Tuesday, April 3, 2018

Manfaat buah tin untuk kesuburan dan kesehatan, efek samping serta faktanya

kasanah.id - Buah tin atau juga disebut ara, merupakan buah yang berasal dari Timur Tengah dan Asia Barat. Buah ini mempunyai nama latin Ficus carica L. Sedangkan dalam bahasa Inggris buah tin disebut dengan Figs. Buah ini cukup banyak dikonsumsi dan cukup terkenal terutama bagi mereka yang muslim, buah tin menjadi nama dari salah satu surat dalam Al-Qur'an yaitu Surat At-tin. 


Manfaat buah tin untuk kesehatan tubuh
Buah tin

      Saat ini buah tin tidak hanya ditumbuhkan di Timur Tengah dan Asia Barat, melainkan sudah menyebar ke hampir seluruh belahan dunia. Turki pada tahun 2016 merupakan negara pemroduksi buah tin terbanyak di dunia. Buah Tin biasanya dipanen antara bulan Agustus - Oktober. Tin yang telah dipanen biasanya bertahan 1 - 2 hari pada suhu ruangan sebelum akhirnya membusuk.

      Ada beragam cara untuk mengonsumsi buah yang satu ini yaitu dengan dimakan secara langsung dalam kondisi fresh, bisa pula dikeringkan dan yang paling diminati adalah dibuat selai. 


Manfaat buah tin untuk kesuburan dan kesehatan

      
     Di beberapa daerah mediterania, buah tin kerap dijadikan sebagai obat tradisional. Getah dari tanaman buah tin digunakan untuk mengatasi kapalan, menghilangkan kutil, dan mencegah parasit.


berbagai manfaat buah tin
Kandungan nutrisi buah tin

     Pada buah tin terdapat bermacam nutrisi yang bisa bermanfaat untuk kesehatan dan kesuburan. Mengonsumsi buah tin dapat mencegah hipertensi, memperkuat tulang, menurunkan kadar kolesterol dan berbagai manfaat lainnya yang akan di jelaskan dibawah ini.

1. Mencegah konstipasi


      Pada buah tin terdapat kandungan beberapa gram serat di dalamnya. Serat ini berperan penting dalam menjaga kesehatan pencernaan kamu, membantu merangsang pergerakan usus dan mencegah terjadinya konstipasi. Selain itu, mengonsumsi makanan berserat juga dapat mencegah terjadinya diare.

2. Menurunkan berat badan


      Sudah disebutkan sebelumnya bahwa pada buah tin terdapat kandungan serat didalamnya, ternyata serat ini juga berperan besar terhadap penurunan berat badan. Mengonsumsi makanan berserat seperti buah tin akan melancarkan pencernaan dan menjaga perut kamu tetap kenyang dalam waktu yang cukup lama. Sehingga nafsu makan terutama untuk mengemil jadi berkurang, dietpun bisa berhasil.

3. Bisa menurunkan kadar kolesterol jahat


     Buah tin mengandung pektin, serat larut yang diketahui dapat menurunkan kadar kolesterol. Serat dalam buah tin membersihkan kelebihan kolesterol dalam sistem pencernaan kamu dan membawanya ke usus untuk menghilangkannya. 

       Buah tin juga mengandung vitamin B6 yang bertanggung jawab untuk memproduksi serotonin. Serotonin ini meningkatkan mood dan menurunkan kolesterol. Buah tin kering dapat mengurangi kolesterol secara keseluruhan karena mengandung omega-3,asam lemak omega-6, serta pitosterol yang menurunkan sintesis kolesterol alami dalam tubuh.


efek samping mengonsumsi buah tin
buah tin yang belum matang

4. Memperkuat tulang


     Buah tin mengandung kalsium, kalium, dan magnesium, yang semuanya membantu menjaga kesehatan tulang. Mengonsumsi buah ini mampu meningkatkan kepadatan tulang dan mengurangi kerusakan tulang, yang akan terjadi seiring bertambahnya usia. Kalsium sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang dan buah tin adalah salah satu sumber terbaiknya.

5. Mencegah hipertensi


     Orang biasanya mengkonsumsi sodium dalam bentuk garam, kadar sodium yang berlebih pada tubuh dapat menyebabkan hipertensi. Buah tin mengandung banyak kalium dan rendah sodium, sehingga membuatnya efektif dalam mengatasi hipertensi.

6. Meredakan nyeri tenggorokan


     Kandungan lendir yang tinggi pada buah tin membantu menyembuhkan dan melindungi sakit tenggorokan. Sifat buah tin yang menenangkan dapat menghilangkan rasa sakit dan stres pada pita suara juga.

     Buah tin adalah obat alami untuk tonsilitis. Buah ini membantu mengurangi pembengkakan dan iritasi yang disebabkan karena kondisi tersebut. 

7. Mengatasi insomnia


       Insomnia atau gangguan tidur yang menyebabkan kamu kesulitan untuk tidur ternyata bisa diatasi dengan mengonsumsi buah tin. 

     Memasukkan buah tin dalam menu makan kamu akan membuat kualitas tidur kamu bisa meningkat. Buah Tin mengandung tryptophan asam amino yang membantu tubuh membuat melatonin, melatonin inilah yang dapat meningkatkan kualitas tidur kamu.

Buah tin juga mengandung vitamin B3 di dalamnya. Kekurangan vitamin B3 dalam tubuh membuat orang akan merasa tidak stabil dan gelisah, yang dapat merusak pola dan kualitas tidur.


efek samping dan fakta mengenai buah tin
Bunga dari buah tin

8. Mengatur gula darah


      Kandungan kalium yang tinggi dalam buah tin membantu dalam mengatur tingkat gula darah dalam tubuh sehingga membantu penderita diabetes. 

      Studi juga menemukan bahwa asam klorogenat yang hadir dalam buah tin membantu menurunkan kadar gula darah dan mengontrol kadar glukosa darah pada diabetes tipe-II.

9. Mencegah keriput


     Sebuah studi menemukan bahwa ekstrak buah tin memiliki efek antioksidan dan anti kolagenase pada kulit yang keriput dan mengurangi persentase kedalaman kerutan.

     Dalam studi lain, ditemukan bahwa formulasi yang mengandung ekstrak buah tin menurunkan melanin kulit, kehilangan air trans-epidermal, dan sebum kulit secara signifikan. Hal ini juga meningkatkan hidrasi kulit. Oleh karena itu, buah tin dapat digunakan sebagai obat untuk pigmentasi hiper, jerawat, bintik-bintik, dan kerutan.

10. Meremajakan kulit


     Buah tin sangat bagus untuk kulit kamu. Baik saat kamu memakannya secara langsung atau menggunakannya sebagai masker.

      Ambil satu buah tin besar atau dua buah ara kecil. Potong menjadi dua dan keluarkan dagingnya, tumbuk hingga halus. Tambahkan satu sendok teh madu atau yogurt ke dalamnya jika kamu ingin meningkatkan tekstur kulit kamu. Oleskan masker di wajah dan pertahankan selama 5 menit. Bersihkan dengan air dan beri salam pada kulit segar.

11. Memperbaiki kondisi rambut


     Buah tin sangat populer di industri perawatan rambut karena ekstraknya digunakan untuk menciptakan kondisioner rambut yang mempunyai efek menakjubkan. Ekstrak ini memberikan kelembaban pada kulit kepala, ini sekaligus melembabkan rambut tanpa membuatnya berat atau terbebani.


berbagai manfaat buah tin untuk kesehatan dan kesuburan
pohon dari buah tin

12. Mengobati disfungsi seksual


     Selama berabad-abad, buah tin telah direkomendasikan sebagai cara untuk mengurangi disfungsi seksual seperti sterilitas, daya tahan atau disfungsi ereksi. Buah tin telah menjadi bagian utama dari mitologi dan budaya, serta sering disebut sebagai obat kesuburan yang kuat atau suplemen seksual. 

      Keberhasilan buah tin sebagai afrodisiak tidak perlu dipertanyakan, tedapat sejumlah besar vitamin dan mineral yang berharga dalam meningkatkan energi dan stamina. Rendam 2-3 buah tin dalam susu semalam dan makan di pagi hari untuk meningkatkan kemampuan seksual kamu.

Efek samping mengonsumsi buah tin


      Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum mengonsumsi buah tin terutama dalam jumlah besar karena adanya beberapa efek samping di dalamnya. Berikut beberapa efek samping dari mengomsi buah tin :

1. Menyebabkan kembung dan gas berlebihan


     Mengonsumsi buah ara terlalu banyak bahkan dapat menyebabkan masalah perut seperti gas berlebihan, kembung, diare dan lainnya. Agar hal ini tidak terjadi maka konsumsilah buah tin dalam jumlah terbatas.

2. Meningkatkan sensitivitas kulit terhadap sinar matahari


     Salah satu efek samping dari mengonsumsi buah tin adalah meningkatkan sensitivitas kulit terhadap sinar matahari. Sinar UV sangat berbahaya bagi kulit kita dan dengan meningkatkan kepekaan kulit kita terhadap matahari. Jika kamu mengkonsumsi buah tin secara teratur maka kamu harus menghindari paparan sinar matahari yang berkepanjangan.

3. Menyebabkan alergi


     Mengonsumsi buah tin ternyata dapat menyebabkan reaksi alergi. Reaksi alergi bisa meliputi sesak nafas, demam, pusing dan lainnya. Hentikan konsumsi buah tin jika timbul reaksi alergi.

4. Menurunkan kadar gula dalam darah


     Makan buah tin memang sangat bermanfaat bagi orang yang menderita diabetes karena kemampuan mereka untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Keuntungan buah tin ini dapat menjadi kerugian bagi mereka yang sudah menderita tingkat gula darah rendah, sehingga memiliki kadar gula darah dibawah normal.


manfaat buah tin untuk kesuburan
yogurt dengan buah tin

Fakta mengenai buah tin


      Selain ada banyak manfaat buah tin di dalamnya yang disertai dengan beberapa efek samping, ada beberapa fakta yang dimiliki oleh buah tin yang akan dijelaskan dibawah ini :

  1.  Hasil penelitian terhadap fossil dari bauh tin, mengungkapkan bahwa buah tin ditemukan sekitar 9400 - 9200 SM.
  2.  Di Amerika Serikat, dari jumlah buah tin yang tersebar di pasaran, 98% merupakan hasil produksi negara bagian California.
  3. Turki merupakan negara pemroduksi paling banyak buah tin di seluruh dunia, pada tahun 2016 produksinya mencapai 305.460 ton. Di ikuti oleh Mesir, Algeria, Iran dan Maroko.
  4.  Tidak terdapat bunga di dahan dari pohon buah tin. Bunga ini justru terdapat di dalam buah tin sendiri. 
  5.  Orang - orang spanyol memperkenalkan buah tin ke California pada abad ke-16.
  6.  Pada awal - awal Olimpiade, buah tin banyak dikonsumsi oleh para atlit Olimpiade selama latihan. Buah ini juga menjadi "medali" pertama bagi pemenang olimpiade.
  7.  Buah tin diproduksi secara komersil pertama kali pada tahun 1892.
  8.  Pohon dari buah tin adalah simbol dari kesejahteraan, kesuburan dan kenyamanan.
  9.  Banyak orang yang mengonsumsi buah tin sebagai pengganti kopi.
  10.  Buah tin direkomendasikan bagi orang - orang yang ingin berhenti merokok. Ini karena alkalinitas buah yang tinggi sehingga mengurangi keinginan untuk merokok.

       Dari berbagai penjelasan di atas kita mengetahui bahwa ada berbagai manfaat buah tin untuk kesehatan, selain itu buah tin juga erat kaitannya dengan kesuburan, hal ini bahkan dimulai sejak jaman romawi kuno.

      Tetapi yang perlu di ingat, meskipun memiliki banyak manfaat, ada pula berbagai efek samping yang menyertai. Ini juga sekaligus menjadi catatan sebelum mengonsumsi buah ini terutama dalam jumlah yang besar.

      Semoga artikel ini bermanfaat baik bagi kamu maupun orang disekitar kamu. Akan lebih baik lagi jika kamu mau membagikan artikel ini ke orang - orang disekitar agar lebih banyak yang tahu tentang buah tin. Sekian artikel ini, terima kasih sudah membaca.

A common man with uncommon desired to succeed, forged by adversity. These things we do, so that others may live.

2 komentar

Silahkan berkomentar yang sopan dan beretika, serta relevan terhadap artikel yang telah anda baca. Jika ada kritik dan saran, kirim melalui kontak di halaman hubungi kami. Terima kasih.
EmoticonEmoticon