin bisa menyiapkanjaket tahan air dan beberapa sepatu khusus untuk berjalan sehingga bisa menempuh rute yang lebih menantang.

Bagaimana saya tahu jika saya berjalan cukup cepat ?


      Jalan cepat biasanya mempunyai kecepatan sekitar 5 km/jam, yang lebih cepat daripada berjalan-jalan biasa. Salah satu cara untuk mengetahui apakah anda berjalan cepat adalah jika anda masih bisa berbicara tetapi sulit untuk mengucapkan lirik lagu dengan baik.

     Anda juga bisa mencoba menggunakan beberapa aplikasi pelacak kecepetan yang tersedia di playstore. Ini memberitahu saat anda berjalan cukup cepat dan menyarankan cara untuk menyesuaikan diri.

Bagaimana supaya tetap termotivasi ?


Jadikan kebiasaan


     Cara yang paling mudah untuk bisa berjalan lebih jauh setiap harinya adalah dengan menjadikannya sebagai suatu kebiasaan. Pikirkan cara untuk memasukkan berjalan dalam rutinitas harian anda. Contohnya meliputi:

  1.   Berjalanlah untuk menuju tempat kerja
  2.   Untuk menuju toko bisa dengan berjalan
  3.   Gunakanlah tangga daripada lift
  4.   Lakukan kegiatan berjalan bersama dengan teman
  5.   Ajak keluarga untuk lebih aktif dan ikut serta

     Ada beberapa aplikasi yang bisa mendukung kegiatan berjalan rutin anda,biasanya pada aplikasi ini termasuk opsi rute, jumlah kalori dan jumlah langkah. 

berjalan untuk kesehatan
dengarkan musik

Dengarkan musik

 

     Berjalan sambil mendengarkan musik atau podcast bisa mengalihkan pikiran dan membuat anda tetap rileks. Musik juga bisa membuat jalan anda lebih berirama dan membantu berjalan lebih cepat. Anda akan terkejut melihat seberapa cepat waktunya ketika anda berjalan sambil memutar lagu favorit anda.


Baca juga : 6 Latihan sederhana yang bisa menambah tinggi badan


Buat variasi


     Biar anda tidak merasa bosan, cobalah untuk menganti rute yang anda lewati, tidak harus melewati pedesaan, cukup di taman kota saja jika memang dekat dengan taman kota. Bisa juga ditempat lainnya seperti hutan kota, jalur tepi sungai, jalur setapak dan lainnya.

berjalan dan kesehatan
berjalan di tempat baru

Bergabung dengan komunitas


     Dengan mengikuti komunitas yang mempunyai hobi yang sama, tentunya anda akan lebih termotivasi dan anda bisa bertemu dengan orang - orang baru.


      Berjalan secara rutin tentu akan membawa banyak manfaat bagi tubuh. Sekian artikel mengenai Berjalan dan manfaatnya untuk kesehatan. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk membagikannya.

A common man with uncommon desired to succeed, forged by adversity. These things we do, so that others may live.

Silahkan berkomentar yang sopan dan beretika, serta relevan terhadap artikel yang telah anda baca. Jika ada kritik dan saran, kirim melalui kontak di halaman hubungi kami. Terima kasih.
EmoticonEmoticon