Monday, August 20, 2018

Tips ampuh menghilangkan bau mulut

kasanah.id - Bau mulut atau bau nafas tidak sedap biasa disebut dengan halitosis. Bau mulut ini biasanya membuat orang menjadi merasa malu dan tidak percaya diri. Meskipun bukanlah masalah medis yang serius, tetapi nyatanya 25 - 30 % orang di dunia mengalami masalah bau mulut.


Ilustrasi bau mulut
Ilustrasi bau mulut

      Penyebab bau mulut bisa bervariasi mulai dari menumpuknya bakteri di mulut, gigi berlubang, penyakit gusi, kebersihan mulut yang kurang terjaga, adanya lapisan kuning atau putih di lidah dan lain sebagainya. Sedangkan penyebab bau mulut sementara erat kaitannya dengan makanan dan minuman seperti bawang putih, rokok, kopi dan alkohol.


Tips ampuh menghilangkan bau mulut

     
      Bau mulut bisa sangat menganggu bagi kehidupan seseorang apalagi jika orang itu harus sering berbincang - bincang dengan banyak orang. Nah untuk mengatasi bau mulut, caranya cukup mudah dan cepat, simak informasi dibawah ini.


atasi bau mulut dengan sikat gigi
Sikat gigi agar bau mulut hilang

1. Sikat gigi lebih sering dan gunakan benang gigi


     Cara yang paling mudah dan paling ampuh untuk mengatasi bau mulut yang tidak sedap adalah dengan menggosok gigi lebih sering dan menggunakan benang gigi. Adanya plak atau penumpukan lapisan lunak yang melekat pada gigi, merupakan tempat bersarangnya bakteri dan dapat menyebabkan bau mulut.

      Untuk menghilangkan plak, sebaiknya sikat gigi sebanyak 2 kali dalam sehari, jika memang dibutuhkan, gunakan pula benang gigi agar hasilnya bisa maksimal. 

2. Gunakan obat kumur


      Untuk menjaga agar mulut tetap segar dan tidak menimbulkan bau mulut, cobalah untuk menggunakan obat kumur. Pada obat kumur biasanya mengandung anti bakteri, sehingga mampu menghilangkan bakteri dalam mulut. Selain itu, kamu juga bisa berkumur dengan air setiap setelah makan, ini dilakukan supaya tidak ada sisa makanan yang tertinggal di mulut.


pembersih lidah
Pembersih lidah

3. Bersihkan lidah


     Pada bagian atas lidah kadang terbentuk lapisan yang berwarna putih. Lapisan ini ternyata bisa menjadi sarang untuk berkembangnya bakteri yang bisa menimbulkan bau mulut. Dengan membersihkan lidah maka tentu bau mulut bisa teratasi, kombinasikan pula dengan sikat gigi yang rutin dan penggunakan obat kumur/mouth wash.

     Untuk membersihkan lidah, gunakan pembersih lidah yang biasanya terletak dibagian belakang dari kepala sikat gigi kamu. Tapi jika sikat gigi terlalu besar dan tidak bisa menjangkau bagian belakang lidah, gunakanlah pembersih atau scraper khusus untuk lidah yang biasanya terbuat dari plastik. Harganya juga cukup terjangkau.

4. Hindari makanan tertentu


     Beberapa makanan tertentu bisa menyebabkan timbulnya bau mulut yang tidak sedap. Makanan yang mengandung bawang merah dan bawang putih biasanya merupkan makanan yang paling sering menjadi penyebab bau tidak sedap. Bahkan jika kamu sikat gigi, bukan berarti bau tidak sedapnya bisa hilang seketika, perlu beberapa waktu, itulah mengapa makanan tersebut harus dihindari.

     Selain itu, hindarilah mengonsumsi makanan yang mengandung sulfur, beberapa sayur tertentu mengandung sulfur di dalamnya dan dapat memicu timbulnya bau mulut yang tidak sedap.

5. Lebih banyak mengonsumsi makanan dengan lemak sehat


     Lemak sehat? ya, kamu tidak salah membaca. Pada beberapa makanan tertentu seperti buah - buahan dan sayuran, mengandung lemak yang dikategorikan baik dikonsumsi untuk tubuh.

     Kamu bisa memperoleh lemak sehat dari beberapa sumber makanan seperti minyak organik yang terbuat dari kelapa murni ataupun dari zaitun. Lemak sehat juga bisa diperoleh dari kacang - kacangan, biji - bijian, alpukat, telur dan ikan. 

     Mengonsumsi lemak sehat akan membuat usus lebih optimal dalam menyerap nutrisi dan menjadikan kondisi pencernaan dalam tubuh menjadi lebih baik, efeknya adalah bau mulut bisa berkurang.


minum air putih
Minum air putih untuk menghilangkan bau mulut

6. Perbanyak minum air putih


     Saat mulut dalam kondisi kering biasanya bisa timbul pula bau mulut, karena saat mulut kering, bakteri akan lebih mudah berkembang biak dan menumpuknya bakteri pada mulut akan menyebabkan bau mulut tidak sedap.

     Dengan meminum air putih secara rutin dan setidaknya 8 gelas dalam sehari, akan membuat mulut tetap dalam kondisi lembab dan mencegah atau setidaknya mengurangi perkembangan bakteri dalam mulut.


lemon
Lemon

7. Cobalah mengonsumsi lemon


     Gabungan antara lemon dan air putih ternyata bisa berperan secara ampuh dalam mengatasi bau mulut. Keduanya ternyata bisa menimbulkan sifat anti mikroba, anti oksidan dan aktifitas fitokimia yang dapat membunuh bakteri dan jamur, ini sekaligus mengurangi peradangan pada mulut.

     Ada berbagai cara untuk memanfaatkan lemon dalam mengatasi bau mulut, kamu bisa menghisan irisan lemon secara langsung tanpa diberi tambahan apapun. Cara lainnya adalah dengan memeras lemon ke dalam segelas air putih, lalu gunakan campuran keduanya untuk berkumur. Bisa pula dengan membuat jus lemon lalu mengonsumsinya. 

     Bagaimana jika ketiganya tidak bisa ?, cukup remas irisan lemon dan teteskan secara langsung ke lidah kamu. Hal ini akan merangsang produksi air liur dan mencegah timbulnya bakteri di dalam mulut. 

8. Kumur dengan air garam


      Gabungan antara air putih hangat dan garam akan membuat larutan garam yang cukup efektif dalam melumpuhkan bakteri yang bersarang di mulut.  

     Dengan berkumur menggunakan larutan garam, akan menimbulkan efek asam di mulut yang dapat mencegah berkembangnya bakteri dan efeknya akan mengurangi bau mulut.


teh hijau
Teh hijau

9. Minum teh hijau


      Dari beberapa hasil penelitian, menunjukkan bahwa meminum teh hijau akan menghilangkan bau mulut secara cepat meskipun memang efeknya hanya sementara waktu. Ini dimungkinkan karena adanya kandungan polifenol dan antioksidan didalamnya yang mampu mengurangi bau pada mulut.


     Sebenarnya masih ada banyak cara lainnya yang bisa digunakan untuk mengatasi bau mulut, tetapi cara - cara diatas merupakan cara yang dinilai paling sederhana dan mudah untuk dilakukan.

      Ada banyak penyebab dari timbulnya bau mulut, mulai dari kebiasaan buruk (misalnya jarang sikat gigi, merokok,dll), makanan yang kita konsumsi, mulut kering, infeksi, atau bahkan karena suatu penyakit. 

     Oleh karena itu, jika masalah bau mulut tetap tidak bisa teratasi, sebaiknya konsultasikan dengan dokter, bisa jadi timbulnya bau mulut disebabkan kondisi kesehatan tubuh. 

A common man with uncommon desired to succeed, forged by adversity. These things we do, so that others may live.

Silahkan berkomentar yang sopan dan beretika, serta relevan terhadap artikel yang telah anda baca. Jika ada kritik dan saran, kirim melalui kontak di halaman hubungi kami. Terima kasih.
EmoticonEmoticon