Sunday, December 2, 2018

Cara mudah mengatasi flu tanpa obat

kasanah.id - Flu adalah suatu kondisi terjadinya infeksi pada saluran pernapasan yang diakibatkan oleh virus, flu juga biasa disebut dengan influenza. Biasanya, flu bisa terjadi dalam beberapa hari atau bahkan hingga seminggu dan bisa hilang dengan sendirinya tanpa perlu meminum obat - obatan tertentu.

ilustrasi flu
Ilustrasi flu

     Namun, memang bagi sebagian orang, flu akan terasa sangat menganggu dan membuat orang yang mengalaminya tidak bisa beraktifitas seperti normal. Sehingga perlu tambahan obat agar bisa meredakan flu secara cepat dan bisa beraktifitas secara normal kembali. 

Gejala flu


     Flu biasanya menyerang secara tiba - tiba dan cepat, tentunya kondisi ini terjadi saat daya tahan tubuh seseorang melemah dan terpapar virus penyebab flu. Biasanya setelah flu menyerang, hari berikutnya baru tubuh kita merasakan gejala - gejala flu, seperti berikut :
  •  Demam tinggi
  •  Mudah berkeringat
  •  Merasa kedinginan meskipun suhu disekitar normal
  •  Sakit kepala
  •  Mudah merasa lelah
  •  Batuk
  •  Hidung meler
  •  Sering bersin

      Mungkin tidak semua ciri - ciri di atas akan dialami oleh orang yang sedang terkena flu. Jika masih bisa ditolerir dan tidak mengalami komplikasi dengan penyakit lainnya, maka kamu belum perlu ke dokter. Tetapi jika flu berlangsung dalam waktu yang cukup lama dan tidak menunjukkan tanda akan segera sembuh, lebih baik konsultasi dengan dokter.

Cara mudah mengatasi flu tanpa obat



       Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk secara mudah mengatasi terjadinya flu dan tanpa memerlukan obat - obatan kimia. Berikut beberapa cara mudah mengatasi flu tanpa obat :

1. Mandi dengan air hangat


     Mengapa mandi menggunakan air hangat bisa membantu mengatasi flu?. Ternyata uap yang ditimbulkan saat mandi dengan air hangat akan membantu membuat tubuh kamu lebih rileks dan meredakan gejala flu.

     Selain itu, mandi dengan air panas ternyata dapat membantu membersihkan dan melancarkan saluran hidung. Selain mandi, kamu juga bisa berendam dengan air hangat dalam beberapa waktu agar gejala flu bisa teratasi.

minum air putih
Perbanyak minum air putih


2. Perbanyak minum air putih


     Tenggorokan yang kering ternyata menjadi salah satu penyebab mudahnya mikroba tumbuh dan berkembang. Saat kamu terserang flu, tubuh akan menjadi mudah dehidrasi dan tenggorokan menjadi kering. 

     Dengan minum air putih secara rutin dan berkecukupan, tenggorokan dan tubuh terhidrasi dengan baik sehingga membantu mengeluarkan mikroba dari tenggorokan. Selain itu, minum air putih dalam jumlah cukup juga membantu tubuh dalam menjaga sistem imun agar bisa melawan flu.

     Alternatif lainnya, dengan meminum jus buah ataupun sayur. Baik jus buah maupun sayur, berisi berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh dalam membangun sistem imun yan glebih kuat sehingga mampu menyingkirkan virus penyebab flu.


3. Konsumsi yogurt


      Yogurt merupakan salah satu sumber probiotik terbaik dan mudah untuk didapatkan. Dengan mengonsumsi yogurt, sistem kekebalan tubuh akan meningkat dan membantu dalam mengatasi flu. Selain itu, mengonsumsi yogurt juga dapat meningkatkan kesehatan usus dan membantu meringankan rasa sakit pada tenggorokan.

      Cobalah untuk mengonsumsi 2 cangkir yogurt setiap hari selama kamu mengalami flu. Tentunya langkah ini mampu mempercepat proses penyembuhan flu dan kamupun bisa beraktifitas dengan normal kembali.

4. Berkumur dengan air garam


     Satu lagi solusi yang cukup mudah untuk mengatasi flu yaitu dengan berkumur menggunakan air garam pada pagi hari, sebelum kamu memulai aktifitasmu. Kamu cukup mencampur satu gelas air dengan satu sendok garam, aduklah sampai rata. Gunakan air ini untuk berkumur. Akan lebih baik jika diulangi 3 - 4 kali sehari.

      Garam mempunyai sifat anti mikroba yang baik dalam mengatasi mikroba yang berkumpul di tenggorokan dan membuat tenggorokan terasa sakit. Selain itu, berkumur dengan air garam juga mampu membantu membersihkan tenggorokan dari lendir yang mudah timbul saat flu.

Kombinasi jahe dan lemon


5. Minum jahe


     Rasanya cukup mudah untuk menemukan jahe saat ini, kamu bisa membelinya di warung - warung dekat rumah. Jahe mengandung sifat anti inflamasi yang dapat meredakan gejala flu dan mengurangi iritasi pada tenggorokan.

      Potong jahe hingga beberapa iris, lalu seduh dengan air hangat. Kamu bisa juga menambahkan perasan lemon kedalamnya. Pastikan pula untuk mencuci dan membersihkan jahe dan lemonya terlebih dahulu. Kamu bisa juga menyaring hasil seduhan tadi sehingga lebih nyaman dan mudah saat diminum. Dengan minum jahe, sistem imun tubuh kamu juga bisa meningkat lho!

6. Perbanyak konsumsi bawang putih


     Pada bawang putih terdapat senyawa yang disebut dengan allicin. Senyawa ini ternyata sangat baik dalam mengobati gejala flu seperti pilek, selain itu allicin juga ampuh dalam mengatasi infeksi. 

     Mengonsumsi bawang putih dapat membantu meningkatkan sistem imun dalam tubuh dalam melawan flu. Nah untuk mengatasi flu tanpa obat, cobalah perbanyak komposisi bawang putih pada makanan yang kamu konsumsi.

      Cara lainnya? Buat teh dari bawang putih. Iya, kamu bisa membuat teh dari bawang putih. Untuk membuat teh dari bawang putih, caranya cukup mudah. Kamu hanya perlu memotong siung bawang putih menjadi beberapa irisan kecil lalu merebusnya setidaknya selama 5 menit. Untuk membantu meredakan flu, kamu bisa mengonsumsi teh dari bawang putih 1 atau 2 kali dalam sehari.

Bayam
Bayam


7. Makan dengan sayur bayam


      Sayur daun - daunan yang hijau seperti bayam, mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh seperti vitamin C, vitamin A, vitamin E, anti oksidan dan berbagai nutrisi lainnya. Dengan mengonsumsi bayam, tubuh akan terbantu dalam menangkal radikal bebas dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

     Mengonsumsi sayur - sayuran hijau akan membantu proses pemulihan tubuh dalam mengatasi serangan virus flu. Oleh karena itu, perbanyak konsumsi sayur - sayuran hijau seperti bayam.

8. Konsumsi makanan yang mengandung vitamin C


     Sudah bukan rahasia umum lagi kalau keberadaan vitamin C sangat dibutuhkan oleh tubuh dalam mengatasi berbagai penyakit. Vitamin C merupakan anti oksidan yang baik dalam menangkal berbagai radikal bebas yang menyerang tubuh. Selain itu, vitamin C juga membantu membangun sistem imun tubuh agar lebih kuat dan mampu menangkal virus flu.

     Ada banyak makanan yang mengandung vitamin C baik dari golongan buah maupun sayur. Pilih salah satu dan jangan lupa untuk memilih yang mengandung banyak serat karena dapat membantu pula dalam melancarkan pencernaan.

Hal lain yang perlu kamu lakukan selama terjangkit flu?


      Saat sedang mengalami flu, ada baiknya kamu memakai masker. Ini untuk melindungi orang - orang disekitarmu agar tidak terjangkit flu juga. Virus flu cukup mudah untuk tertular lewat udara.

     Jangan lupa pula untuk mencuci tangan sebelum makan, agar makanan tidak terkontaminasi dengan bakteri. Ingat, saat flu tubuh kamu sangat rentan terserang berbagai penyakit karena sistem imun sedang lemah - lemahnya. Jadi, sangat penting untuk mencuci tangan sebelum makan.

     Hindari terlalu banyak keluar ruangan jika memang dimungkinkan. Lalu coba untuk kurangi beban pikiran yang dapat membuat stres, semakin kecil stresnya, semakin cepat pemulihan yang terjadi. Istirahatlah yang cukup agar proses pemulihan lebih cepat. 

      Selama flu, ada baiknya kamu berhenti atau menghindari asap rokok, asap rokok dapat memperparah flu yang sedang di derita. Jika semua cara sudah dilakukan dan kondisi tubuh menjadi lebih baik, lakukan olahraga untuk mencegah flunya datang kembali. Namun jika kondisi masih buruk, ada baiknya untuk menghubungi tenaga medis yang berkompeten.

A common man with uncommon desired to succeed, forged by adversity. These things we do, so that others may live.

Next
This Is The Current Newest Page

Silahkan berkomentar yang sopan dan beretika, serta relevan terhadap artikel yang telah anda baca. Jika ada kritik dan saran, kirim melalui kontak di halaman hubungi kami. Terima kasih.
EmoticonEmoticon