Thursday, March 1, 2018

8 Cara untuk menghentikan mendengkur

kasanah.id - Mendengkur adalah suatu kondisi dimana terjadi getaran pada struktur pernafasan dan suara yang timbul merupakan hasil karena terganggunya aliran udara saat tidur. 

cara untuk bisa menghentikan dengkuran
ilustrasi mendengkur (flickr : Joshua hayworth)

      Dalam beberapa kasus, suaranya mungkin pelan, namun dalam banyak kasus, bisa sangat keras dan menganggu. Mendengkur saat tidur bisa jadi pertanda, atau alarm pertama akan adanya gangguan tidur.


8 Cara untuk menghentikan mendengkur


      Ada beberapa cara untuk bisa menghentikan mendengkur, mulai dari mengunakan alat khusus, meminum obat ataupun menggunakan cara - cara alami dan sederhana seperti yang akan dijelaskan dibawah ini.

1. Gantilah posisi tidur anda


     Setelah kita tahu sebelumnya bahwa mendengkur adalah kondisi yang diakibatkan terganggunya aliran udara, maka dengan menganti posisi tidur, hal ini bisa diatasi.

     Saat tidur telentang, lidah, dagu dan jaringan lemak berlebih di bawah dagu bisa menjadi lebih rileks dan melancarkan aliran udara yang masuk ke tubuh. Tentunya ini akan mengatasi gangguan yang terjadi dan mencegah anda dari mendengkur.

cara agar tidak mendengkur
perhatikan berat badan

2. Perhatikan berat badan


     Jika berat badan bertambah dan anda mulai mendengkur, padahal sebelumnya hal itu tidak terjadi, mungkin anda harus mulai berpikir untuk mengurangi berat badan. 

     Kelebihan berat badan dengan hanya beberapa kilo saja bisa menyebabkan mendengkur. Jaringan lemak di sekitar leher akan menghalangi aliran udara dan mencegah udara mengalir masuk dan keluar dengan bebas.

3. Hindari alkohol


     Alkohol dan obat penenang mengurangi ketegangan otot di belakang tenggorokan dan membuatnya lebih rileks daripada kondisi normal. Ternyata hal inipun bisa memicu anda untuk mendengkur. Jadi, baiknya kurangi konsumsi alkohol sebelum tidur.

4. Lakukan kebiasaan tidur yang baik


     Kebiasaan tidur yang buruk dapat memiliki efek yang sama dengan minum alkohol. Bekerja berjam-jam akan membuat tubuh merasa terlalu lelah.  

      Efeknya anda akan tertidur sangat dalam dan kekuatan otot tenggorokan akan berkurang, hal ini akan membuat anda mendengkur.

beberapa cara untuk bisa menghentikan mendengkur
Berhenti merokok

5. Berhenti atau kurangi merokok


     Asap rokok mengiritasi lapisan hidung dan tenggorokan anda, menyebabkan pembengkakan atau kondisi yang tidak normal pada tenggorokan. Ini berarti aliran udara berkurang dan anda cenderung mendengkur.

6. Ganti bantal


     Tungau debu menumpuk di bantal dan bisa menyebabkan reaksi alergi yang bisa menyebabkan mendengkur. Membiarkan hewan peliharaan tidur di tempat tidur menyebabkan anda bernapas dengan bulu binatang yang dapat mengiritasi saluran pernafasan.

     Bersihkan dan keringkan bantal anda setiap beberapa minggu sekali dan gantilah setiap enam bulan untuk mencegah tungau debu dan alergen seminimal mungkin. Jauhkan pula hewan peliharaan dari kamar tidur.

cara gampang untuk menghentikan mendengkur
Minum air putih

7. Minum air sebelum tidur


     Pastikan tubuh tidak mengalami dehidrasi sebelum tidur dengan minum berapa gelas air putih sebelum tidur. Ini akan menjaga kondisi langit - langit tenggorokan tetap agar tetap normal dan mencegah anda untuk mendengkur.


Baca juga : 5 Langkah sederhana dan mudah untuk menghilangkan pestisida dari buah dan sayuran


8. Pertimbangkan untuk menggunakan humidifier / pelembab ruangan


     Udara kering dapat menyebabkan masalah mendengkur, karena udara kering mengeringkan tenggorokan dan selaput hidung, menyebabkan kemacetan di saluran pernafasan. 

     Kemacetan ini bisa membatasi pola pernapasan alami dan menyebabkan jaringan di dalamnya bergetar. Pelembab dapat membantu dengan cara menghilangkan udara kering dan menciptakan lebih banyak kenyamanan bagi tubuh, yang pada akhirnya memungkinkan pernapasan alami. Anda bahkan dapat menambahkan minyak esensial ke humidifier.


      Memang ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghentikan kebiasaan mendengkur mulai dari berbayar sampai yang murah dan praktis. Cara - cara diatas adalah cara yang sederhana dan tergolong murah. 

     Jika memang masih tidak mempan, cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter ataupun ahli yang mengerti tentang hal ini, bisa jadi penyebabnya adalah adanya kondisi gangguan medis pada tubuh.

      Sekian artikel mengenai 8 Cara  untuk menghentikan mendengkur, semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini. Terima kasih.

A common man with uncommon desired to succeed, forged by adversity. These things we do, so that others may live.

Silahkan berkomentar yang sopan dan beretika, serta relevan terhadap artikel yang telah anda baca. Jika ada kritik dan saran, kirim melalui kontak di halaman hubungi kami. Terima kasih.
EmoticonEmoticon