Sunday, March 18, 2018

10 Tips sederhana untuk melancarkan dan menyehatkan pencernaan

kasanah.id - Pencernaan merupakan hal yang tidak bisa dianggap remeh. Ketika terjadi masalah pencernaan seperti diare, konstipasi dan masalah pencernaan lainnya, bisa sangat menganggu aktifitas kita, bahkan bisa menurunkan produktifitas.


tips sederhana untuk melancarkan pencernaan
Ilustrasi masalah pencernaan


     Masalah pencernaan bisa jadi akibat bakteri dalam makanan, infeksi, stres, obat tertentu, atau kondisi medis kronis seperti kolitis. Bisa juga diakibatkan karena perubahan suhu yang ekstrim, dimana jika terjadi perpindahan dari suhu panas mendadak jadi dingin. Tapi apa pun penyebabnya, siapa saja yang sering mengalami masalah pencernaan menghadapi tantangan setiap harinya.


10 Tips sederhana untuk melancarkan dan menyehatkan pencernaan

   
      Untuk membuat pencernaan tetap lancar dan sehat, caranya sebenarnya cukup sederhana dan mudah untuk dilakukan. Mulai dari menjaga dan memilah makanan yang kamu pilih, serta menjalani gaya hidup yang sehat. Cara lainnya silahkan simak di bawah ini :

1. Kunyah makanan kamu dengan lebih banyak lagi


     Pencernaan yang baik dimulai di mulut. Saat kamu mengunyah makanan dengan baik, ini memudahkan dan meringankan pekerjaan yang perlu dilakukan oleh sistem pencernaan kamu, sehingga tubuh kamu dapat fokus pada tugas lain. 

     Ingat, ada anjuran untuk mengunyah 33 kali, tujuannya agar makanan bisa dicerna lebih mudah dan nutrisi didalamnya bisa diserap secara maksimal oleh tubuh.

tips sederhana untuk menyehatkan pencernaan
Contoh makanan sehat berupa salad buah

2. Konsumsi makanan yang baik


      Ada banyak indikator untuk menentukan apakah makanan itu baik apa tidak, mulai dari proses pemasakannya, kadar nutrisi di dalamnya, kebersihan dari makanan tersebut dan lainnya. Nah untuk memudahkan, pilihlah makanan yang segar yang dimasak dengan cara yang benar.

      Hindari mengonsumsi makanan cepat saji atau fast food dan makanan olahan, keduanya biasanya mengandung lebih banyak garam, gula, dan minyak olahan. Ini akan membuat tubuh kesulitan dalam mencernanya dan nutrisi di dalam makanan ini tidak lebih besar daripada nutrisi dari makanan sehat yang nyata.

3. Makan hanya saat lapar dan sampai tercukupi


     Banyak orang saat ini terpaku hanya pada waktu makan, jadi misalnya sudah masuk waktu makan siang, maka ikut makan siang, sudah waktunya makan malam, lalu bergabung untuk makan malam. Tidak salah memang, tetapi ini sebenarnya tidak efisien untuk pencernaan kamu. Apalagi jika makanan yang dikonsumsi dalam porsi besar.

     Perlu diperhatikan bahwa jumlah asupan kebutuhan makanan setiap orang berbeda. Jika memang ingin makan selalu pada waktu normal, maka batasi porsi kamu. Sehingga, saat mendekati waktu normal makan kamu akan merasa lapar, bukan masih kenyang tapi dipaksakan untuk makan. 

     Jika dilakukan terus menerus, proses pencernaan akan berjalan lamban, dan ini akan memberi tugas yang berat untuk pencernaan kamu sehingga tidak memberinya waktu istirahat yang cukup. 

     Makanlah dengan porsi yang secukupnya dan mampu memenuhi kebutuhan nutrisi kamu, hindari makan secara berlebihan hingga menyebabkan rasa tidak enak di perut akibat kekenyangan. 

      Lalu hindari makan saat sudah terlalu malam, karena pencernaan kamu juga butuh waktu beberapa jam untuk mencerna makanan yang kamu konsumsi, sebaiknya saat kamu tidur pencernaan kamu juga ikut istirahat bukan sebaliknya.

tips mudah agar pencernaan lancar dan sehat
Sayur dan buah kaya akan serat

4. Konsumsi makanan yang kaya akan serat


      Sering disinggung dalam beberapa artikel lain, bahwa serat memiliki banyak manfaat untuk menyehatkan dan melancarkan pencernaan kamu. Serat akan membantu merangsang gerakan peristaltik usus dan membuat kerja usus menjadi lebih ringan dalam mencerna makanan yang kamu konsumsi.

      Serat bisa didapatkan dengan mengonsumsi sayur - sayuran dan buah - buahan, kacang - kacangan, biji - bijian,  atau makanan lain yang menjadi sumber serat. Yang spesialnya lagi, jika kamu mengonsumsi makanan yang kaya serat biasanya berat badan kamu cenderung terjaga dalam batas normal.

       Ada dua jenis serat, serat larut dan tak larut. Keduanya penting untuk dikonsumsi dan mempunyai peran yang berbeda. Oleh karena itu, konsumsilah keduanya secara berimbang.  


5. Batasi makanan yang mengandung lemak


      Untuk secara umum, makanan berlemak terutama yang mengandung lemak jahat, biasanya cenderung memperlambat proses pencernaan. Sehingga membuat kamu lebih mudah terkena konstipasi dan efek buruknya lagi, lemak jahat bisa menumpuk dan mengakibatkan penyumbatan pada saluran darah, ini tentu berbahaya.

      Oleh karena itu, konsumsilah makanan yang sedikit mengandung lemak ataupun jika mengandung lemak, lemaknya bersifat baik, misal lemak dari sayuran atau buah. Jika memang ingin mengonsumsi daging, maka hilangkan bagian yang berlemak.

menyehatkan dan melancarkan pencernaan
Minum banyak air putih

6. Jaga agar tubuh tetap terhidrasi


       Agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik atau dalam arti lain kebutuhan akan airnya tercukupi, maka perbanyaklah minum air, terutama air putih. Ini penting dalam menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan dan secara khusus menjaga kesehatan pencernaan kamu. Serat akan berkombinasi dengan air untuk membuat proses pencernaan lebih mudah.

7. Hindari kebiasaan buruk


       Banyak kebiasaan buruk yang biasanya dilakukan seiring dengan bertambahnya usia terutama saat menginjak dewasa, seperti merokok, minum minuman beralkohol, minum minuman yang mempunyai kafein berlebihan, yang sebenarnya itu semua bisa menganggu fungsi pencernaan. 

     Senyawa - senyawa yang terkandung di dalamnya tergolong asing bagi tubuh dan menciptakan kondisi tidak normal, termasuk pula untuk sistem pencernaan. Ini bisa menyebabkan berbagai masalah pencernaan seperti sakit maag, mulas, dan gangguan pencernaan lainnya. Maka sebaiknya dihindari saja.

tips agar pencernaan lancar dan sehat
Lari, olahraga yang mudah dilakukan


8. Olahraga secara rutin


      Olahraga atau latihan lainnya bisa sangat berpengaruh bagi kesehatan pencernaan kamu. Dengan berolahraga maka akan membuat makanan lebih mudah melewati saluran pencernana karena sistem pencernaan terangsang dengan baik. Selain itu, dengan berolahraga rutin, berat badan akan terjaga dan ini akan meringankan kinerja sistem pencernaan.

9. Atur tingkat stres


      Mengatur tingkat stres memang tidaklah mudah, tetapi bukan berarti tidak perlu untuk dilakukan. Mengatur tingkat stres dan kecemasan akan mengurangi beban pada tubuh, serta mencegah timbulnya hormon - hormon berbahaya bagi tubuh. Efeknya tentu tubuh akan lebih sehat dan segar, termasuk pula sistem pencernaan di dalamnya.

makanan berfermentasi menyehatkan pencernaan
Yogurt


10. Konsumsi makanan berfermentasi


     Salah satu solusi yang paling mudah untuk mengatasi gangguan pencernaan pada tubuh adalah dengan mengonsumsi makanan berfermentasi. Terutama jika makanan tersebut merupakan produk yang berasal dari alam seperti susu fermentasi misalnya atau bisa juga dengan asinan dari fermentasi sayuran mentah.

      Biasanya jenis makanan ini mengandung bakteri baik ataupun lemak baik yang bisa berperan dalam membantu menyehatkan dan melancarkan pencernaan kamu. Kalo masih terlalu susah mencarinya, ada pula yang tersedia secara luas dan mudah dicari di pasaran seperti di minimarket.


       Nah itu tadi adalah 10 tips sederhana yang bisa kita lakukan agar pencernaan kita bisa lancar dan sehat. Cara - cara di atas tergolong mudah dan murah, tetapi jika tipsnya masih tidak manjur dalam mengatasi masalah pencernaan yang ada, maka sebaiknya hubungi dokter atau profesional di bidangnya.

      Sekian artikel ini, semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke orang - orang disekitar kamu. Caranya cukup klik tombol share yang ada di bawah artikel ini. Terima kasih sudah membaca dan mengunjungi situs ini. 

A common man with uncommon desired to succeed, forged by adversity. These things we do, so that others may live.

Silahkan berkomentar yang sopan dan beretika, serta relevan terhadap artikel yang telah anda baca. Jika ada kritik dan saran, kirim melalui kontak di halaman hubungi kami. Terima kasih.
EmoticonEmoticon