Monday, February 12, 2018

Ternyata beginilah 10 manfaat jeruk nipis untuk kesehatan

kasanah.id - Jeruk nipis atau yang dalam bahasa inggris disebut dengan lime, merupakan salah satu jenis buah yang cukup digemari oleh masyarakat Indonesia. Jeruk nipis mempunyai nama latin Citrus aurantifolia. 

       Buah yang satu ini berasal dari wilayah Asia Tenggara dan disebarkan ke Mesir dan Afrika Utara oleh para pedagang dari Arab pada abad ke-10. Baru pada 3 abad kemudian, orang - orang arab membawa jeruk nipis ke daratan Eropa.


manfaat jeruk nipis untuk kesehatan
Jeruk nipis yang telah dipanen

      Jeruk nipis memiliki rasa yang unik, hal inilah yang menjadikan buah ini sering dikonsumsi oleh banyak orang di berbagai negara. Buah ini juga digunakan untuk kuliner dan non kuliner. Selain itu, jeruk nipis juga digunakan untuk bahan kosmetik dan produk kesehatan.


Manfaat jeruk nipis untuk kesehatan


     Jeruk nipis telah dikenal dengan berbagai manfaatnya dan telah dijadikan obat tradisional selama berabad - abad. Buah ini banyak mengandung air dan vitamin C. Jeruk nipis juga mengandung serat dan mineral penting untuk tubuh.


Kandungan nutrisi jeruk nipis

1. Jeruk nipis berkhasiat menurunkan berat badan


     Segelas air hangat dengan jus jeruk nipis merupakan ramuan yang sangat bagus dalam menurunkan berat, sekaligus menyegarkan badan dan memberi asupan antioksidan untuk tubuh.

     Asam sitrat yang ada dalam jeruk nipis merupakan pembakar lemak yang sangat baik. Kamu bisa mengonsumsi dua gelas air hangat dengan air jeruk nipis secaran rutin setiap hari dan melihat hasil yang luar biasa dalam seminggu.

2. Efek relaksasi


     Meminum jeruk nipis terutama yang hangat akan menimbulkan efek relaksasi pada tubuh dan menyegarkan badan. Minumlah jeruk nipis hangat sebelum tidur, efeknya bisa membuat badan terasa lebih rileks dan bisa tidur nyenyak. Setelah bangun, badanpun menjadi segar.


Bentuk daun dari pohon jeruk nipis

3. Melancarkan pencernaan


     Jeruk nipis mampu memicu mulut untuk memproduksi air liur yang akan berperan dalam menghancurkan makanan. Gabungan antara kandungan asam dan flavonoid yang terdapat buah jeruk nipis akan merangsang sistem pencernaan dan meningkatkan sekresi cairan pencernaan. Ini membuat jeruk nipis dapat memperlancar pencernaan.

4. Jeruk nipis untuk merawat kulit  

    

     Jeruk nipis dapat berperan dalam meremajakan kulit dan melindunginya dari infeksi. Ini juga sekaligus membantu mengurangi bau badan karena adanya kadar vitamin C dan flavonoid yang tinggi di dalamnya. 

      Baik air jeruk nipis dan minyak esensial dari jeruk nipis mengandung antioksidan tinggi dan memiliki sifat antibiotik dan disinfektan. Bila dioleskan secara eksternal ke kulit, asamnya dapat mengeluarkan sel-sel mati dan menyembuhkan ruam, dan memar. 


Manfaat jeruk nipis
Minuman dengan jeruk nipis

5. Mengatasi demam


     Jika seseorang menderita demam, jus jeruk nipis atau jeruk nipis hangat bisa berguna dakam mengatasi demam. Ini semua berkat kandungan konsentrasi tinggi vitamin C di dalamnya yang secara alami dapat menurunkan suhu tubuh.

6. Mengobati asam urat


      Manfaat lain dari jeruk nipis untuk kesehatan adalah mampu mengobati asam urat. Tahukah kamu ? bahwa penyebab utama asam urat ada 2 yaitu akumulasi radikal bebas di dalam tubuh dan yang kedua yaitu akumulasi racun di dalam tubuh, dimana keduanya dapat membentuk asam urat.

     Ternyata jeruk nipis dapat membantu mencegah kedua penyebab ini. Buah ini adalah sumber antioksidan dan detoksifikasi yang luar biasa (vitamin C dan flavonoid) dan dapat mengurangi jumlah radikal bebas serta mendetoksifikasi tubuh.

7. Mencegah pendarahan pada gusi


      Akar dari penyebab masalah yang terjadi gusi adalah kekurangan vitamin C ( suatu kondisi yang disebut dengan dengan scurvy dan membuat pendarahan serta bengkak pada gusi ). Hal ini juga terkadang memicu pertumbuhan mikroba.

     Nah untuk mengatasi hal ini, caranya cukup sederhana. Cukup dengan meminum jus jeruk nipis ataupun jeruk nipis hangat secara rutin, maka vitamin C didalamnya bisa mengatasi scurvy. 

     Selain itu flavonoid didalamnya bisa menghambat pertumbuhan mikroba. Pada jeruk nipis juga terdapat kandungan kalium dapat menyembuhkan luka dan bengkak pada gusi.


Bunga dari pohon jeruk nipis
Bunga dari pohon jeruk nipis

8. Menggobati gangguan urin


     Kandungan potasium yang tinggi dalam jeruk nipis sangat efektif dalam menghilangkan zat beracun dan endapan yang tersimpan di ginjal dan kandung kemih. 

     Sifat desinfektan pada jeruk nipis juga membantu penyembuhan infeksi pada sistem saluran kemih. serta membersihkan penyumbatan urin akibat penumpukan kalsium di saluran kemih.

9. Mengobati gangguan pernapasan


     Minyak yang diekstraksi dari jeruk nipis kaya akan kandungan flavonoid dan banyak digunakan dalam obat anti-kongestif seperti balsem, vaporizers, dan inhaler karena adanya kaempferol. 

     Hanya dengan memeras kulit jeruk nipis dan menghirupnya akan segera membantu melancarkan napas sesak kamu dan membantu mengatasi mual.

10. Ramah untuk penderita diabetes


     Menurut American Diabetes Association, jeruk nipis dan buah sitrus lainnya dianggap sebagai makanan pengganti diabetes karena sejumlah alasan.

     Terutama, serat larut dalam kadar tinggi yang ditemukan di jeruk nipis membuatnya menjadi makanan yang ideal untuk membantu mengatur penyerapan gula dalam tubuh ke dalam aliran darah, mengurangi terjadinya lonjakan gula darah yang merupakan risiko serius bagi pasien diabetes. 

     Selain itu, jeruk nipis dan buah jeruk lainnya memiliki indeks glikemik rendah, yang berarti tidak menyebabkan lonjakan kadar glukosa secara tidak terduga.

Efek samping jeruk nipis


     Buah jeruk nipis memang memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan, tetapi ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum mengonsumsi buah ini. Ingat pula untuk tidak mengonsumsi secara berlebihan.


efek samping jeruk nipis
Pohon nipis jeruk

     Kita tahu jus jeruk nipis memiliki kadar asam sitrat yang tinggi. Hal ini dapat menyebabkan pembusukan enamel gigi. Kandungan asam yang tinggi dalam jus jeruk nipis bisa melarutkan enamel. Saat peluruhan ini berlanjut ke dentin, akan menyebabkan rasa sakit dan gigi menjadi lebih sensitif.

     Konsentrasi asam yang tinggi pada buah jeruk nipis ternyata juga dapat menyebabkan iritasi pada lapisan lambung jika dikonsumsi secara berlebihan. 

     
     Jeruk nipis yang telah sejak lama digunakan sebagai obat tradisional tercatat memiliki banyak manfaat untuk tubuh, tapi perlu diperhatikan pula jumlah konsumsi. Konsumsilah secara wajar dan tidak berlebihan.

      Sekian artikel mengenai Ternyata beginilah 10 manfaat jeruk nipis untuk kesehatan. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini. Terima kasih.

A common man with uncommon desired to succeed, forged by adversity. These things we do, so that others may live.

Silahkan berkomentar yang sopan dan beretika, serta relevan terhadap artikel yang telah anda baca. Jika ada kritik dan saran, kirim melalui kontak di halaman hubungi kami. Terima kasih.
EmoticonEmoticon