Wednesday, March 7, 2018

Berbagai manfaat buah dan daun jambu biji untuk kesehatan serta efek sampingnya

kasanah.id - Semua pasti sudah mengenal buah yang satu ini, persebaran cukup banyak dan mudah untuk ditumbuhkan. Buah jambu biji yang memiliki nama latin Psidium guajava merupakan buah yang berasal dari kepulauan Karibia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Dalam bahasa inggris, jambu biji disebut dengan guava. 


manfaat jambu biji untuk kesehatan
Buah jambu biji yang sudah matang

     Buah jambu biji dapat dikonsumsi secara langsung ataupun diolah menjadi bentuk makanan lain seperti dijadikan sirup, jelly, sop buah, salad buah, adapula yang menambahkannya untuk cake. 



Manfaat buah dan daun jambu biji untuk kesehatan

     
     Buah jambu biji telah lama digunakan sebagai pengobatan tradisional untuk mengatasi diare, diabetes, hipertensi dan berbagai penyakit lainnya. Hal ini telah berlangsung sejak lama di daerah Amerika Tengah, Karibia, Afrika dan Asia. 


manfaat jambu biji untuk diare
Kandungan nutrisi buah jambu biji

     Tentunya ini menunjukkan bahwa terdapat banyak manfaat dari buah jambu biji untuk kesehatan termasuk juga dalam mengurangi kolesterol, selain itu terdapat berbagai macam nutrisi yang ada pada buah yang satu ini. Berikut berbagai manfaatnya :

1. Buah jambu mampu mencegah kanker


     Salah satu manfaat yang luar biasa dari mengonsumsi buah jambu biji adalah mampu menghindarkan tubuh dari kanker dengan menghambat pertumbuhan dan mencegah terjadinya penyebaran sel kanker.

      Tingginya kadar vitamin C dalam jambu biji, memberi sistem kekebalan tubuh dorongan yang sangat besar dalam antioksidan. Antioksidan adalah lini utama pertahanan melawan proliferasi radikal bebas di dalam tubuh, yang merupakan salah satu penyebab utama kondisi serius seperti kanker dan penyakit jantung. 



2. Mengendalikan diabetes


     Tingkat serat makanan yang tinggi dalam jambu biji membantu mengatur penyerapan gula oleh tubuh. Hal ini akan menurunkan kemungkinan lonjakan kadar glukosa dalam tubuh dan terjadinya penurunan insulin, kedua kondisi ini bisa sangat berbahaya bagi penderita diabetes.

     Studi telah menunjukkan bahwa mengonsumsi jambu biji dapat membantu mencegah munculnya diabetes tipe-2.

3. Menjaga kesehatan mata


     Jambu biji adalah sumber vitamin A yang sangat bagus, yang sudah dikenal dalam khasiatnya untuk menjaga kesehatan mata. Mengonsumsi buah jambu biji bisa membantu memperlambat munculnya katarak, degenerasi makula, dan gangguan kesehatan mata secara umum. 

     Jambu biji tidak hanya bisa mencegah penurunan kemampuan penglihatan, tapi bahkan mampu meningkatkan penglihatan begitu sudah mulai terdegradasi.

efek samping dari buah jambu biji
Jambu biji yang belum matang

4. Mengatasi batuk dan pilek


      Jus jambu biji yang masih mentah atau ramuan daun jambu biji sangat membantu dalam meringankan batuk dan pilek dengan mengurangi lendir, mendisinfeksi saluran pernapasan, tenggorokan dan paru-paru, dan menghambat aktivitas mikroba dengan sifat zat anti mikrobanya.

       Jambu biji merupakan salah satu buah yang jumlah vitamin C dan zat besi didalamnya tertinggi di antara buah - buahan, dan keduanya terbukti menjadi pencegahan terhadap pilek dan infeksi virus.

      Di beberapa daerah di India, jambu biji matang yang dipanggang digunakan sebagai obat untuk mengatasi kasus batuk, pilek, dan kongesti yang ekstrem. 

      Jambu matang harus dihindari dikonsumsi secara langsung oleh orang-orang yang menderita batuk dan pilek, karena jambu biji matang bisa memperburuk masalah tersebut.


5. Mengatur tekanan darah


     Jambu biji membantu mengurangi kolesterol dalam darah dan mencegahnya menebal, sehingga menjaga fluiditas darah dan mengurangi tekanan darah. 

     Studi telah menunjukkan bahwa makanan yang kurang akan serat (seperti tepung halus) menambah tekanan darah. Buah ini, yang sangat kaya akan serat dan hipoglikemik di alam, dapat membantu mengurangi tekanan darah.

6. Membantu mengurangi berat badan

   
      Pengin mengurangi berat badan? jangan salah pilih makanan, cobalah makan buah jambu biji secara rutin. Jambu biji sangat membantu bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan tanpa mengorbankan asupan protein, vitamin dan seratnya. 

    Jambu biji kaya akan vitamin, protein dan mineral, namun tidak mengandung kolesterol dan rendah karbohidrat. Jambu biji adalah camilan yang akan mengisi perut kamu dan memuaskan nafsu makan dengan sangat mudah. 

     Jambu biji, terutama jambu mentah, juga memiliki gula jauh lebih sedikit dibandingkan apel, jeruk, anggur, dan buah lainnya. Cobalah mengganti menu makan siang kamu dengan jambu biji dan tubuh akan tercukupi nutrisinya, kamu juga akan merasa kenyang sampai malam hari.

daun jambu biji mengatasi diare
Daun dari pohon jambu biji

7. Menyembuhkan inflamasi


      Jambu biji, bersama dengan ekstrak daun jambu biji, diketahui memiliki sifat anti-inflamasi. Orang yang menderita sakit kronis dapat menggunakannya dan memperoleh manfaat dari sifat anti-inflamasinya.

8. Anti penuaan

    
     Jambu biji merupakan sumber yvitamin A, B, C dan kalium yang merupakan antioksidan dan detoksifikasi yang baik. Nutrisi ini dapat melawan radikal bebas, sehingga menjaga kulit kamu agar tetap bersinar dan terbebas dari tanda penuaan dini seperti keriput dan garis-garis halus.

     Selain itu, lycopene melindungi sel-sel sehat dari racun yang menumpuk di dalam tubuh akibat metabolisme dan pencemaran lingkungan.

9. Menjaga kesehatan kelenjar tiroid


      Jambu adalah sumber yang baik untuk zat tembaga, yang merupakan bagian penting dalam mengatur metabolisme tiroid dengan membantu mengendalikan produksi hormon dan penyerapan. 

      Kelenjar tiroid adalah salah satu kelenjar terpenting dalam tubuh untuk mengatur hormon dan fungsi sistem organ, sehingga jambu biji dapat membantu menyeimbangkan kesehatan kamu dengan berbagai cara.

10. Mengatasi sembelit


     Jambu biji merupakan salah satu sumber terkaya serat makanan dalam hal buah. Benihnya, jika dicerna utuh atau dikunyah, berfungsi sebagai obat pencahar yang sangat baik. Dua sifat jambu biji ini membantu pembentukan gerakan usus sehat, membantu tubuh menahan air dan membersihkan usus serta sistem ekskretoris kamu secara menyeluruh. 

manfaat jambu biji untuk tubuh
Bunga dari buah jambu biji

11. Menyembuhkan diare dan disentri


      Jambu biji memiliki sifat astringent yang membantu mengobati sejumlah gangguan pencernaan seperti diare dan disentri. Baik mengunyah jambu biji atau mengonsumsi daun jambu biji, akan membantu mengurangi gejala diare. 

      Zat yang terdapat pada keduanya bersifat basa dan memiliki sifat desinfektan dan anti bakteri, sehingga membantu penyembuhan disentri dengan menghambat pertumbuhan mikroba dan mengeluarkan lendir ekstra dari usus. 

      Selanjutnya, nutrisi lain dalam jambu biji seperti vitamin C, karotenoid dan potasium, menguatkan sistem pencernaan sekaligus membersihkannya. Jambu biji juga bermanfaat dalam mengobati gastroenteritis karena alasan yang sama di atas.

      Adapula ramuan tradisional yang biasanya digunakan dalam mengatasi diare yaitu dengan memakan beberapa daun dari pohon jambu biji dengan diberi tambahan garam, serta dimakan secara langsung. 

     Memang rasanya tidak karuan, tapi ini efektif dalam mengatasi diare. Obat - obat diare yang tersedia di pasaran, biasanya juga dibuat dari ekstrak daun dari pohon jambu biji.

12. Mengurangi stres oksidatif


      Jus jambu kaya akan vitamin C dan sejumlah fitonutrien penting lainnya yang dapat membantu menghilangkan radikal bebas dan memperlambat stres oksidatif dalam tubuh. Stres oksidatif bisa berhaya karena dapat menyebabkan penyakit kronis.

13. Meningkatkan kesehatan otak


     Manfaat jambu biji yang luar biasa lainnya adalah adanya vitamin B3 dan B6 di dalamnya. Vitamin B3 (juga dikenal sebagai niasin) dapat meningkatkan aliran darah dan menstimulasi fungsi kognitif, sedangkan vitamin B6 merupakan nutrisi yang hebat untuk otak dan fungsi saraf. Makan jambu biji bisa membantu mengendurkan saraf yang tegang dan meningkatkan konsentrasi.

manfaat daun jambu untuk kesehatan
Jus jambu biji

14. Membantu menyembuhkan sakit gigi dan gusi


     Selain buah jambu biji, daunnya juga memiliki banyak manfaat. Jus daun jambu biji telah dikenal untuk menyembuhkan sakit gigi dan pembengkakan pada gusi. 

Efek samping dari mengonsumsi buah jambu biji


     Dari penjelasan di atas kita jadi tahu bahwa ada banyak manfaat dari mengonsumsi buah jambu biji untuk kesehatan. Tapi, kalo berlebihan ternyata juga tidak baik lho. Mari kita tengok efek samping dari mengonsumsi buah jambu biji.

      Secara umum tidak ada efek samping yang serius dari mengonsumsi buah jambu biji, tetapi ada beberapa efek samping untuk pencernaan seperti kembung dan jadi sering buang gas.

   

     Buah dan jambu biji telah lama terbukti bermanfaat bagi kesehatan, ini lah mengapa keduanya dijadikan obat tradisional. Tetapi meskipun begitu, konsumsilah secara wajar dan secukupnya karena jika berlebihan bisa timbul beberapa efek samping. Terima kasih telah membaca artikel ini dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini.

A common man with uncommon desired to succeed, forged by adversity. These things we do, so that others may live.

Silahkan berkomentar yang sopan dan beretika, serta relevan terhadap artikel yang telah anda baca. Jika ada kritik dan saran, kirim melalui kontak di halaman hubungi kami. Terima kasih.
EmoticonEmoticon