Monday, February 12, 2018

Kurang tidur dan hubungannya dengan kesehatan tubuh

kasanah.id - Satu dari tiga orang menderita kurang tidur, yang diakibatkan oleh stres, terlalu banyak menatap komputer dan pekerjaan yang terlalu menumpuk. 

efek kurang tidur bagi tubuh
ilustrasi sulit tidur

     Namun, efeknya tidak hanya menganggu mood dan fokus kamu, tapi lebih dari itu. Kurang tidur, terutama jika secara rutin dan terus menerus akan berisiko mengalami kondisi medis yang serius, termasuk obesitas, penyakit jantung dan diabetes, hal ini juga memperpendek usia harapan hidup. 

     Sekarang sudah jelas bahwa tidur malam yang nyenyak dan berkecukupan akan sangat penting untuk kehidupan dan kesehatan kamu.


Berapa banyak waktu tidur yang kita butuhkan?


     Banyak efek buruk dari kurang tidur, seperti merasa pemarah dan produktifitas yang menurun. Tapi tahukah kamu bahwa kekurangan tidur juga bisa memiliki konsekuensi mendalam pada kesehatan fisik?.

     Sebagian besar dari kita membutuhkan waktu tidur sekitar 8 jam, tentunya yang dibutuhkan adalah tidur yang berkualitas. Namun bagi beberapa orang, 8 jam merupakan waktu yang terlalu lama, ada pula yang membutuhkan waktu tidur lebih dari 8 jam. Lamanya waktu tidur, tergantung dari kondisi fisik dan kebutuhan dari masing - masing individu.

     Bagaimana caranya kita tahu bahwa kita mendapatkan waktu tidur yang cukup?. Indikatornya cukup sederhana, jika kita bangun tidur dan masih merasa lelah ataupun tidak segar, maka kemungkinan besar waktu tidur anda kurang.

     Memenuhi waktu tidur atau memberikan tubuh waktu istirahat yang cukup akan menjadi dasar dalam menjaga kesehatan tubuh anda, oleh karena inilah, lama waktu tidur menjadi hal yang tidak boleh dianggap remeh.

Apa yang terjadi kalo kamu kurang tidur atau bahkan tidak tidur ?


     Seseorang yang kurang tidur atau tidak tidur biasanya akan mengalami kelelahan, mudah marah dan kurang fokus.  Jika anda melewatkan sehari tanpa tidur maka anda akan merasa lelah dan mudah tersinggung keesokan harinya, tapi itu tidak akan membahayakan kesehatan Anda.

efek samping kurang tidur
ilustrasi depresi

     Kondisi yang berbahaya akan terjadi setelah beberapa malam tanpa tidur, efeknya pada mental menjadi lebih serius. Pikiran menjadi semrawut, sehingga sulit berkonsentrasi dan membuat keputusan. 

     Tubuh akan mulai drop dan mungkin tertidur di siang hari. Resiko cedera dan kecelakaan baik di rumah, di tempat kerja dan di jalan juga meningkat.

     Jika terus berlanjut, kurang tidur dapat mempengaruhi kesehatan secara keseluruhan dan membuat tubuh rentan terhadap kondisi medis serius, seperti obesitas, penyakit jantung, tekanan darah tinggi dan diabetes.

Manfaat tidur yang cukup untuk kesehatan


      Sebelumnya kita telah membahas berbagai efek buruk yang didapat oleh tubuh jika kurang tidur atau bahkan tidak tidur, berikut adalah beberapa manfaat tidur yang cukup untuk kesehatan.

1. Tidur akan meningkatkan kekebalan tubuh


     Jika kamu sering tertular batuk dan flu, waktu tidur anda bisa jadi kurang. Kekurangan waktu tidur dalam jangka lama bisa mengganggu sistem kekebalan tubuh, efeknya tubuh akan lebih rentan terkena penyakit akibat sistem imun yang melemah.

2. Tidur bisa membuat tubuh lebih ramping


     Kurang tidur bisa membuat berat badan bertambah.  Studi telah menunjukkan bahwa orang yang tidur kurang dari tujuh jam sehari cenderung mengalami kenaikan berat badan dan memiliki resiko lebih tinggi terkena obesitas dibandingkan mereka yang tidur tujuh jam.

     Hal ini diyakini karena orang yang kekurangan tidur telah mengurangi kadar leptin (zat kimia yang membuat Anda merasa kenyang) dan peningkatan kadar ghrelin (hormon perangsang kelaparan).

3. Tidur meningkatkan kesehatan mental


     Mengingat bahwa satu malam tanpa tidur bisa membuat anda mudah tersinggung dan moody keesokan harinya, tidak mengherankan bahwa kurang tidur dalam waktu lama  dapat menyebabkan gangguan mood jangka panjang seperti depresi dan kecemasan.

     Ketika orang-orang dengan kecemasan atau depresi disurvei untuk menghitung kebiasaan tidur mereka, ternyata kebanyakan tidur kurang dari enam jam semalam. Oleh karena itu, tidur yang cukup akan meningkatkan kesehatan mental dan membuat tubuh tetap fit dan mampu berpikir dengan baik.

kurang tidur dapat menyebabkan diabetes
cegah diabetes

4. Tidur mencegah diabetes


     Penelitian telah menyarankan bahwa orang yang biasanya tidur kurang dari lima jam semalam memiliki peningkatan risiko mengalami atau mengembangkan diabetes.

     Kehilangan waktu tidur yang berkualitas dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan diabetes tipe 2, karena akan mengubah cara tubuh memproses glukosa, sehingga bisa timbul diabetes.

5. Meningkatkan kemampuan bereproduksi


     Kesulitan untuk mempunyai keturunan telah diklaim sebagai salah satu efek kurang tidur, baik pria maupun wanita. Ternyata, gangguan tidur bisa menimbulkan masalah dengan karena akan mengurangi sekresi hormon reproduksi. 

     Oleh karena itu, penting untuk menjaga agar waktu tidur terpenuhi agar kemampuan reproduksi tetap terjaga dan bahkan meningkat.

Cara membayar hutang waktu tidur ?


     Sering kali yang terjadi dan salah kaprah adalah ketika kurang tidur, maka hari berikutnya berarti tidur dengan durasi yang sangat panjang bahkan melewati waktu tidur normal. Cara ini ternyata kurang efektif. Terutama jika hal ini telah berlangsung lama dan rutin.

hubungan kurang tidur dengan kesehatan
ilustrasi tidur

      Yang perlu dilakukan adalah memenuhi waktu tidur normal setiap harinya dan bisa menambahkan satu atau dua jam setiap akhir pekan. Lakukan hal tersebut hingga menjadi suatu rutinitas, maka tubuh secara alami bisa pulih dan membayar hutang waktu tidur.

      Untuk tahu bahwa waktu tidur sudah tercukupi adalah dengan membiarkan tubuh bisa bangun dengan sendirinya tanpa perlu menyalakan alarm ataupun pengingat lainnya untuk bisa bangun. Jika waktu yang di inginkan belum tercapai, sebaiknya tidur lebih awal dari biasanya.


     Dari penjelasan diatas, kita bisa tahu bahwa kurang tidur memiliki manfaat yang buruk untuk kesehatan tubuh. Oleh karena itu, penting untuk menjaga agar kebutuhan tidur untuk tubuh bisa tercukupi.

    Sekian artikel mengenai Kurang tidur dan hubungannya dengan kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini. Terima kasih. 

A common man with uncommon desired to succeed, forged by adversity. These things we do, so that others may live.

Silahkan berkomentar yang sopan dan beretika, serta relevan terhadap artikel yang telah anda baca. Jika ada kritik dan saran, kirim melalui kontak di halaman hubungi kami. Terima kasih.
EmoticonEmoticon