Friday, March 23, 2018

Tips ampuh dan sederhana mengatasi bau badan secara mudah

kasanah.id - Kamu memiliki bau badan tidak sedap? atau temanmu? ataupun orang disekitarmu?, ternyata itu bisa sangat menganggu bagi orang - orang disekitar. Bau badan tidak sedap selain bisa menganggu aktifitas, juga bisa membuat orang tidak percaya diri.


tips ampuh mengatasi bau badan
Ilustrasi bau badan

       Bau badan tidak sedap biasanya disebabkan oleh keringat, walaupun pada kondisi normal sebenarnya keringat tidak berbau. Hanya saja karena terlalu lama menempel dan adanya bakteri yang bercampur di dalamnya, membuat keringat memiliki bau yang tidak sedap. Maka dari itu penting untuk menghilangkan sumber utama dari bau tidak sedap yaitu bakteri,


9 Tips ampuh dan sederhana dalam mengatasi bau badan secara mudah

    
       Sekarang tidak perlu pusing lagi dengan bau badan yang tidak sedap, ternyata cara untuk mengatasinya cukup sederhana dan mudah untuk dilakukan. Berikut tips untuk mengatasi bau badan :

tips menghilangkan bau badan dengan mudah
Cukur bulu ketiak

1. Cukur bulu ketiak


      Salah satu cara yang paling mudah dan paling instan dalam menghilangkan bau badan adalah dengan mencukur bulu ketiak. Ibaratnya, bulu ketiak adalah sebuah markas besar dari bakteri apalagi jika sudah terlalu lebat.

     Rambut pada bulu ketiak mampu menyerap dan memerangkap bau, bahkan bisa menyebabkan penguapan keringat menjadi lebih lambat. Dengan mencukur rambut ketiak, maka jumlah bakteri yang terperangkap pada ketiak menjadi lebih sedikit, penguapan keringat menjadi lebih lancar, hasilnya bau badan bisa berkurang secara drastis. 

2. Ganti sepatu


     Kelihatannya tidak ada kaitan antara ganti sepatu dan bau badan? Jangan salah kira, ternyata keduanya justru saling berhubungan. Salah satu penghasil "bau tidak sedap" justru berasal dari kaki karena terdapat banyak bakteri yang terperangkap di antara sela jari kaki dan dibawah kaki.

     Ini akan lebih parah lagi jika kamu sering memakai sepatu yang tertutup dimana sistem sirkulasi udara cenderung tidak lancar. Jenis sepatu seperti pantofel, sepatu safety, boot, dan lainnya yang sangat tertutup biasanya ketat dan tidak mudah mengalirkan udara. 

     Hasilnya kaki akan menjadi lebih lembab, memudahkan tumbuh dan berkembangnya bakteri di kaki dan akan mengisolasi bau tidak sedap, bau ini baru akan keluar setelah kamu melepas sepatu yang kamu pakai. 

     Untuk itu, direkomendasikan untuk selalu menjaga sepatu kamu tetap kering (mungkin dengan cara dijemur), mengganti kaos kaki secara rutin, mengganti sepatu setelah total penggunaan sekitar 500 mil atau sekitar 800 km. Cara ini terbukti bisa mengurangi bau tidak sedap.

cara sederhana menghilangkan bau badan dengan cuka apel
Cuka apel

3. Gunakan cuka apel


      Nah cara ketiga yang juga cukup sederhana yaitu dengan menggunakan cuka terutama cuka apel. Cuka apel mempunyai sifat antiseptik yang bisa membunuh bakteri dan menyeimbangkan kadar ph di kulit. 

      Aplikasikan (bisa dengan diteteskan lalu diratakan) cuka apel ke ketiak kamu saat setelah mandi, tapi jangan lakukan kalau kamu baru saja mencukur bulu ketiak. Cara ini juga tidak boleh dilakukan jika ada luka di ketiak dan pastikan mengetesnya (teteskan sedikit saja) terlebih dahulu agar tidak timbul reaksi alergi.


4. Pilih pakaian dengan sirkulasi udara yang baik


      Cara ke-4 yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi bau badan adalah dengan memilih pakaian yang mempunyai sirkulasi udara yang baik. Pakaian dengan serat alami seperti katun, sutra atau wol biasanya memiliki sirkulasi udara yang bagus. 

     Sedangkan pakaian dari bahan sintesis lebih cocok saat digunakan untuk berolahraga, setelah berolahraga maka kembalilah menggunakan pakaian dari bahan alami. Memakai pakaian dari bahan alami akan memungkinkan kulit untuk "bernafas" dengan lancar, menjaga kulit tetap kering dan mencegah timbulnya keringat secara berlebihan. Gunakan baju yang "segar" pula setiap habis mandi. Hasilnya tentu saja bau badan yang tidak sedap akan berkurang.

cara mudah menghilangkan bau badan
Mandi

5. Mandi secara rutin


       Tips ini yang paling ampuh dan direkomendasikan, kalau mau menghilangkan bau badan secara mudah ya dengan mandi jawabannya. Mau dicoba cara bagaimanapun tapi kalau mandinya tidak rutin, tetap saja bau badan akan timbul. 

      Mandilah secara rutin, minimal 2 kali sehari setiap pagi dan sore hari. Gunakan pula sabun yang punya kemampuan antiseptik, apalagi jika ada bonus parfum, pasti akan lebih efektif dalam menangkal bau badan karena akan menghilangkan sumber bau badan ( bakteri ) dan membuat badan lebih wangi karena ada parfum di dalam sabunnya. 

6. Gunakan deodoran


      Cara ini mungkin yang paling banyak dipakai sekarang yaitu dengan menggunakan deodoran. Untuk mengurangi bau badan atau bahkan menghilangkannya, cobalah untuk menggunakan deodoran setelah mandi biar efeknya bisa maksimal. Pilih deodoran dengan kemampuan anti bakteri sehingga hasilnya bisa efektif dalam mengatasi bau badan.

berbagai tips menghilangkan dan mengatasi bau badan
Minum air

7. Perbanyak minum air


      Dengan mengonsumsi cukup banyak air maka tubuh akan tetap terhidrasi dengan baik. Air akan mengeluarkan racun dan membuat kulit tetap terhidrasi. Ketika racun hilang maka bau badan juga bisa hilang. Minumlah setidaknya 8 - 10 gelas air setiap harinya agar bau badan bisa mereda.

Baca juga : Tips ampuh menghilangkan bau mulut

8. Hindari makanan tertentu


      Ada beberapa makanan tertentu yang memicu timbulnya keringat dengan bau yang tidak sedap. Makanan - makanan yang pedas, banyak mengandung bawang merah dan bawang putih, daging merah, makanan olahan, brokoli, kubis, kembang kol, makanan jenis ini ternyata bisa memicu timbulnya keringat dengan bau yang tidak sedap.

cara ampuh menghilangkan bau tidak sedap pada tubuh
Hentikan merokok

9. Hentikan kebiasaan buruk


     Kebiasaan buruk seperti merokok dan minum alkohol ternyata bisa memicu timbulnya bau badan yang tidak enak. Kebiasaan ini bisa menimbulkan efek yang tidak baik karena melemahkan kemampuan tubuh dalam menangkal radikal bebas. 

      Kombinasi antara radikal bebas yang menyerang kulit dan lemahnya tubuh dalam menangkal bakteri bisa memicu bau badan yang tidak enak. Oleh karena itu, hentikanlah kebiasaan buruk tersebut. Selain menimbulkan bau badan yang tidak enak, kebiasaan tersebut juga mengancam kesehatan tubuh. 


      Memang terdapat banyak tips dalam mengatasi bau badan. Tapi yang disebutkan di atas adalah tips yang terbukti ampuh dan tergolong sederhana dalam mengatasi bau badan. Mungkin ada pula yang menyarankan untuk minum ramuan tertentu, tapi untuk membuat ramuan tersebut tidaklah mudah dibanding dengan tips diatas. 

      Semoga informasi ini bermanfaat. Terima kasih sudah membaca artikel ini dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini, cukup dengan mengklik tombol share yang ada dibawah postingan ini.

A common man with uncommon desired to succeed, forged by adversity. These things we do, so that others may live.

Silahkan berkomentar yang sopan dan beretika, serta relevan terhadap artikel yang telah anda baca. Jika ada kritik dan saran, kirim melalui kontak di halaman hubungi kami. Terima kasih.
EmoticonEmoticon