Thursday, March 15, 2018

Berbagai manfaat buah dan daun sirsak untuk kesehatan serta efek sampingnya

kasanah.id - Buah sirsak yang mempunyai rasa manis dan agak asam, telah lama dikenal oleh masyarakat Indonesia. Sirsak pada mulanya ditemukan di Kepulauan Karibia, di beberapa bagian Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Setelah itu, buah ini disebarkan ke negara - negara Kepulauan Pasifik, Florida dan Asia Tenggara, dimana Indonesia termasuk di dalamnya.


Berbagai manfaat buah dan daun sirsak
Buah sirsak


     Selain disebut sirsak, di Indonesia buah ini juga mempunyai nama yaitu nangka belanda atau durian belanda. Sedangkan nama latinnya adalah Anona Muricata L . Dalam bahasa Inggris, buah ini dikenal dengan nama soursop, mungkin karenanya rasanya yang asam ( sour jika diterjemahkan menjadi asam ). 


Berbagai manfaat buah dan daun sirsak untuk kesehatan

  
      Sirsak tercatat mempunyai beberapa kandungan nutrisi penting seperti vitamin B6 dan vitamin C, selain itu sirkas juga mengandung mineral yang mempunyai peran vital seperti zat besi, kalsium, magnesium. Buah sirsak mempunyai berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh mulai dari mencegah kanker, mengatasi insomnia, meningkatkan sistem imun dan lain - lainnya yang akan dijelaskan disini.


manfaat buah sirsak untuk kesehatan
Kandungan nutrisi buah sirsak


1. Meningkatkan sistem imun


     Seperti telah disebutkan sebelumnya bahwa pada buah sirsak terdapat kandungan vitamin C, bahkan 1 buah sirsak saja sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin C kamu selama satu hari. 

     Gabungan antara vitamin C dan beberapa antioksidan  di dalam buah sirsak akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mampu membantu menangkal berbagai radikal bebas.

2. Mengatasi insomnia


     Sudah sejak berabad - abad yang lalu teh dari sirsak telah digunakan untuk mengatasi stres dan insomnia. Ada beberapa sifat anti-inflamasi dan menenangkan di dalam sirsak yang membuatnya sangat efektif jika dalam mengatasi stres dan kecemasan yang berlebihan. 

     Hormon stres dalam tubuh bisa merugikan dan bisa merusak siklus metabolisme alami, serta jadwal tidur kamu. Jika kamu menderita insomnia atau rasa gelisah secara berlebihan, teh sirsak merupakan pilihan bijak dalam mengatasi insomnia.

3. Membantu merawat kulit


     Saat makan sirsak biasanya kita akan membuang bijinya, nah mulai sekarang jangan. Ternyata biji sirsak dapat dibuat menjadi pasta dengan cara ditumbuk. Pasta ini bisa dijadikan masker yang dapat membantu kamu dalam mengurangi garis dan keriput, Serta memperbaiki tampilan bintik-bintik penuaan dan noda. 

4. Membantu mengatasi demam


     Buah sirsak secara tradisional telah digunakan sebagai obat untuk mengatasi demam. Di Afrika, rebusan daun sirsak telah digunakan untuk mengendalikan gejala demam dan kejang - kejang. 

     Caranya cukup sederhana, rebus beberapa helai daun sirsak dengan segelas air selama 10 menit, lalu minum hasil rebusan tersebut.


manfaat sirsak untuk tubuh
Bunga dari pohon sirsak

5. Mencegah kanker


      Pada sirsak ternyata terdapat 3 senyawa penting yaitu acetogenins, quinolones dan alkaloid. Ketiga senyawa ini erat kaitannya dalam mencegah kanker dan mengurangi ukuran tumor. Penelitian ekstensif telah dilakukan pada senyawa organik yang unik dari sirsak ini dan telah banyak dipelajari sebagai pengobatan kanker alternatif. 

      Acetogenin ini tampaknya dapat memotong aliran darah ke pertumbuhan sel asing atau tidak normal, dan telah dikaitkan secara positif dengan penanganan kanker payudara, pankreas, prostat, dan paru-paru.

6. Mengatasi sakit punggung


     Nyeri punggung bisa disebabkan karena berbagai sebab mulai dari salah posisi tidur, terlalu banyak duduk, olahraga terlalu berat dan lainnya. Menggunakan obat kimia untuk sakit punggung bisa menimbulkan efek samping. 

     Daun sirsak adalah obat herbal yang efektif untuk mengobati sakit punggung tanpa efek negatif. Kamu bisa merebus 20 buah daun sirsak dalam 5 gelas air sampai hanya 3 gelas air yang tersisa. Minum ¾ cangkir ramuan ini sekali dalam sehari untuk menghilangkannya.

7. Mengobati eksim dan rematik


     Penyakit rematik umumnya dialami pada orang lanjut usia, serta menyebabkan rasa sakit yang hebat. Daun sirsak adalah pengobatan alami untuk nyeri artritis. Untuk tujuan ini, tumbuk daun sirsak sampai menjadi halus dan oleskan pada area tubuh yang terkena rasa sakit akibat artritis dan eksim, secara teratur dua kali sehari.

8. Mengobati asam urat


     Salah satu manfaat dari menggunakan daun sirsak adalah mengobati asam urat. Untuk tujuan ini, ambil 6 sampai 10 daun sirsak yang sudah tua tapi tetap hijau, lalu bersihkan. Rebus daunnya dalam 2 gelas air dan biarkan mendidih sampai satu cangkir air tetap ada. Ramuan ini harus diminum dua kali sehari yaitu pagi dan sore hari untuk manfaat maksimal.

9. Meningkatkan kesehatan rambut dan kulit


     Sesuai laporan yang dipublikasikan di Perpustakaan Nasional AS, ekstrak daun sirsak dapat membantu mencegah papiloma kulit, penyakit yang menyebabkan letusan tumor jinak atau kutil pada kulit.

     Sumber tertentu juga menyarankan pasta sirsak bisa memberi keajaiban bagi rambut dengan mengobati ketombe dan gatal, dan menguatkan rambut juga. 

manfaat buah sirsak untuk kesehatan tubuh
 Daun dan buah sirsak

10. Membantu mengatasi diabetes


     Orang - orang di Amerika Selatan telah menggunakan sirsak sebagai obat tradisional untuk beberapa penyakit. Hasilnya mengatakan bahwa daun sirsak juga bisa digunakan untuk mencegah diabetes dan merupakan pengobatan alami untuk membantu tubuh mengendalikan gula darah. 

     Buah sirsak juga mengandung acetogenin, yang bisa mengurangi kadar gula darah tinggi dan tetap di tingkat normal. Tetapi manfaat ini hanya bekerja untuk diabetes tipe dua dalam mengendalikan insulin.

11. Membantu mengobati abses


     Abses atau penumpukan nanah terjadi karena adanya bakteri yang menginfeksi kulit. Ternyata daun sirsak juga bisa digunakan untuk menyembuhkan abses. Caranya cukup sederhana yaitu dengan menumbuk lima daun sirsak, lalu oleskan ke abses. Tunggu sampai kering.

12. Mengatasi hipertensi


    Gabungan antara rendahnya kandungan sodium dan kandungan fosfor yang tinggi pada daun sirsak adalah kombinasi yang bagus untuk mencegah hipertensi. Caranya sederhana saja yaitu dengan meminum air rebusan dari lima daun sirsak, paling tidak satu gelas sehari.

Efek samping mengonsumsi sirsak


     Buah sirsak memang memiliki banyak manfaat untuk tubuh dan kesehatan, tetapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum mengonsumsi buah sirsak terutama bagi mereka yang memiliki kondisi khusus. Berikut efek samping dari buah sirsak :

1. Bisa membuat tekanan darah turun di bawah normal


       Berkebalikan dari manfaatnya yang bisa menurunkan tekanan darah bagi mereka yang mengalami hipertensi, bagi beberapa orang yang memiliki tekanan darah normal, maka tekanan darahnya bisa turun di bawah normal bila mengonsumsi buah sirsak secara berlebihan.

berbagai manfaat daun sirsak untuk tubuh
Jus buah sirsak

2. Neurotoksin


     Menurut sejumlah penelitian, teh yang dibuat dengan menggunakan batang dan daun tanaman ini, dapat menyebabkan gangguan neurotoksik.

3. Anti depresan


     Bagi orang yang sedang menjalani perawatan untuk depresi dan mengkonsumsi obat - obatan yang sejenis, sebaiknya hindari sirsak karena bisa meniadakan manfaat antidepresan ini.

4. Parkinson


     Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa kandungan kimia yang ada pada sirsak juga hadir pada manusia yang menderita gangguan Parkinson. Pasien yang menderita gangguan neurologis ini harus menghindari makan sirsak. Hal lain itu bisa memperburuk gejalanya.

efek samping buah sirsak
Pudding sirsak (img : cookpad.com)

5. Mempengaruhi sistem kardiovaskular


     Inilah salah satu efek samping sirsak yang serius. Mengonsumsi buah sirsak dalam jumlah besar dapat mempengaruhi sistem kardiovaskular tubuh. Buah ini dikenal dengan efek anti depresannya. Jadi, orang yang menderita masalah jantung harus benar - benar menghindarinya.

6. Menimbulkan masalah uterine


     Konsumsi sirsak yang berlebihan dapat merangsang kontraksi rahim. Ibu hamil harus menghindari penggunaannya karena bisa menyebabkan keguguran atau persalinan prematur.

7. Gangguan neurologis


     Mengonsumsi buah sirsak secara berlebihan ternyata juga bisa menimbulkan gangguan neurologis.


     Buah dan daun sirsak memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan tubuh, tetapi sebagaimana buah lainnya maka konsumsilah secara berkecukupan saja, jangan berlebihan. Ingat, sesuatu yang berlebihan pasti akan membawa efek yang tidak baik.

     Sekian artikel ini, semoga bisa bermanfaat untuk pembaca dan orang - orang disekitarnya. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini. Terima kasih.

A common man with uncommon desired to succeed, forged by adversity. These things we do, so that others may live.

Silahkan berkomentar yang sopan dan beretika, serta relevan terhadap artikel yang telah anda baca. Jika ada kritik dan saran, kirim melalui kontak di halaman hubungi kami. Terima kasih.
EmoticonEmoticon