Wednesday, March 21, 2018

Berbagai tips sederhana untuk mengatasi stres dan cemas berlebihan

kasanah.id - Seiring dengan perubahan gaya hidup dan bertambahnya tuntutan dalam hidup, maka kemungkinan besar akan timbul tekanan yang dapat menyebabkan stres dan rasa cemas secara berlebihan.


tips mengatasi stres
Ilustrasi stres

      Mengutip dari wikipedia, " stres adalah gangguan mental yang dihadapi seseorang akibat adanya tekanan. Tekanan ini muncul dari kegagalan individu dalam memenuhi kebutuhan atau keinginannya. Tekanan ini bisa berasal dari dalam diri atau dari luar ".

      Secara umum, stres disebabkan oleh 3 hal yaitu pekerjaan, hubungan, dan materi (uang). Namun ada banyak stresor atau hal - hal yang menyebabkan stres, yang berbeda pada setiap individunya. 


Tips sederhana dan mudah untuk mengatasi stres dan cemas berlebihan

  
      Stres bisa berbahaya bagi tubuh karena bisa mempengaruhi kesehatan dan kondisi tubuh. Ketika stres, tubuh bisa memicu lepasnya hormon - hormon negatif. Stres dapat mempengaruhi dan mengubah perasaan, pikiran, dan perilaku individu yang mengalaminya. 

      Tanda - tanda stres secara umum meliputi kecemasan, rasa selalu khawatir, sulit tidur, selalu berkeringat, kehilangan nafsu makan dan sulit untuk bisa berkonsentrasi. Nah untuk itu, stres perlu di manage / atur agar bisa reda dan tidak menganggu terutama rutinitas kita, berikut caranya :

1. Perbanyak olahraga


      Terlalu sibuk di kantor atau pekerjaan lainnya? Beri jeda tubuh untuk kegiatan lainnya, nanti bisa stres. Cobalah untuk meluangkan waktu kamu untuk olahraga, cukup 30 - 45 menit, 3 kali dalam seminggu, sudah bisa meredakan stres.

      Beberapa penelitian menunjukkan bahwa berolahraga secara cukup bisa meredakan stres, mengurangi depresi dan meningkatkan fungsi kognitif otak. Dengan berolahraga maka tubuh akan bereaksi dengan melepaskan hormon endorfin, hormon yang membawa rasa positif pada tubuh.

    Pilihlah olahraga yang kamu suka dan lakukan secara rutin, kamu bisa memilih lari, berjalan jarak jauh, renang, bersepeda, yoga, basket, futsal ataupun olahraga lainnya yang melibatkan gerak hampir seluruh tubuh dan tidak menimbulkan setres.


tips mengatasi cemas berlebihan
Lilin beraroma

2. Nyalakan lilin beraroma


     Saat ini sudah tersedia banyak lilin beraroma di pasaran dengan varian aroma yang berbeda - beda dan warnanya juga beragam. Lilin ini bisa sebagai terapi atau biasa disebut aroma terapi, dimana efek dari menghirup aroma ini akan menenangkan tubuh dan pikiran, menurunkan kecemasan dan membuat tidur kamu lebih nyenyak.

      Tersedia banyak jenis aroma tetapi yang biasa direkomendasikan adalah aroma lavender, mawar, vetiver, bergamot, neroli dan lainnya. 

3. Dengarkan musik


      Jika pikiran kamu mulai penuh dan dihinggapi banyak tekanan secara bertubi - tubi, cobalah untuk mendengarkan musik. Luangkan sedikit waktu untuk beristirahat dan mendengarkan musik yang menenangkan. Musik dapat memberi efek positif pada otak dan tubuh serta mampu meredakan stres.

     Sebaiknya pilih musik yang hanya terdiri dari instrumen saja atau biasa disebut musik instrumental, kamu bisa memilih instrumen piano, flute, sitar atau instrumen lain yang kamu suka, atau bahkan campuran dari beberapa instrumen. Kamu juga bisa memilih suara - suara burung disertai gemericik air, angin, suara hujan atau suara lainnya dari alam yang sifatnya menenangkan.


tips sederhana untuk mengatasi stres
Meditasi

4. Lakukan meditasi


     Bila memang perlu dan terasa sangat memberatkan, alangkah baiknya lakukan meditasi. Meditasi bisa juga di iringi dengan jenis musik yang telah disebutkan di no.3. Meditasi beberapa menit saja yang dilakukan setiap hari, ternyata bisa membuat kamu lebih tahan terhadap stres.

     Cara untuk melakukan meditasi cukup mudah yaitu dengan duduk tegak, lalu silangkan kedua kaki di atas lantai. Setelah itu tutup mata dan cobalah untuk serileks mungkin, di iringi dengan suara yang menenangkan, cobalah untuk membangun pikiran positif di dalam tubuh kamu. Iringi dengan tarikan nafas yang panjang dan hembuskan secara pelan - pelan, ulangi sampai kamu benar - benar merasa rileks.

5. Kurangi jumlah kafein yang kamu konsumsi


     Setiap orang pada dasarnya memiliki batasan tertentu akan jumlah kafein yang bisa mereka konsumsi. Kafein sendiri merupakan stimulan yang biasanya terdapat pada kopi, teh, coklat dan paling sering di minuman berenergi. 

     Yang perlu diketahui adalah tidak semua orang memiliki tubuh yang dapat bereaksi baik terhadap kafein, jadi jika kamu mulai merasa gejala stres apalagi setelah mengonsumsi minuman berkafein, maka hentikan atau kurangi minuman jenis tersebut.


tips sederhana untuk mengatasi cemas berlebihan
kunyah permen karet

6. Cobalah untuk mengunyah permen karet


     Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan stres ternyata cukup sederhana, kunyah permen karet. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang sering mengunyah permen karet memiliki kadar stres yang lebih rendah.

     Ada 2 penyebabnya, yang pertama adalah mengunyah permen karet membuat orang yang melakukannya mempunyai gelombang otak yang mirip dengan orang yang sedang relaksasi.

     Kedua, mengunyah permen karet ternyata mampu mendorong aliran darah ke otak menjadi lebih lancar dan efeknya otak akan mampu berpikir lebih baik. 

7. Tulis apa yang kamu alami, rasakan dan pikirkan


     Dengan menulis sebenarnya kamu sedang melampiaskan apa yang kamu alami, rasakan dan pikirkan. Ini adalah salah satu pendekatan yang biasa dilakukan untuk bisa meredakan stres, cara ini akan meringankan tekanan yang kamu alami dan bahkan bisa menghilangkan stres.


tips mudah mengatasi stres dan cemas berlebihan
Luangkan waktu dengan orang terdekat

8. Luangkan waktu bersama saudara atau orang yang terkasih


       Untuk bisa mengatasi stres dengan baik, kadang memang membutuhkan dukungan orang terdekat dalam hal ini bisa orangtua, saudara, bisa juga orang yang kamu kasihi. Dengan adanya dukungan ini, orang yang mengalami stres akan merasa lebih kuat, lebih mampu menghadapi masalah yang dialami. 

     Ini juga akan membangun pikiran positif bahkan hingga ke alam bawah sadarnya, itulah mengapa pentingnya mendapat dukungan dari orang di sekitar kamu.

9. Cobalah untuk tertawa bersama teman


      Salah satu cara untuk bisa mengatasi stres adalah berkumpul dengan teman dan tertawa bersama. Hal ini selain bisa mengurangi beban pikiran ternyata juga bisa memicu pelepasan hormon endorfin juga. 


bermain dengan hewan peliharaan menghilangkan stres
 Hewan peliharaan

10. Bermain dengan hewan peliharaan


     Nah jika orang terdekat kamu jauh dan kamu juga tidak ingin membicarakan masalahmu dengan teman kamu, cobalah untuk bermain dengan hewan peliharaanmu. 

     Banyak penelitian yang menyebutkan bahwa orang yang memiliki hewan peliharaan ternyata mempunyai kadar stres yang lebih rendah daripada mereka yang tidak. Melihat tingkah laku hewan peliharaan kita, ternyata bisa secara efektif meredakan stres serta melepaskan hormon - hormon positif pada tubuh.

     Jika kamu belum punya hewan peliharaan mungkin bisa berpikir untuk memiliknya, mungkin bisa memelihara anjing, kucing, burung, ikan ataupun hewan peliharaan lainnya. 

11. Pilih makanan yang betul


      Makanan yang betul?. Ya, pilih makanan yang betul, betul - betul bergizi dan bermanfaat untuk tubuh. Jangan pilih menu makanan yang berlemak, terlalu banyak karbohidrat dan makanan tidak sehat lainnya. Hindari pula fast food. Cobalah untuk mengonsumsi lebih banyak sayur dan buah, ini akan menjaga kondisi tubuh tetap fit saat harus melewati tekanan yang berat.


berbagai tips mudah untuk mengatasi stres dan cemas berlebihan
Ilustrasi tidur

12. Cobalah untuk memperbaiki kualitas tidur


      Biasanya orang kalau sudah stres, maka jam tidurnya berkurang karena insomnia. Sudah jam tidurnya berkurang, kualitas tidurnya juga tidak bagus. Kualitas tidur yang buruk bisa mengakibatkan kondisi tubuh menurun dan menimbulkan stres baru. 

      Jaga agar waktu tidur kamu antara 7 - 8 jam sehari, ini akan membantu mengurangi stres yang kamu rasakan. Biar tidurmu berkualitas, matikan tv, hp, lampu dan lainnya yang bisa menganggu tidurmu.

13. Minum teh 


      Memang ada beberapa jenis teh yang mengandung kafein, untuk menghindarinya maka pilih teh yang membuat rileks seperti teh hijau. Pada teh hijau terdapat senyawa yang memiliki efek yang menenangkan bagi tubuh yang pada akhirnya bisa membantu meredakan stres.


mengatasi stres dan cemas berlebihan dengan trik mudah dan sederhana
Bersyukur

14. Perbanyaklah bersyukur dan hiduplah sederhana


      Ini yang terakhir dan terpenting, cobalah untuk lebih bersyukur dan hidup lebih sederhana. Ketika kamu bisa membaca tulisan ini entah melalui laptop, hp ataupun perangkat lainnya, kamu masih lebih beruntung daripada orang - orang diluar sana yang bahkan bingung bagaimana untuk bisa mencari sesuap nasi untuk besok.

     Keadaan kamu sekarang, masih jauh lebih baik daripada banyak orang diluar sana, jadi mungkin kamu bisa mengurangi tuntutan terhadap banyak hal yang sebenarnya tidak kamu butuhkan dan cobalah untuk hidup lebih sederhana. 

      Bersyukurlah atas apa yang kamu punya dan apa yang kamu akan dapatkan, dengan cara inilah, maka tubuh baik dari pikiran maupun alam bawah sadar akan secara berangsur - angsur lepas dari stres dan kembali ke kondisi yang fit.


      Stres bisa timbul dari banyak hal, tetapi yang paling utama adalah dari kita sendiri dan bagaimana cara kita menanggapi masalah yang menghampiri kita. Jika memang cara - cara untuk meredakan stres dan cemas berlebihan di atas masih belum bisa mengatasi stres yang ada, maka sebaiknya temui psikiater atau orang yang berkompeten dalam mengatasi stres.

     Sebagai penutup, ada peribahasa yang berbunyi, "if there is no enemy within, the enemy outside can do us no harm" atau jika diterjemahkan " jika tidak ada musuh di dalam, musuh diluar tidak bisa membahayakan dirimu ".

       Terima kasih sudah menyimak artikel ini, mohon maaf jika ada salah kata. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa untuk membagikannya ke orang - orang disekitar kamu.

A common man with uncommon desired to succeed, forged by adversity. These things we do, so that others may live.

Silahkan berkomentar yang sopan dan beretika, serta relevan terhadap artikel yang telah anda baca. Jika ada kritik dan saran, kirim melalui kontak di halaman hubungi kami. Terima kasih.
EmoticonEmoticon