Saturday, March 10, 2018

5 Langkah sederhana dan mudah untuk menghilangkan pestisida dari buah dan sayuran

kasanah.id - Pestisida biasanya digunakan pada buah dan sayuran untuk menjaga agar keduanya terhindar dari hama dan pembawa penyakit seperti nyamuk, kutu, tikus, gulma, serangga serta penyakit yang dapat menyerang buah dan sayuran.

        Saat ini, sangat jarang sekali ditemukan buah dan sayuran yang sepenuhnya bebas dari pestisida, bahkan untuk yang berlabel "organik" sekalipun terkadang masih menempel pestisida. Tentunya untuk yang benar - benar organik, punya standar tinggi dan bersertifikat, biasanya memang terbebas dari pestisida.


langkah sederhana untuk menghilangkan pestisida
Ilustrasi penyemprotan pestisida dengan pesawat

      Apa yang jadi masalah dengan pestisida ?. Biasanya setelah disemprot, pestisida akan menempel dan menjadi residu pada buah dan sayur tersebut. 


     Bahayanya, jika ikut terkonsumsi, pestisida dapat menyebabkan gangguan pada organ tubuh seperti pada otak misalnya, pestisida dapat menjadi neurotoksin yang bisa sangat berbahaya. Pestisida sering kali juga mengandung glyphosate yang dapat menyebabkan kanker. 

Berbagai langkah sederhana dan mudah untuk menghilangkan pestisida dari buah dan sayur

  
      Nah untuk bisa menhindarkan tubuh kita dari bahaya yang diakibatkan oleh pestisida dari buah dan sayuran, caranya cukup sederhana yaitu dengan mencucinya secara baik dan benar. Ini untuk memastikan bahwa buah dan sayurnya benar - benar bersih dari pestisida. 

1.  Cuci dengan air garam

    
     Alih - alih hanya menggunakan air saja, gunakanlah air yang dicampur dengan garam, tambahkan 2 sendok garam ke dalam 4 gelas air hangat, aduk hingga merata.

     Setelah suhunya menurun, rendam buah atau sayuran selama 30 - 60 menit. Lalu agar menghilangkan air garam yang menempel, bilas dengan air biasa yang mengalir.

langkah mudah untuk menghilangkan pestisida
Bilas dengan air yang mengalir

      Untuk catatan, cara ini tidak cocok untuk mencuci buah yang berjenis berry yang gampang rusak terutama akibat proses perendaman. Untuk buah jenis ini, kita akan pakai cara selanjutnya.


Baca juga : 8 Cara untuk menghentikan mendengkur


2. Bilas dengan air dingin dan sambil digosok - gosok

  
     The Centre for Science and Environment (CSE) atau Pusat Ilmu Pengetahuan dan Lingkungan, mengungkapkan bahwa 75% sampai dengan 80% pestisida dapat dihilangkan dengan pencucian air dingin.

     Caranya cukup sederhana yaitu dengan mencuci buah dan sayur dengan air dingin sambil digosok - gosok, pastikan untuk menggosok seluruh bagian termasuk celah - celah yang ada. 

     Untuk buah - buahan seperti buah anggur, apel, jambu, mangga, buah persik dan pir, serta sayuran buah seperti tomat, membutuhkan 2 - 3 kali proses pencucian dan penggosokan. Apalagi untuk sayuran yang berdaun hijau seperti bayam dan kangkung, bisa butuh sampai dengan 5 kali untuk memastikannya benar - benar bersih.


menghilangkan pestisida dari buah
Cuka putih

3. Gunakan air cuka

    
     Untuk cara yang satu, siapkan larutan dengan campuran 10% cuka putih dan 90% air. Setelah larutan siap, lalu kamu bisa merendam buah dan sayuran ke dalamnya, tunggu hingga beberapa menit.


4. Kupas dan potong


     Cara membersihkan dengan mengupas dan memotong bagian - bagian luar merupakan cara yang dinilai paling efektif. Dengan mengupas dan memotong bagian luarnya maka pestisida yang menempel di bagian luar dapat dibersihkan dengan baik. 

     Untuk sayuran seperti selada, kol, seledri dan sayuran berdaun lainnya, jangan lupa untuk memotong bagias atas dan bagian luarnya.


menghilangkan pestisida dari buah dan sayuran
Baking soda

5. Gunakan baking soda


     Ada satu cara lagi yang dinilai sangat efektif dan diklaim bisa membersihkan pestisida hingga 96% yaitu dengan menggunakan baking soda. Campurkan baking soda dengan air, aduk hingga merata. 

     Rendam sayur dan buah di dalamnya, hingga selama 15 menit. Jangan lupa untuk menggosok - gosok sayur dan sayuran tersebut agar bisa benar - benar bersih. Setelah itu bilas dengan air biasa yang mengalir.

Baca juga : 10 Tips sederhana untuk melancarkan dan menyehatkan pencernaan


      Nah itu tadi yang adalah langkah - langkah yang bisa dilakukan untuk menghilangkan pestisida dari buah dan sayuran, perlu di ingat, jangan mencoba membersihkan buah dan sayuran dengan sabun cuci. Hal ini dikarenakan, pori - pori pada buah dan sayuran bisa membuat sabun cuci masuk dan terserap ke dalamnya. 

     Pastikan kamu membersihkan sayuran dan buah sebelum dikonsumsi, apalagi jika akan mengonsumsinya secara langsung. Sekian artikel mengenai 5 langkah sederhana dan mudah untuk menghilangkan pestisida dari bauh dan sayuran, semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk membagikannya.

A common man with uncommon desired to succeed, forged by adversity. These things we do, so that others may live.

Silahkan berkomentar yang sopan dan beretika, serta relevan terhadap artikel yang telah anda baca. Jika ada kritik dan saran, kirim melalui kontak di halaman hubungi kami. Terima kasih.
EmoticonEmoticon